Berita Wisata

7 Tempat Wisata di Madiun Populer dan Mempesona yang Wajib Kamu Kunjungi

Merdeka.com – Jika berbicara tentang tempat wisata di Jawa Timur, mungkin banyak orang yang akan merekomendasikannya Surabaya, Miskin, atau Batu sebagai kota tujuan. Ketiganya sudah terkenal dengan destinasi wisatanya yang seru dan mempesona.

Namun jika ingin mencoba petualangan baru, Anda harus mampir ke tempat wisata Madiun. Kota terbesar ke-4 di Jawa Timur ini menawarkan banyak tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan.

taboola tengah artikel

Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah, tempat wisata Madiun akan memberikan pengalaman berbeda selama liburan. Jika anda tertarik, berikut beberapa tempat wisata di Madiun yang wajib anda kunjungi yang kami kutip dari laman liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Cagar wisata anggur

Tempat wisata di Madiun yang pertama adalah Wana Wisata Anggur. Berjarak sekitar lima belas kilometer dari kota Madiun, atau lebih tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, ada sebuah tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi bernama Wana Wisata Anggur.

Di tempat wisata ini, Anda akan diajak menikmati suasana hutan yang asri berpadu dengan panorama persawahan dan perbukitan. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan disini antara lain bersepeda, hiking, bermain sungai di bumi perkemahan.

Hutan Pinus Nongko Ijo

Tempat wisata Madiun yang kedua adalah hutan pinus Nongko Ijo. Lokasinya berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur, tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang menarik berupa pohon pinus yang menjulang tinggi. Hutan Pinus Nongko Ijo terletak di kaki Gunung Wilis, sehingga Anda akan merasakan udara segar serta pemandangan hijau menyegarkan mata Anda.

Di Hutan Pinus Nongko Ijo juga terdapat area berkemah bagi pengunjung. Berbagai fasilitas menarik juga disediakan di kawasan ini, seperti rumah pohon, ayunan, spot foto, warung makan, dan ruang terbuka untuk bersantai.

3 dari 4 halaman

Air Terjun Seweru

tempat wisata di Madiun

liputan6.com

Tempat wisata di Madiun yang ketiga adalah Air Terjun Seweru. Berada di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, air terjun ini merupakan wisata alam di Madiun yang tidak boleh dilewatkan. Meski untuk menuju air terjun membutuhkan usaha dan tenaga, namun semua penat Anda akan terbayar dengan suguhan keindahan alam Air Terjun Seweru yang menyejukkan mata.

Air terjun ini berasal dari mata air di bawah gunung yang muncul di atas pohon rindang. Lokasinya berada di lereng Gunung Wilis dan berada di ketinggian kurang lebih 400 mdpl dengan luas kurang lebih 6 hektar. Anda bisa menikmati kesejukan air terjun Seweru ini yang dilatarbelakangi oleh pemandangan dan suasana hijau yang asri.

Situs Bersejarah Nglambangan

lambang punden kuning di situs nglambangan madiun

©2021 Merdeka.com/Facebook Madiun Tourism

Tempat wisata di Madiun yang keempat adalah situs sejarah Nglambangan. Lokasinya berada di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, kurang lebih delapan kilometer arah timur kota Madiun. Tempat wisata bersejarah ini akan menampilkan sejumlah peninggalan yang konon sudah ada sejak zaman Majapahit.

Anda juga akan menemukan beberapa bangunan dan artefak yang masih dilestarikan sampai sekarang antara lain Candi Lambangsari, Watu Dakon yang digunakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno dan Sendang Jambangan.

Waduk Kedungbrubus

Tempat wisata di Madiun yang kelima adalah Waduk Kedungbrubus. Tangki ini terletak di utara kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun dan lokasinya juga berdekatan dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro. Waduk ini dibangun untuk melayani kebutuhan irigasi warga sekaligus sebagai tempat rekreasi.

Yang menarik adalah di sekitar Waduk Kedungbrubus banyak ditemukan fosil purbakala, dimana menurut penelitian para ahli, Sungai Kedungbrubus merupakan sungai purba dan memiliki keterkaitan dengan Trinil yang terletak di Ngawi.

4 dari 4 halaman

monumen retak

tempat wisata di Madiun

liputan6.com

Jika Anda berada di Madiun, jangan lewatkan tugu Kresek. Tugu Kresek merupakan tempat wisata yang dibangun untuk mengenang tragedi politik berdarah yang terjadi pada tahun 1948. Tragedi ini sering disebut orang sebagai Peristiwa Madiun, yang kemudian diubah menjadi diorama dan relief.

Lokasinya tidak jauh dari kota Madiun, yaitu hanya berjarak sekitar 8 kilometer ke arah timur. Tragedi Madiun sendiri tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Dalam kejadian tersebut, banyak korban berjatuhan di Desa Kresek, mulai dari anggota TNI, aparat desa hingga warga biasa.

Waduk Widas Bening

tempat wisata di Madiun

liputan6.com

Tempat wisata di Madiun yang terakhir adalah Waduk Bening Widas. Selain dibangun untuk dijadikan pembangkit listrik dari aliran Sungai Brantas, waduk ini juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata utama di Kabupaten Madiun.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan permukaan waduk yang dikelilingi hutan. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas di sekitar waduk, seperti memancing, bermain banana boat, atau berperahu di sekitar waduk.

(mdk/ank)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button