Tempat Wisata

7 pantai yang wajib dikunjungi di Nusa Penida

Yang tak kalah menarik adalah Nusa Penida di tenggara Balimenemukan. wisata pantai di Nusa Penida, eksotis dan instagramable menarik untuk tujuan liburan.

Pulau Bali memang dikenal sebagai surga tropis yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun dibalik keramaian tersebut ternyata ada sebuah pulau di sebelah tenggara Bali bernama Nusa Penida. Pulau kecil ini penuh dengan pantai memukau yang wajib masuk dalam agenda liburan.

Apakah Anda tertarik untuk melihat keindahan alamnya? Di bawah ini adalah rekomendasi wisata pantai nusa penida terindah yang bisa dipilih saat berlibur.

1. Broken Beach atau Pasih Uug

Broken Beach atau Pasih UugKredit foto: Google Maps Blue Helper

Namanya yang unik seakan menggambarkan pesona alamnya yang tak terbayangkan. Coba bayangkan diri Anda berdiri di tebing tinggi yang memiliki formasi mangkuk atau cincin. Terdapat rongga besar yang menghubungkan bagian pantai ini dengan laut lepas sehingga tampak seperti air mancur raksasa. Cukup sulit untuk dibayangkan.

Karena itu, Anda harus menyaksikannya secara langsung dengan kedua mata Anda sendiri. Tempat ini tentunya menjadi salah satu spot favorit para pecinta foto atau mereka yang ingin mengabadikan foto-foto unik untuk akun Instagram mereka. Saat berjalan di tepian tebing setinggi 50-200 meter ini tentu dibutuhkan kehati-hatian, karena kondisi alamnya yang masih sangat alami.

Jadi cukup licin dan berbahaya. Selain itu, meski pemandangan dasar lautnya mempesona, namun tidak disarankan untuk berenang di Broken beach ini. Hal ini karena terdapat banyak terumbu karang yang tajam dan ombaknya juga cukup tinggi. Tetapi jika Anda ingin menentang kematian, maka pastikan Anda siap melawan ombak dan jaga diri Anda baik-baik.

Jika Anda tertarik mengunjungi wisata laut yang masih sangat asri, Pasih Uug berada di Jalan Bunga Mekar, Sakti, Kabupaten Klungkung. Yang jelas anda harus melintasi Bali terlebih dahulu untuk mencapai Nusa Penida kemudian menempuh perjalanan menuju Broken Beach dengan menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih 90 menit. Bersiaplah karena jalannya masih cukup terjal.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Cab.Klungkung, Bali.

2. Pantai Atuh atau Raja Lima

Pantai Atuh atau Raja LimaKredit foto: Google Maps Victor Kordsmeyer

Jika ingin menikmati dinginnya perairan laut di sekitar Pulau Nusa Penida, ada baiknya mengunjungi Pantai Atuh. Menariknya, pantai ini banyak yang menyebut nama Raja Lima karena keindahan kerajaan lautnya yang tidak kalah dengan Raja Ampat. Benar saja, begitu Anda melangkah ke pantai ini Anda akan disambut dengan pemandangan air laut yang jernih.

Hamparan pasir putih lembut yang menutupi bibir pantainya pun pasti memukau pengunjung. Tidak hanya itu, lokasinya yang masih tersembunyi tampak terselubung dengan sendirinya. Rasa hening dan sunyi seakan bercampur dengan deburan ombak, angin dan juga tebing-tebing indah yang mengelilinginya.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan di pantai ini? Tentu saja, keindahan lautan yang indah tidak bisa dilewatkan begitu saja. Jadi persiapkan kamera dan skill fotografi yang baik untuk mengabadikan pesona Pantai Atuh. Agar foto Anda terlihat lebih menarik, Anda juga bisa mengunjungi pantai terdekat yang hanya dipisahkan oleh tebing.

Pesisir pantai ini sebenarnya masih bagian dari Pantai Atuh yang terdiri dari tiga pantai yang hanya dipisahkan oleh tebing. Menyelam dan snorkeling di sekitar pantai ini adalah salah satu kegiatan yang paling populer di kalangan pengunjung. Tak hanya itu, pantai di Bukit Atuh ini juga memiliki fenomena alam unik berupa mata air tawar yang muncul tepat di laut.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Cab.Klungkung, Bali.

3. Pantai Kelingking

Pantai KelingkingSumber gambar: Google Maps lasivano

Seolah pesona keindahan tebing tak pernah surut, pulau Nusa Penida juga memiliki Pantai Kelingking yang tak kalah memukau. Di balik pesona tebing terjal di kawasan Indah Bunga Mekar, Nusa Penida, terdapat pantai pasir putih halus yang mengarah ke samudra biru. Tepat di balik lekukan tebing terdapat Pantai Pinkie.

Keindahan pantai ini seperti melihat lukisan master. Kontras antara laut biru jernih, pasir putih bersih, dan tebing tinggi berwarna hitam kehijauan akan memanjakan mata. Yang menarik dari tempat ini adalah tebing bebatuan yang berbentuk seperti dinosaurus T-Rex. Keunikan inilah yang menjadi salah satu magnet wisatawan untuk berkunjung ke Pinkie Beach.

Berenang di pantai dengan ombak yang tenang bisa menjadi solusi untuk menghilangkan penat. Pasirnya juga lebih putih dan bersih sehingga asyik untuk bersantai dan berbaring. Jika Anda mengambil foto di area ini, Anda pasti akan mendapatkan hasil jepretan yang bagus. Selain itu, dengan sedikit keberuntungan, Anda juga bisa menyelam bersama ikan pari manta atau pari manta.

Sayangnya, untuk mencapai pantai ini Anda harus bersiap-siap untuk menuruni anak tangga di tebing yang agak terjal. Padahal, tebing terjal setinggi 70-80 derajat itu hanya diamankan dengan pagar kayu seadanya. Namun, keindahan pantai yang mendunia ini pasti akan mengusir segala penat.

harga tiket: Rp5.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Cab.Klungkung, Bali.

4. Pasih Andus atau Smoke Beach

Pasih Andus atau Pantai AsapKredit foto: Google Maps Bayu Agung

Apakah Anda sedang mencari lokasi yang cocok untuk pemotretan yang fenomenal? Jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Asap atau Pantai Asap Pasih Andus. Sebutan Smoke Beach diberikan bukan tanpa alasan. Yang jelas bukan karena asapnya, tapi karena ombak Laut Selatan yang seperti asap membuat cipratan tinggi.

Saat ombak pecah dan menimbulkan banyak asap, inilah saat yang tepat untuk menangkapnya. Memercikkan, juga dikenal sebagai gelembung air, adalah salah satu daya tariknya. Tentunya hal ini akan sangat menyenangkan bagi yang hobi berfoto, karena harus memilih waktu yang tepat, teknik yang tepat dan juga sudut yang tepat agar menghasilkan jepretan yang menarik.

Jika Anda membayangkan deburan ombak yang dahsyat, Anda pasti tahu bahwa tempat ini tidak cocok untuk berenang. Ini semakin ditingkatkan dengan bebatuan tajam. Meski bisa mencapai tempat ini hanya dalam waktu 15 menit dari Pantai Uug, ada baiknya bersiap-siap menghadapi jalan berbatu yang perlu dilintasi.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Cab.Klungkung, Bali.

5. Pantai Teluk Kristal

Pantai Teluk KristalKredit Foto: Google Maps asvin vidyasagar

Jika dulu pantai ini sepi, berbeda dengan Pantai Crystal Bay yang menjadi tujuan wisata utama di Nusa Penida. Tempat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Semua orang tertarik untuk merasakan langsung keindahan laut yang sebening kristal.

Oleh karena itu namanya Crystal Bay. Tak hanya lautnya yang indah, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang luas. Ditambah lagi dengan dinding tebing yang ditumbuhi pohon rambat, bersantai di pantai pasti akan membuat betah. Anda tidak akan kecewa jika ingin berenang, menyelam, atau snorkeling.

Karena kekayaan flora dan fauna di lautnya sungguh spektakuler. Pantai ini memiliki panjang 1 km, sehingga Anda dapat bersantai dan menikmati waktu liburan Anda. Berbagai spesies air dan terumbu karang hidup di perairan ini. Menariknya, jika beruntung, Anda juga bisa bertemu pari manta yang berenang di dekat pantai.

Pantai ini terletak di Desa Sakti, Nusa Penida, yang aksesnya cukup mudah. Padahal, Anda hanya perlu berkendara sejauh 15 km dari pelabuhan utama untuk sampai ke tempat wisata pantai ini. Setelah itu, siap-siap menaiki tangga tebing menuju pantai pasir putih dan laut biru ini.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Cab.Klungkung, Bali.

6. Angel’s Billabong

Angel's BillabongKredit foto: Google Maps Ashish Jain

Dinamakan Angle Bilabong karena lokasi tersebut seolah menggambarkan tempat bermain bidadari. Pantai ini tidak seperti wisata lainnya karena tidak ada pantai berpasir putih yang indah. Pasir pantai tergantikan oleh rangkaian tebing yang membentuk cul-de-sac yang berubah menjadi kolam alami.

Air kolam di muaranya benar-benar jernih sehingga Anda bisa melihat dasar kolam yang penuh dengan keindahan karang alami. Anda bisa berenang dengan tenang di lokasi, bahkan tidak ada salahnya untuk berfoto di Angels’ Blllabong. Uniknya, pari manta sering dijumpai berenang bebas di laut lepas.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Cab.Klungkung, Bali.

7. Pantai Suwehan

Pantai SuwehanKredit Foto: Google Maps Ray Alvin Cantos

Pantai ini terletak di ujung tenggara Nusa Penida. Karena letaknya yang cukup jauh dari dermaga utama, pantai ini relatif lebih sepi dibanding tempat lain. Untuk mencapainya, Anda bisa langsung menuju ke tempat tersebut dengan menaiki speedboat dari Pantai Sanur. Hal ini karena akses darat juga belum nyaman untuk dilalui.

Keindahan pantai yang luas, laut yang biru, pasir putih yang halus dan ombak yang tenang pasti akan mencairkan penat Anda. Bahkan, Anda juga bisa bersantai dan menikmati pemandangan alam. Abadikan momen dengan berfoto di depan gunung batu besar di Wayang.

Yang jelas, banyak hal yang bisa dilakukan di sekitar pantai ini. Mulailah dengan jalan-jalan santai di sepanjang pantai, berenang di laut yang tenang atau bersantai menikmati kesejukan alam. Karena masih tergolong sepi, tempat ini masih menyimpan keindahan alam yang dijamin natural.

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Cab.Klungkung, Bali.

Tentunya meski harus menyebrang dari pulau induk Bali, perjalanan panjang menuju pulau Nusa Penida tidak akan mengecewakan Anda. Tengok saja deretan pantai memukau yang bisa dikunjungi. Dari wisata alam yang masih asri, kondisi alam yang unik, hingga spot yang paling Instagramable, jelas liburan pantai di Pulau Nusa Penida pasti akan membekas di hati.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button