Berita Wisata

7 Tempat Wisata Kecil di Malang, Sayang Kalau Dilewatkan! : Perjalanan okezone

MISKIN menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari destinasi lokal maupun mancanegara. Tak hanya Bandung, Malang juga menawarkan udara segar dan pemandangan alam yang membuat betah traveler menjelajahi kawasan tersebut.

Selain mudah diakses dengan kereta api, mobil, atau pesawat, Malang merupakan kota yang cukup ramah bagi para backpacker. Apa saja 7 tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi? ini dia daftarnya

1. Perkebunan Teh Wonosari

Salah satu alasan berlibur adalah untuk merelaksasikan pikiran dari padatnya aktivitas kerja dan hal lainnya. Sebagian orang memilih menghabiskan liburannya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata alam yang memberikan energi baik tersendiri bagi kekasihnya.

Salah satu tempat wisata alam di Malang yang bisa masuk dalam daftar wisata Anda adalah Kebun Teh Wonosari yang terletak di kecamatan Singosari. Anda bisa datang ke tempat ini mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB. Hamparan hijau pohon teh sejauh mata memandang menyegarkan mata dan juga pikiran. Selain itu, berada di dataran tinggi membuat suasana semakin sejuk.

Perkebunan teh Wonosari

(Foto: Instagram/@nrrzkzzh)

Untuk menikmati keindahan Kebun Teh Wonosari, wisatawan dapat membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000 pada hari biasa dan Rp 12.000 pada akhir pekan.

Seperti kita ketahui, perkebunan teh satu-satunya ini telah ada sejak tahun 1910 yang saat itu masih berada di bawah naungan Belanda dengan nama NV Cultuur Maatschappij. Awalnya, perkebunan ini ditanami teh dan kina.

2. Boonpring Andeman

Sebuah kawasan ekowisata yang banyak tumbuh pohon bambu yang sama dengan nama tempat ini yang terdiri dari dua bahasa yaitu ‘bon’ yang berarti hadiah, sedangkan ‘pring’ atau dalam bahasa Indonesia berarti bambu.

Boonpring terletak di desa Sanankerto, di distrik Turen. Ada berbagai aktivitas seru dan menarik yang ditawarkan tempat wisata ini seperti menikmati danau menggunakan perahu kayuh dan juga aktivitas fisik bermain bola raksasa. Anda juga bisa mengabadikan momen seru di Boonpring dengan berswafoto dengan pemandangan pepohonan bambu yang hijau dan asri.

Sumber Andes

(Foto: Instagram/@bonpringandeman)

Untuk pengunjung dewasa, tiket masuknya adalah Rp 10.000 sedangkan untuk anak-anak Rp 5.000 (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Jam buka tempat wisata ini mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

3. Agrowisata Kusuma

Terkenal sebagai daerah penghasil apel lokal. Jangan lewatkan liburan Anda di Malang untuk melakukan agrowisata di Kusuma Agrowisata. Berdiri sejak tahun 1991, tidak hanya menawarkan konsep wisata pertanian atau perkebunan saja, tapi juga banyak tempat menarik disini.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan disini adalah memetik buah-buahan segar seperti jeruk, buah naga, apel, jambu biji, strawberry dan juga sayuran hidroponik bebas pestisida.

Jika Anda puas dengan pemilihan dan penilaian hasil, ada aktivitas seru berupa outbond yang bisa Anda coba setelahnya. Anda dapat memainkan game perang di arena airsoft gun, mengendarai ATV di trek mini offroad atau berayun dan meluncur dari menara flying fox.

Baca juga : Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mendonasikan rambut, catat tanggalnya!

4. Museum Topeng

Masih bagian dari Museum Angkut. Dengan koleksi lebih dari 2000 topeng prasejarah yang merupakan koleksi dari seluruh nusantara. Selain topen, juga terdapat koleksi artefak, arca, batik, keris, dan Alquran yang berusia lebih dari 400 tahun.

Museum ini terletak di Taman Jatim I, Jalan Kartika Nomor 2, Sisir, Kecamatan Batu, yang beroperasi mulai pukul 08:30 hingga 16:00 WIB.

5. Loteng Stroberi Batu

Berlokasi di Pandanrejo, Lumbung Strawberry merupakan tempat wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi. Buka mulai pukul 09:00 hingga 17:00 WIB, wisatawan bisa memetik buah strawberry langsung dari pohonnya.

gudang stroberi

(Foto: Instagram/@lumbungstroberi)

Selain dipetik, Anda juga bisa mencicipi aneka jajanan stroberi. Mulai dari es krim strawberry, strawberry squash, salad es krim, sandwich strawberry, hingga mie strawberry, lho! Sangat menarik bukan?

6. Kuil Badut

Candi Badut terletak di bagian Tidar yang merupakan bagian barat Kota Malang. Terletak di sebelah Universitas Ma Chung, Candi Badut memiliki arsitektur yang lebih tua di Jawa Tengah dan diperkirakan dibangun pada tahun 760 M, sehingga dianggap sebagai candi tertua di Jawa Tengah.

Meski tidak begitu luas, tempat wisata ini memiliki berbagai fasilitas pendukung bagi pengunjung seperti parkir kendaraan yang cukup aman, toilet, tempat ibadah, loket wisata, wisma, dan spot foto yang menarik. Biaya masuk Kuil Badut adalah Rp 10.000 per orang, namun harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

7. Coban Talun

Sudah agrowisata, museum juga, disini kita kembali salah satu wisata alam Malang dengan mengunjungi Coban Talun.

Coban Talun merupakan wisata air terjun yang terletak di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Selain itu, untuk mencapai menara air terjun, wisatawan harus sangat berhati-hati untuk mencapai air terjun hingga 1 km.

Coba Talun

(Foto: Instagram/@cobantalun)

Sepanjang jalan, pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang menakjubkan dan menghijau di sekitar Air Terjun Coban Talun, yang akan membuat Anda melupakan rasa lelah di depan air terjun.

Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dengan air yang dingin. Tak hanya air terjun yang menjadi daya tarik utama, beberapa tempat yang sudah ditata pengelola di sekitar air terjun pun tak kalah indahnya. Beberapa tempat tersebut adalah Taman Bunga Coban Talun, dan ada juga Pagupon Inn Coban Talun.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button