Berita Wisata

7 Tempat Wisata di Lombok yang Kaya Panorama Alamnya!

Antv – Selain Bali, Pulau Lombok menjadi tujuan wisata lainnya bagi masyarakat saat musim liburan tiba. Lombok kaya akan wisata alam yang megah dan menawan. Kira-kira, apa saja tempat wisata di Lombok yang bisa dikunjungi?

Sebelum kita mulai, perlu diketahui bahwa Lombok adalah salah satu pulau di Nusa Tenggara Barat.

Lombok memiliki kekayaan alam yang sedemikian rupa sehingga tempat wisata di sini didominasi oleh pegunungan dan pantai.

Meski begitu, Anda tidak akan menyesali liburan Anda di Lombok. Sebaliknya, Anda akan terpesona oleh keindahan alamnya yang melimpah.

Fasilitas wisata di pulau Lombok juga cukup lengkap. Akses jalan darat dan transportasi udara telah dikembangkan sehingga wisatawan dari berbagai daerah, baik domestik maupun asing, dapat datang ke pulau ini dengan mudah.

Tertarik liburan ke Lombok? ANTV Klik telah mengumpulkan 7 tempat wisata di Lombok yang wajib Anda kunjungi. Inilah artikelnya!

Pantai Tanjung Aan

img_title

Pantai Tanjung Aan. (Foto: Tempat Wisata)

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu pantai paling populer di Lombok. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga airnya jernih dan berwarna biru kehijauan yang begitu indah.

Selain itu, Pantai Tanjung Aan memiliki pasir putih yang cukup unik. Butiran terlihat seperti merica. Hal ini membuat penduduk setempat menyebut pantai Tanjung Aan Pepper Beach.

Pantai Tanjung Aan aman dan dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin berenang. Pengunjung juga bisa snorkeling atau sekedar bersantai di pantai. Apalagi ada objek unik di pantai ini yang wajib kamu lihat secara langsung, yaitu Batu Payung.

Pantai Tanjung Aan buka setiap hari selama 24 jam. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk tergantung kendaraan yang digunakan, yaitu Rp 5.000 untuk sepeda motor, Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk minibus.

Gili Trawangan

img_title

Gili Trawangan. (Foto: Watersports Bali)

Kurang menyenangkan jika liburan ke Lombok tanpa mengunjungi Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari Kepulauan Gili di wilayah Lombok yang memiliki sejuta pesona.

Gili Trawangan terkenal dengan kekayaan alamnya serta kearifan lokalnya yang indah dan menarik. Hal ini membuat baik wisatawan lokal maupun mancanegara menjadikan Gili Trawangan sebagai destinasi wisata selain Bali.

Gili Trawangan memiliki deretan pantai dengan pesona yang begitu memikat. Sebagian besar pantainya berpasir putih, kebersihannya sangat terjaga sehingga wisatawan betah untuk beraktivitas atau sekedar bersantai.

Salah satu objek yang populer di pantai Gili Trawangan adalah ayunan yang berdiri di atas air. Ayunan ini sering dijadikan objek foto oleh wisatawan, terutama saat matahari terbenam.

Pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut Gili Trawangan dengan snorkeling atau diving. Gili Trawangan memiliki beberapa tempat populer untuk kedua aktivitas tersebut, seperti Bounty Wreak, Coral Garden, Meno’s Wall, dan Shark Spot.

Selain itu, Gili Trawangan memiliki destinasi wisata kuliner bernama Trawangan Night Market. Di sini Anda dapat mencicipi hidangan lokal hingga berbagai jenis makanan laut yang lezat.

pantai tebing

img_title

Pantai Tebing. (Foto: Rental Mobil Lombok)

Pantai Tebing mungkin tidak memiliki pasir putih, namun pantai ini memiliki deretan tebing yang menjulang tinggi yang menjadi ciri khas dan menambah keindahan tempat ini.

Masyarakat setempat menyebut Pantai Tebing Luk. Ternyata ada cerita dibalik keindahan dan kemegahan Pantai Tebing ini.

Tebing pantai ini terbentuk setelah meletusnya Gunung Rinjani Tua atau Samalas pada tahun 1257. Namun, bentuk tebingnya tidak seperti dulu lagi akibat longsor pascagempa tahun 2018.

Cliff Beach tidak memiliki jam buka atau tiket masuk. Pantai ini juga kurang memiliki fasilitas yang memadai, sehingga Anda mungkin perlu membawa perbekalan.

Gunung Rinjani

img_title

Gunung Rinjani. (Foto: Anusorn Sanaphanthu)

Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ke-3 di Indonesia. Gunung ini menjulang hingga lebih dari 3.726 meter di atas permukaan laut dan dikatakan sebagai salah satu lokasi pendakian favorit para petualang.

Gunung berapi aktif ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Gunung Rinjani memiliki beberapa tempat wisata yang disebut Savana Propok, Bukit Kukus dan Joben Eco Park.

Apalagi Gunung Rinjani memiliki air terjun untuk membuka pemandian alam, seperti Telaga Biru dan Pemandian Air Panas Sebau.

Jam buka Gunung Rinjani untuk pendaki buka 24 jam sehari, sedangkan untuk tempat wisata hanya buka mulai pukul 09.00 hingga 15.00 waktu setempat.

Pantai Tangsi

img_title

Pantai Tangi. (Foto: Blog Nusatrip)

Pantai Tangsi juga dikenal sebagai Pantai Pink. Nama ini diambil dari warna pasirnya yang merah muda karena bercampur dengan pasir putih dan pecahan karang dan kerang foraminifera yang berwarna kemerahan.

Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Tangsi. Perpaduan warna yang cantik membuat Pantai Tangsi menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok.

Di Pantai Tangsi, Anda bisa bersantai atau menikmati keindahan laut dengan snorkeling dan menyelam.

Apalagi, Anda bisa menikmati keindahan Pantai Tangsi dari atas bukit. Panorama ini jelas akan semakin indah saat matahari terbenam.

Pantai Tangsi buka 24 jam sehari untuk wisatawan. Harga tiket masuknya juga berbeda, yakni Rp 10 ribu untuk turis lokal dan Rp 50 ribu untuk turis asing.

Danau Segara Anak

img_title

Danau Segara Anak. (Foto: Pegipegi)

Segara Anak adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Gunung Rinjani. Danau ini memiliki kedalaman lebih dari 200 meter. Di tengah danau ini juga terdapat Gunung Baru Jari yang semakin memperindah panorama alam yang ada.

Air danau Segara Anak berwarna biru seperti air laut, sehingga wisatawan menyebutnya sebagai anak laut.

Tidak mudah untuk mencapai danau ini. Pendaki harus menempuh perjalanan sekitar 9 jam untuk melihat keindahan Danau Segara Anak.

Suhu air danau ini berkisar antara 20-22 derajat, yang relatif hangat dibandingkan dengan suhu udara di sekitarnya. Apalagi di dekat danau ini juga terdapat sumber air panas yang bisa digunakan untuk mandi.

Di tempat ini pengunjung bisa berkemah. Begitu keluar dari tenda, pengunjung akan langsung disuguhkan pemandangan danau yang fantastis.

Pemandangan yang didapat pada malam hari pun tak kalah menarik. Pengunjung dapat melihat bintang-bintang yang jernih dan terang karena letaknya yang jauh dari pusat kota.

Lingkoq Datu, Pantai Penysok

img_title

pantai penis. (Foto: Sinergijakarta.com)

Pantai Penysok adalah tempat wisata yang tersembunyi. Pantai Penysok belum begitu terkenal di kalangan wisatawan, padahal tempat ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Di Pantai Penysok, pengunjung akan merasakan keindahan pantai berpasir putih dengan air laut biru yang eksotis. Seluruh pemandangan itu semakin menambah kemegahan tebing-tebing perbukitan di pinggir pantai.

Selain itu, Pantai Penyisok memiliki objek berupa sumur keramat yang disebut Lingkoq Datu. Sumur ini merupakan tempat pemandian raja yang terletak di Lingkoq Siwaq atau 9 sumur keramat.

Masyarakat setempat percaya bahwa mandi di Lingkoq Datu dapat membawa keberuntungan. Mereka menyebut sumur ini sebagai tempat terbaik untuk menyucikan diri. Selain itu, mereka juga percaya bahwa Lingkoq Datu akan membawa kekuatan gaib.

Pantai Penysok mematok harga masuk Rp 10.000 per orang. Pantai ini juga dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button