Berita Wisata

7 Tebing Bali Paling Terkenal Dengan Pemandangan Indah

Selain keindahan laut dan pantainya, Bali juga dikenal dengan keindahan tebingnya yang tak kalah luar biasa. Biasanya keberadaan tebing di kawasan pantai ini memang menjadi daya tarik tersendiri.

Tebing yang tinggi, bertepi tanah terjal biasanya terdapat di daerah pesisir, laut, sepanjang sungai, rawa, hingga pegunungan. Ternyata, ada banyak tebing cantik di Bali yang wajib banget kamu kunjungi selama liburan di pulau dewata.

Berdasarkan urutan hasil pencarian dengan rating tinggi di google maps, berikut adalah daftar nama 7 tebing di Bali. Apa pun? Simak daftarnya di bawah ini!

Deretan tebing indah di Bali

1. Tebing Pantai Balangan

Salah satu pantai di Bali yang memiliki tebing adalah Pantai Balangan. Selain pantainya yang terkenal memiliki ombak yang besar, terdapat tebing-tebing yang menawan di pantai ini. Tebing Pantai Balangan merupakan tebing indah di Bali yang sedang viral sehingga banyak menjadi incaran spot foto para wisatawan yang ke sana.

Tebing Pantai Balangan terletak di kawasan Jimbaran, kecamatan Kuta Selatan. Tebing ini akan dengan mudah kita jumpai, karena letaknya persis di sebelah kanan pantai Balangan.

Anda juga tidak perlu khawatir, untuk mengakses tebing pantai Balangan ternyata jalurnya mudah untuk didaki. Biasanya pengunjung juga suka menyaksikan sunset di tebing Pantai Balangan ini.

2. Tebing Uluwatu

Salah satu sunset tebing Bali yang mungkin bisa menjadi pilihan ada di kawasan Uluwatu, tepatnya Tebing Uluwatu. Selain pemandangan laut dan pantai yang indah, di ujung tebing kita juga akan menemukan salah satu pura terkenal di Bali yaitu Pura Luhur Uluwatu.

Menariknya, selama kunjungan kami ke sini juga ada panggung yang menampilkan tarian Kecak setiap sore hari alias dengan background sunset. Pemandangan tebing dan pertunjukan budaya adalah pengalaman menarik yang mungkin Anda miliki saat berkunjung ke Bali.

3. Tebing Karang Boma

Karang Boma adalah sebuah tebing yang terletak di kawasan Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, dengan ketinggian sekitar 96 mdpl.Tebing Karang Boma di Bali memang merupakan salah satu tebing terindah di kawasan tersebut.

Di sini Anda bisa melihat pemandangan pantai dan hamparan Samudera Hindia yang megah. Selain itu Korang Boma juga menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati Bali cliff sunset.

4. Banah Cliff Point

Destinasi wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Banah Cliff Point. Tebing Bali ini terletak di kawasan Batumadeg, kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Dilansir dari beberapa situs biro perjalanan, Banah Cliff Point disebut juga bukit Banah dan juga pantai Banah. Namun, tebing adalah ikon tersendiri.

Di sini kita akan melihat hamparan tebing kapur berlubang yang unik. Pasalnya, Banah Cliff Point merupakan sebuah tebing yang bentuknya seperti setengah donat yang berdiri di tengah laut dan memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Pemandangan yang muncul jika menginjakkan kaki di tebing ini adalah lautan yang jernih dan megah. Akan lebih indah lagi jika berkunjung pada malam hari, karena kita akan menemukan background foto sunset yang menawan untuk diabadikan.

Apalagi saat matahari terbenam sedang fokus, yang memenuhi bagian dalam lubang tebing. Jadi akan sangat keren jika diabadikan dengan lensa kamera.

5. Pura Tebing Kerobokan

Lokasi Pura Tebing Kerobokan berada di Dusun Cemadik, Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Dalam situs culture.kemdikbud.go.id disebutkan bahwa Pura Tebing Kerobokan juga dijadikan cagar budaya di Pulau Bali.

Anda akan merasakan suasana yang berbeda ketika berada di sini, bukan suasana pantai atau laut, namanya Pura Tebing Kerobokan, karena di tebing ini kita akan menemukan ukiran pura.

Dikutip dari e-book Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali 2021 oleh Drs. I Wayan Gede Yadnya Tenaya, M.Si, dkk, candi ini diperkirakan berasal dari abad ke-12 Masehi.

Pura Tebing Kerobokan dipahat pada tebing sebelah timur yang berhadapan dengan Sungai Pakerisan yang tingginya mencapai 6 meter. Dengan kondisi yang sangat lembab, sehingga candi dipenuhi lumut.

6. Pantai Kedungu Bali Love Cliff

Pantai dengan tebing di Bali selanjutnya adalah Pantai Cinta Kedungu atau disebut juga The Beach Love. Lokasinya berada di Banjar Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

Pantai ini memang dikelilingi tebing yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Tebing di sini mungkin tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan tebing pantai lainnya. Tapi, kita masih bisa dimanjakan dengan pemandangan alam dan sunset yang begitu indah di sini.

7. Tebing Pantai Kelingking

Tebing cantik di Bali lainnya ada di Pantai Kelingking yang terletak di Nusa Penida, tepatnya di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kabupaten Klungkung. Selain keindahan pantainya, tebing-tebing di sekitar pantai juga menjadi daya tarik tersendiri.

Memang, tebing di Pantai Kelingking ini konon mirip Tyrannosaurus Rex atau T-Rex. Dalam catatan detikcom, lekukan tebing itulah yang membuat bentuk tebing terlihat seperti T-Rex.

Tebing pantai yang ditumbuhi tanaman menciptakan pemandangan yang indah. Dari atas tebing kita bisa melihat pemandangan sekitar pantai yang indah dipandang mata sehingga sangat bisa dijadikan spot foto yang keren.

Itulah nama-nama tebing indah di Bali yang bisa masuk dalam daftar tempat wisata wajib di Bali yang harus anda kunjungi. Detikers sudah mengunjungi salah satunya? jika tidak, tebing mana yang anda minati?

Simak video “Rasa Makan Raos Pisaan Euy, Cuisine du Palais Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button