Berita Wisata

7 Sirkuit di Salatiga yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi

7 Sirkuit di Salatiga yang Indah dan Menakjubkan, Wajib Dikunjungi
wisata salatiga. ©2022 Merdeka.com/javatravel.net

Merdeka.com – Wisata di Salatiga selalu menarik untuk dikunjungi. Setiap akhir pekan atau libur nasional, salah satu kota di Jawa Tengah ini tidak pernah sepi wisatawan. Berbagai jenis wisata mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah dapat dengan mudah ditemui di kawasan ini.

Salatiga sendiri merupakan kota yang terletak di antara Surakarta dan Semarang. Obyek wisata di Salatiga sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Apalagi harga tiket masuk wisata di kawasan ini juga cukup terjangkau.

taboola tengah artikel

Bagi Anda yang ingin mengisi liburan akhir tahun, Salatiga bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Berikut sejumlah kunjungan ke Salatiga yang dilansir merdeka.com dari Liputan6.com dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Kopeng Salatiga

4 sirkuit di Salatiga dan sekitarnya, menghadirkan destinasi alam hingga permainan

©2020 Merdeka.com

Wisata Salatiga pertama yang wajib anda kunjungi adalah Kopeng Salatiga. Tidak hanya cuacanya yang sejuk, Kopeng juga menawarkan banyak destinasi menarik. Tempat wisata ini terkenal dengan suasana hutan pinus yang menawarkan banyak petualangan jalan-jalan.

Beberapa wahana menarik ditawarkan di Kopeng Salatiga seperti flying fox, net climbing dan berbagai wahana seru lainnya. Untuk tiket masuk, kunjungan ke Salatiga ini hanya dikenai biaya Rp 15.000,- Bagi anda yang sedang berada di Salatiga sebaiknya mampir ke objek wisata menarik ini.

Taman Kepala Panah

Kunjungan ke Salatiga selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Arrowhead Park. Di tempat ini, Anda akan merasakan berbagai aktivitas outdoor yang dikelilingi oleh alam yang menawan.

Selain itu, wisata Salatiga ini juga memiliki arena pacuan kuda yang bisa digunakan pengunjung untuk menunggang kuda. Bagi Anda yang ingin ke Taman Panah, langsung saja menuju ke Desa Tegalwaton, Tingkir. Nantinya, Anda hanya akan membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000.

Mata Air Senjaya

Panorama alam yang indah dan menakjubkan membuat kunjungan ke Mata Air Senjaya selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berlibur. Mata air ini terkenal dengan 7 mata airnya yaitu Umbu Senjaya, Tuk Sewu, Sendang Lanang, Sendang Putri, Sendang Teguh, Sendang Bandung dan Sendang Slamet.

Wisata Mata Air Senjaya dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang lengkap, seperti arena bermain, arena, mushola, toilet, dan parkir yang luas. Cukup membayar biaya retribusi Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati sendang ini.

3 dari 3 halaman

Gunung Telomoyo

001 febrianti diah kusumaningrum

bakpiamutiarajogja.com

Gunung Telomoyo merupakan tempat wisata di Salatiga yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau hari libur. Tempat ini menawarkan panorama alam yang begitu menawan, terutama di pagi dan sore hari. Wisata Salatiga juga menjadi favorit wisatawan untuk melihat matahari terbit atau terbenam saat berkemah.

Selain menikmati suasana alam yang segar dan mempesona, Anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas menarik, seperti bermain paralayang atau mengunjungi air terjun. Cukup bayar biaya Rp 15.000, kamu sudah bisa bermain sepuasnya di tour Salatiga ini.

Benteng Pendem Ambarawa

Kunjungan lain yang tak kalah terkenal ke Salatiga adalah Benteng Pendem Ambarawa. Benteng Pendem Ambarawa juga sering disebut Benteng Willem I. Benteng ini dulunya merupakan benteng perang yang digunakan pada masa penjajahan.

Bagi Anda yang penasaran dengan jejak sejarahnya, Anda bisa mengunjungi salah satu wisata Ambarawa ini. Nantinya, Anda bisa mendapatkan spot foto menarik khas desain dan bangunan kuno.

Rawa Pusing

Salah satu wisata Salatiga yang wajib dikunjungi adalah Rawa Pening. Tempat wisata ini merupakan sebuah danau yang terletak di antara empat kecamatan di kabupaten Semarang, yaitu Bawen, Ambarawa, Banyubiru dan Tuntang. Di tempat ini pengunjung bisa melihat tanaman eceng gondok yang tumbuh subur di setiap sudut danau.

Tumbuhan eceng gondok banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan. Apalagi wisatawan yang datang ke tempat ini bisa mendapatkan item foto landscape yang indah dan mempesona. Tentu ini menjadi pengalaman yang menarik bagi setiap pengunjung.

Monumen Pelagan Ambarawa

Kunjungan ke Salatiga yang harus dikunjungi selanjutnya adalah Monumen Pelagan Ambarawa. Obyek wisata ini merupakan saksi sejarah pertempuran yang terjadi pada tanggal 12 hingga 15 Desember 1945. Untuk mengenang jasa para pahlawan dalam pertempuran tersebut, dibangun sebuah monumen besar bernama Palagan Ambarawa.

Selain itu, wisatawan akan disuguhkan berbagai koleksi pertempuran sejarah kuno. Beberapa koleksi bersejarah, seperti senjata perang atau bahkan koleksi seragam tentara Indonesia dan Jepang. Nantinya, pengunjung bisa melihat pesawat Mustang Belanda yang berhasil ditembak jatuh dan jatuh di Rawa Pening.

[jen]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button