Berita Wisata

7 Permata Tersembunyi di Jawa Timur untuk Berbagai Cerita Liburan Nataru

Surabaya

Liburan di Nataru adalah momen wisata yang menyenangkan. Maka tak heran jika banyak destinasi wisata favorit yang diserbu wisatawan.

Di Jawa Timur terdapat banyak destinasi wisata favorit. Salah satunya Jatim Park di Kota Batu. Dalam beberapa hari terakhir, Jatim Park telah dikunjungi oleh ribuan wisatawan.

Jadi, Jawa Timur merangkum sederet hidden gem sebagai rekomendasi untuk mengisi momen Nataru. Istilah hidden gems sering digunakan untuk menyebut tempat wisata atau kuliner yang jarang diketahui orang, namun menarik untuk dikunjungi.

Berikut adalah 7 permata tersembunyi di Jawa Timur:

1. Sumber Jenon Malang

Wisata Sumber Jenon merupakan salah satu sumber mata air yang menyegarkan di Malang. Ada dua kolam disini dengan kedalaman yang berbeda. Ada yang untuk anak-anak hingga dewasa.

Warna airnya biru muda dengan tanaman rimbun di pinggir kolam. Yang paling menarik di sini adalah Anda bisa snorkeling dan melihat pohon-pohon tinggi di kolam.

Anda juga bisa bersantai di gazebo sambil menikmati alam dan jajanan. Sumber Jenon berada di daerah persawahan, Gunungronggo, Tajinan, Malang.

2. Kebun Teh Sirah Kencong Blitar

Kebun Teh Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Perjalanan dari Wlingi menuju perkebunan teh memakan waktu sekitar 30 menit.

Di sini pengunjung bisa menikmati dinginnya air terjun. Ada juga pura yang masih berada di area perkebunan.

Untuk memasuki kawasan perkebunan teh Sirah Kencong dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan tarif parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

3. Mengunjungi Umbulan Tanaka

Pernahkah Anda mendengar tentang Umbulan Tanaka? Wisata air terjun ini berlokasi di Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Kendaraan roda empat diparkir di tempat yang disediakan, kemudian pengunjung bisa menyewa ojek menuju lokasi. Ongkos taksi adalah Rp 5.000 sekali jalan.

Sesampainya di Tanaka, detikers akan mengikuti arus yang jernih dan sejuk. Anda juga bisa berenang sambil menikmati pemandangan alam dan persawahan pinggir jalan.

Ada banyak tempat pengamatan dan tempat untuk bersantai. Beberapa dekorasi bunga sakura ala Jepang juga ada di sini.

Fasilitasnya cukup lengkap. Ada kafe, tempat foto, dan toilet.

Wisata Umbulan Tanaka buka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 5.000/orang.

4. Wisata Fantastis Korea di Kediri

Nggak perlu jauh-jauh ke Korea, kalau bisa merasakan Korean vibe di Kediri. Di Korea Fantasy, ada beberapa bangunan khas seperti di Korea.

Korea Fantasy terletak di Dusun Margorejo, Desa Manggis, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Fasilitas Fantasy Kediri beragam mulai dari kolam renang hingga terapi ikan, persewaan hanbok dan kimono, pujasera, spot foto, musala, dan tempat karaoke.

Korea Fantasy buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 10.000 dari Senin sampai Jumat dan Rp 12.000 dari Sabtu sampai Minggu.

5. Puncak Jowin, Tulungagung

Puncak Jowin punya gapura serupa di Bali, Rek. Jowin (Joho-Winong) berada di Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.

Mengutip situs resmi Pemkab Tulungagung, Puncak Jowin merupakan salah satu kawasan yang akan ditetapkan Kementerian ESDM sebagai cagar alam.

Puncak Jowin merupakan pelataran yang luas dan merupakan tempat yang pas untuk melihat panorama Tulungagung. Tiket masuknya Rp 10.000 per orang.

6. Taman Nasional Meru Betiri

Di perbatasan Jember-Banyuwangi, terdapat taman nasional dengan berbagai macam satwa. Dari monyet ekor panjang, kura-kura, ajag (sejenis anjing liar asli Indonesia) dan landak.

Meru Betiri terletak di Jalan Sriwijaya No. 53, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Di taman nasional ini terdapat banyak bukit yang menarik untuk dijelajahi. Taman ini juga memiliki pantai tersembunyi.

7. Pantai Banyu Tibo

Banyu Tibo berarti air terjun. Wisata air terjun ini berada tepat di tepi laut.

Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Sekitar 40 km dari pusat kota.

Harga tiket masuknya cukup terjangkau, untuk anak-anak Rp 2.000-Rp 3.000, sedangkan untuk dewasa Rp 3.000-Rp 5.000 saja.

Lalu pengunjung merogoh kocek Rp2.000 untuk parkir motor dan Rp5.000 untuk parkir mobil.

Tonton Video “Omong Kosong Pelabuhan Nusantara Parepare Sebelum Liburan Nataru”
[Gambas:Video 20detik]
(Minggu/dd)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button