Berita Wisata

7 Tempat Wisata Di Pekanbaru Yang Indah dan Menakjubkan Yang Wajib Dikunjungi

Merdeka.com – Tempat wisata di Pekanbaru selalu menarik untuk dikunjungi. Ibu kota provinsi Riau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat liburan. Ada banyak wisata di Pekanbaru yang layak untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga budaya.

Kota Pekanbaru merupakan kota perdagangan dan jasa dengan tingkat urbanisasi yang tinggi. Kota ini memiliki bandara internasional yaitu Bandara Sultan Syarif Kasim II dan pelabuhan di Sungai Siak yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku.

taboola di tengah artikel

Ada banyak tempat wisata di Pekanbaru yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat dan orang terdekat. Berikut sejumlah tempat wisata di Pekanbaru yang dilansir merdeka.com: wisata rekreasi:

2 dari 3 halaman

Hutan Kota Pekanbaru

ilustrasi hutan

©Pixabay/cosmospaceternal_8734

Salah satu tempat wisata Pekanbaru yang wajib dikunjungi adalah Hutan Kota Pekanbaru. Hutan ini memiliki jalur pendakian untuk olahraga, parit yang indah, dan beberapa tempat pengamatan untuk bersantai. Banyaknya pepohonan yang rindang di tempat ini membuat Hutan Kota Pekanbaru begitu sejuk dan selalu asri.

Tempat wisata Jalan Diponegoro ini sebaiknya dikunjungi pada siang hari saat cuaca panas. Ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu coba.

Kebun Binatang Kulim Darah

Tempat wisata di Pekanbaru yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Kebun Binatang Sang Kulim. Kebun binatang ini memiliki luas sekitar 10 ha dengan berbagai koleksi dari hewan langka, seperti monyet, landak, ular, hingga berbagai jenis burung.

Selain dapat menikmati koleksi satwa, kebun binatang ini juga dilengkapi dengan arena bermain untuk anak-anak seperti perosotan, ayunan dan kolam pemancingan. Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp20.000 saja, Anda sudah bisa menikmati koleksi Kebun Binatang Pekanbaru bersama keluarga.

alam mayang

Alam Mayang merupakan tempat wisata di Pekanbaru yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat liburan. Taman hiburan ini merupakan tempat wisata di Pekanbaru yang mengusung konsep traveling di alam terbuka. Banyaknya pepohonan yang rindang dan hijau di kawasan ini membuat Taman Rekreasi Alam Mayang begitu menenangkan.

Selain itu, Alam Mayang juga menawarkan flying fox dan berbagai aktivitas seru lainnya. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, langsung saja menuju Jalan Alam Mayang, Tengkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Istana Sri Indrapura

Istana Sri Indrapura adalah tempat wisata di Pekanbaru yang pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Siak. Istana ini menjadi saksi perkembangan Islam di Riau. Sejauh ini, istana dengan gaya arsitektur Eropa, Arab, dan Melayu ini masih terlihat megah dan menawan.

Istana ini dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Artinya, bangunan ini sudah berusia lebih dari 100 tahun.

Bagi Anda yang berada di Pekanbaru, sebaiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Istana Sri Indrapura. Selain bisa melihat kemegahan Istana Sri Indrapura, Anda juga bisa belajar tentang sejarah masa lalu tempat ini.

3 dari 3 halaman

Bukit Pelangi

Bukit Pelangi Pekanbaru

©Instagram/morialdi/aiidilafitri

Tempat wisata di Pekanbaru lainnya yang wajib dikunjungi adalah Rainbow Hills. Seperti namanya, bukit-bukit di tempat ini benar-benar berwarna-warni.

Perpaduan warna yang unik membuat perbukitan terlihat seperti pelangi dari kejauhan. Sangat indah untuk diabadikan dengan kamera Anda. Namun, kontur (garis elevasi) dan warna tanah di Perbukitan Pelangi yang terletak di Danau Kahyangan, Rumbai, Pekanbaru, Riau ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Juga, selama musim hujan, Anda harus berhati-hati untuk berkunjung ke sini, karena kondisi tanah yang tidak stabil dan hujan lebat dapat menimbulkan risiko tanah longsor.

Air Terjun Aek Mertua

Air Terjun Aek Mertua merupakan salah satu objek wisata alam di Pekanbaru yang selalu terlihat asri dan alami. Tempat wisata yang terletak di Jalan Bangun Purba Timur Jaya, Kec. Bangun Purba, Kab. Rokan Hulu memiliki air yang sangat jernih.

Nama Aek mertua sendiri diambil dari bahasa daerah salah satu suku di Riau yaitu suku Batak Mandailing. Banyaknya pepohonan yang rindang dan hijau di sekitar air terjun menjadikan wisata Pekanbaru ini cocok untuk dikunjungi bersama teman dan orang dekat.

Desa Wisata Okura

Tempat wisata Pekanbaru selanjutnya yang harus dikunjungi adalah desa wisata Okura. Bagi Anda yang bosan dengan kebisingan ibu kota, Desa Wisata Okura akan sangat menyenangkan.

Saat Anda berjalan-jalan di sepanjang jalan tepi sungai desa yang penuh dengan pepohonan rindang dan indah, Anda dapat bersepeda atau menunggang kuda. Di tempat ini, Anda juga bisa menyaksikan kehidupan masyarakat asli Melayu-Riau yang tinggal di rumah panggung yang berbatasan dengan Sungai Siak.

Tempat wisata yang terletak di Jalan Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Pantai Rumbai, Pekanbaru, Riau ini juga terdapat taman bunga yang sangat indah. Anda dan teman atau keluarga Anda dapat berpose di depan kamera di antara warna-warni bunga yang indah.

(mdk/jen)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button