Berita Wisata

7 sirkuit di Blitar selain makam Bung Karno

Surabaya

Hingga saat ini, Blitar identik dengan wisata religi Makam Bung Karno (MBK). Selain itu, kawasan perkotaan ini dijuluki Kota Proklamator.

Selain MBK, Blitar (kota dan kabupaten) juga menawarkan banyak wisata lainnya. Termasuk wisata alam di kaki Gunung Kelud.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Olahraga Kota Blitar, ada banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Istana Gebang.

Berikut ini, Jawa Timur merangkum 7 wisata di Blitar selain MBK:

1. Istana Gebang

Istana Gebang, patung jejak masa muda Bung Karno hingga BlitarIstana Gebang / Foto: Erliana Riady

Suatu ketika Soekarno dan keluarganya datang ke Blitar pada tahun 1917. Mereka menempati sebuah rumah milik keluarga Belanda yaitu Ch.Porter.

Rumah dibangun pada tahun 1884. Rumah ini terletak di Jalan Sultan Agung nomor 59, kecamatan Sananwetan, kota Blitar

Di dalam Istana Gebang, jenazah Soekarno dan istrinya masih tersimpan dan tersimpan rapi. Seperti sepeda, berbagai perlengkapan, perabot rumah tangga dan gambar-gambar di dinding.

2. Hutan Pinus Loji

hutan pinus loji blitarHutan Pinus Loji Blitar/ Foto: Istimewa/Kemenparekraf

Hutan pinus ini terletak di Desa Tulung Rejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Destinasi wisata ini menawarkan kesegaran hutan pinus.

Ada 3 wahana di Hutan Pinus Loji. Ada yang memacu adrenalin seperti flying fox dan trail bike. Ada juga wahana santai seperti camping asik. Harga tiketnya Rp 75.000.

3. Pantai Tambakrejo

Pantai TambakrejoPantai Tambakrejo/ Foto: (Lena Ellitan/d’travelers)

Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pantai ini menawarkan pesona pasir putih kecoklatan yang menawan.

Di sini, pengunjung hanya bisa bermain di pantai. Pengunjung disarankan untuk tidak berenang di pantai karena ombaknya cukup besar.

Pantai ini juga menawarkan wisata kuliner. Wisatawan bisa membeli dan mencicipi olahan seafood segar.

Tiket masuk pantai Tambakrejo adalah Rp 8000 per orang. Selamat datang di Detikers!

4. Wisata dongeng

Wisata Dongeng menawarkan beberapa wahana dan spot foto yang menarik.  Bagi Anda yang gemar mengoleksi foto Instagramable, tak ada salahnya berkunjung ke sini.  Wisata ini berlokasi di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.Wisata Dongeng/ Foto: istimewa (dok.Instagram @wisata_negeri_dongeng)

Wisata Dongeng menawarkan beberapa wahana dan spot foto yang menarik. Bagi Anda yang gemar mengoleksi foto Instagramable, tak ada salahnya berkunjung ke sini. Wisata ini berlokasi di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 10.000 untuk menikmati semua wahana dan memanfaatkan spot foto yang ada.

Wisata Dongeng buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB. Tertarik mooring detikers?

5. Angkat rambut

Suasana segar dan asri bisa dinikmati saat berkunjung ke Monte Hair.  Tempat ini kondusif untuk penyembuhan di antara penat perjalanan pulang pergi Anda.Wisata Rambut Monte/ Foto: Erliana Riady/ detikJawa Timur

Suasana segar dan asri bisa dinikmati saat berkunjung ke Monte Hair. Tempat ini kondusif untuk penyembuhan di antara penat perjalanan pulang pergi Anda.

Wisata Rambut Monte terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Dari Kota Blitar, perjalanan memakan waktu sekitar satu jam dengan jarak 37 KM ke arah timur, lalu ke arah utara.

Di dinding gerbang Monte Hair tertulis beberapa pantangan bagi pengunjung. Diantaranya dilarang memasuki cekungan besar karena dasar cekungan berisi pasir hitam yang menyedot.

Kedua, dilarang menangkap dan memakan ikan cengkareng yang hidup di tambak. Pasalnya, ikan tersebut dianggap oleh penduduk setempat sebagai perwujudan dewa ikan yang menjaga situs Rambut Monte. Jika tertangkap atau dimakan, nyawanya dikatakan hilang.

Ketiga, dilarang melakukan kata-kata kotor untuk pasangan yang tidak sah. Karena ada kutukan, pasangan akan berpisah jika melanggar larangan ini.

Berikut adalah lima tur unggulan seperti:

  • Kuil Rambut Monte
  • Tubing dan arung jeram
  • Sumber uap
  • Berkemah
  • Danau

6. Desa Cokelat

Wisatawan lokal menikmati suasana di Kampung Coklat Theme Park, Blitar, Jawa Timur (3/2/2021).  Kampung Coklat menampung sejumlah UMKM untuk memasarkan produknya kepada wisatawan yang berkunjung.Kampung Coklat / Foto: Ari Saputra

Kampung Coklat Blitar Theme Park didirikan pada tanggal 17 Agustus 2014. Kampung Coklat menjadi tuan rumah bagi sejumlah UMKM dalam memasarkan produknya kepada para wisatawan yang berkunjung.

Kampung Coklat diprakarsai oleh Kholid Mustofa. Seorang peternak ayam petelur yang menyingkir untuk membuka sirkuit pendidikan.

Wisata ini dimulai dengan 120 pohon kakao pada tahun 2000. Jumlahnya terus bertambah hingga kini mampu menghasilkan hingga ratusan ton biji kakao per bulan.

Selain itu, di sini juga banyak permainan anak-anak. Dari pusat Kota Blitar, Kampung Coklat dapat ditempuh dalam waktu 20 menit. Wisata ini tepatnya di Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

7. Candi Penataran

Candi Penataran BlitarCandi Penataran Blitar / Foto: Erliana Riady

Candi Penataran adalah candi Hindu yang terletak di lereng barat daya Gunung Kelud. Tepatnya di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Kuil ini juga dikenal sebagai kompleks konsekrasi terbesar. Menurut Situs Cagar Budaya Jawa Timur, relief Ramayana Candi Penataran terdapat pada dinding utama candi. Cerita diawali dengan kisah Hanoman yang diutus ke Alengka dan diakhiri dengan meninggalnya Kumbhakarna.

Seluruh cerita diukir pada 102 panel dan dilapisi dengan medali dekoratif. Adegan dimulai di barat dekat tangga. Relief tersebut hanya bisa dibaca dengan mengikuti jalan menuju prasawya, candi di sebelah kiri.

Simak Video “Melihat Jejak Masa Muda Soekarno di Istana Gebang”
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/lemak)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button