Berita Wisata

7 tempat wisata di jogja dekat malioboro yang wajib anda kunjungi

Merdeka.com – Tempat wisata di jogja dekat malioboro bisa jadi referensi liburan seru. Ada banyak wisata di dekat Malioboro yang selalu ramai di akhir pekan atau hari libur. Selain cantik dan Instagrammable, tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini juga terkenal murah.

Beberapa tempat wisata populer di Jogja seperti Malioboro, Pantai Parangtritis, Keraton Yogyakarta dan Kaliurang menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Banyaknya kuliner khas Jogja yang enak juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

taboola tengah artikel

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini bisa Anda kunjungi saat berada di tengah keramaian kota istimewa ini. Berikut sejumlah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang dilansir merdeka.com dari Liputan6.com dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Benteng Vredeburg

vredebourg

© Instagram/abah_dedy

Salah satu tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang bisa dikunjungi adalah Benteng Vredeburg. Tempat ini merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan pengontrolan segala perkembangan yang terjadi di Keraton Yogyakarta.

Saat ini, Benteng Vredeburg beroperasi sebagai museum. Di dalam museum ini terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif dan ruang audiovisual. Bagi Anda yang berada di Malioboro, Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi museum populer di kota istimewa ini.

Pasar Beringhardjo

Pasar Beringharjo merupakan salah satu tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang bisa dikunjungi. Pasar ini terkenal dengan grosir atau beli batik dan pernak-pernik khas Jogja lainnya.

Beberapa barang yang bisa Anda beli di Pasar Beringharjo adalah kaos, tas jinjing, baju batik, sprei, sandal batik, dan masih banyak lagi. Saat berbelanja di sini Anda harus pandai menawar.

Alun-alun Selatan

Tempat wisata Jogja dekat Malioboro berikutnya adalah Alun-Alun Kidul. Tempat wisata ini menampilkan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di tempat wisata ini terdapat pohon beringin kembar yang begitu melegenda.

Selain itu, di Alun-Alun Kidul ini Anda juga bisa mencicipi berbagai hidangan lezat. Wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, sahabat dan orang-orang tersayang.

Galeri Yoga

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang bisa anda kunjungi adalah Jogja Gallery. Tempat ini merupakan galeri visual di Yogyakarta yang menampilkan berbagai jenis seni visual yang dapat memanjakan mata.

Letak galeri Jogja tidak jauh dari alun-alun utara Yogyakarta. Tepatnya di utara alun-alun. Untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp3.000. Selain itu, ada biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

3 dari 3 halaman

Taman pintar

Taman Pintar Yogyakarta

©Instagram.com/aan_satya04

Kunjungan selanjutnya ke Jogja dekat Malioboro adalah Taman Pintar. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak dan keluarga. Banyak jalan-jalan menarik yang bisa dilakukan di Taman Pintar.

Wisata edukasi ini terletak sekitar 200 meter dari Malioboro. Jadi jika Anda berada di Malioboro, arahkan saja ke arah timur.

Tamansari

Kunjungan murah dari Jogja berikutnya adalah Taman Sari. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati seni arsitektur tempo dulu. Sebelumnya, Taman Sari digunakan sebagai tempat pemandian putra dan putri keraton.

Selain memiliki bentuk konstruksi yang eksotik, situs Taman Sari juga memiliki nilai sejarah yang penting untuk diketahui. Cukup membayar biaya Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan bangunan di dalamnya.

Museum Sonobudoyo

Tempat wisata di Jogja lain yang dekat dengan Malioboro adalah Museum Sonobudoyo. Museum ini merupakan salah satu museum arkeologi terlengkap di Jogja. Banyak koleksi yang disimpan di museum ini. Dari kerangka manusia prasejarah hingga koleksi tombak yang digunakan pada masa penjajahan Belanda.

Museum ini terletak tidak jauh dari Malioboro. Lokasinya berada di utara Alun-alun Utara Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi museum ini jika Anda memiliki minat yang besar terhadap sejarah. Untuk tiket masuknya, Anda bisa masuk ke museum ini hanya dengan membayar Rp 3.000.

(mdk/jen)

TOPIK TERKAIT

Mengikuti

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button