Berita Wisata

7 kali kunjungan ke Museum Polri, naik sepeda ontel ke halaman mesin Waku sekalian

KOMPAS.com –Apa yang terlintas di benak Anda saat mengunjungi museum? Sebagian besar orang mungkin menganggap kegiatan museum terkesan membosankan karena hanya melihat pameran dan artefak sejarah.

Padahal, tidak semua museum hanya menghadirkan pameran sebagai pertunjukan. Ada juga museum yang menawarkan fasilitas yang membuat memasuki museum terasa menyenangkan.

Seperti saat berkunjung ke Museum Polri, ada beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berkunjung.

Baca juga :

Museum Polri terletak di Jalan Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasinya persis di sebelah Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri).

7 Kegiatan Seru Saat Berkunjung ke Museum Polri

Berikut 7 aktivitas wisata menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Museum Polri:

1. Temukan media interaktif

Museum Polri menyajikan bacaan dan pengetahuan tentang dunia kepolisian melalui media yang lebih kekinian. Bukan dengan membaca buku, di sini pengunjung bisa membaca sejarah kepolisian melalui instalasi multimedia interaktif.

Media interaktif ini hadir dalam bentuk layar sentuh dengan warna dan perlengkapan yang menarik. Media iteratif Museum Polri dapat ditemukan di setiap lantai.

Di lantai satu, media interaktif yang dihadirkan berisi bacaan tentang sejarah kepolisian pada masa kolonial. Sedangkan media interaktif di lantai dua menyajikan informasi tentang teknik otopsi polisi.

Baca Juga: Tips Berkunjung ke Museum Polri, Siapkan Kamera yang Memadai

Di lantai tiga, media interaktif dihadirkan khusus untuk anak-anak. Di sini anak-anak bisa belajar peraturan lalu lintas. Khusus di lantai tiga, media interaktif ini juga dilengkapi dengan arena bermain, agar anak tidak bosan.

2. Lihat model bom Bali I

Bom Bali I merupakan salah satu peristiwa teror yang pernah ada di Indonesia. Pembahasan terorisme di Museum Polri ada di lantai tiga.

Model bom Bali I di lantai 3 Museum Polri.DERMAGA. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Model bom Bali I di lantai 3 Museum Polri.

Menariknya, selain menjelaskan kronologis peristiwa bom Bali I dalam bentuk tulisan, ada juga model peristiwa bom Bali I lengkap dengan adegan dari peristiwa bom Bali I.

Baca juga :

Rendering scene ini ditampilkan sebagai pantulan cahaya dari atas model, sehingga pengunjung dapat melihat timeline peristiwa bom Bali I lebih detail.

3. Lihat replika angkutan polisi

Replika alat angkut yang dipamerkan di Museum Polri merupakan alat angkut yang digunakan sejak masa kolonial hingga saat ini.

Replika sepeda di Museum Polri.DERMAGA. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Replika sepeda di Museum Polri.

Diantaranya sepeda tua (ontel), mobil patroli polisi dan replika sepeda motor Harley Davidson tahun 1943 yang digunakan untuk menjaga keamanan.

4. Naik sepeda ontel di mesin waktu

Selain melihat replika transportasi, ada juga sarana transportasi yang bisa dicoba oleh pengunjung museum.

Pengunjung Museum Polri mencoba sepeda.DERMAGA. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Pengunjung Museum Polri mencoba sepeda.

Satu-satunya kendaraan yang bisa disentuh bahkan dinaiki pengunjung adalah sepeda tua (sepeda ontel).

Uniknya, wahana ini seperti mesin waktu. Saat pengunjung mulai mengayuh sepedanya, Anda akan merasakan suasana Indonesia pada zaman dahulu. Anda juga suka mengendarai sepeda di masa lalu.

Baca juga :

Ada sekitar dua hingga tiga sepeda yang disediakan oleh Museum Polri yang bisa Anda coba.

5. Gambar

Sambil melihat-lihat bagian dalam Museum Polri, Anda juga bisa berfoto dengan barang-barang yang dipamerkan di museum tersebut.

Spot foto di Museum Polri.DERMAGA. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PRINCESS CHANIAGO Spot foto di Museum Polri.

Ada beberapa tempat di Museum Polri yang bisa dijadikan spot foto estetik, salah satunya di bagian pajangan buku yang tertata rapi di dinding.

Buku yang dipamerkan memuat nama-nama korban bom Bali I, lokasi tempat ini berada di lantai tiga Museum Polri.

6. Nonton di bioskop mini

Museum Polri juga menyediakan bioskop mini yang mampu menampung sekitar empat puluh orang. Layaknya bioskop, pengunjung akan melihat deretan kursi teras dan layar besar.

Pengunjung Museum Pori di bioskop mini. Dermaga. Komunitas Sejarah Indonesia. Pengunjung Museum Pori di bioskop mini.

Pengunjung yang datang dalam jumlah banyak bisa berkoordinasi dengan staf museum jika ingin melihat pertunjukan yang dipamerkan. Tema pertunjukan yang dihadirkan disini tidak jauh dari sejarah kepolisian pada jaman dahulu.

7. Sejarah studi

Selain materi interaktif, sejarah lengkap ilmu kepolisian juga ditampilkan di dinding Museum Polri. Selain itu, ada juga tambahan gambar pendukung agar bacaan tetap menarik.

Bacaan sejarah di dinding Museum Polri.DERMAGA. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Bacaan sejarah di dinding Museum Polri.

Bacaan sejarah dan informasi tentang dunia kepolisian dapat ditemukan di sepanjang dinding di setiap lantai Museum Polri.

Beberapa bacaan juga dilengkapi dengan unsur sejarah yang terlibat, seperti sejarah polisi zaman kolonial yang dilengkapi dengan pajangan senjata.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button