Berita Wisata

7 tempat wisata murah di bogor harga tiket masuk kurang dari Rp 20 ribu!

AYO — Wilayah Bogor di Jawa Barat masih menjadi primadona destinasi wisata para pelancong dari berbagai wilayah Indonesia, khususnya Jabodetabek.

Hal ini terlihat dari banyaknya kendaraan roda empat dan dua yang masih menyerbu wilayah Bogor, Jawa Barat setiap akhir pekan.

Bukan tanpa alasan, selain udaranya yang selalu segar dan asri, traveler juga dimanjakan dengan banyak pilihan tempat wisata murah tapi tidak murahan di kawasan Bogor Jawa Barat.

Dirangkum redaksi dari berbagai sumber, berikut tujuh destinasi wisata murah di kawasan Bogor Jawa Barat:

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu tempat wisata terpenting di Bogor. Luas lahannya bahkan mencapai 80 hektare.

Kebun Raya Cibodas termasuk dalam kawasan Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango yang terletak di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Lokasinya tepat di bawah kaki Gunung Gede Pangrango. Suhunya cukup sejuk, berkisar antara 17 hingga 27 derajat Celcius.

Untuk menuju tempat ini anda harus melalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur, setelah sampai di simpang Cimacan anda bisa berbelok ke arah Kebun Raya Bogor. Waktu tempuh kurang lebih 1-2 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

Untuk masuk ke destinasi ini, Anda perlu membayar tiket masuk sekitar 17 ribu. Dengan nominal tersebut, Anda akan dapat menikmati taman yang sangat indah dan sangat luas.

Beberapa tempat yang banyak diminati antara lain rumah kaca atau glasshouse, Jalan Araucaria, Taman Bunga Sakura, dan Air Terjun Cibodas.

Di bentang alam seluas 80 hektar, Anda bisa bersenang-senang di sini.

2. Taman Ade Irma Suryani

Jika Anda mencari tempat wisata di Bogor yang dekat dengan stasiun, Taman Ade Irma Suryani adalah pilihan yang paling cocok. Lokasinya persis di sebelah stasiun Bogor, tepatnya di sebelah timur. Dengan berjalan kaki singkat Anda langsung sampai di tempat tersebut.

Tempat wisata di Bogor ini, tiket masuknya cukup murah, hanya 10.000 di hari biasa dan 12.000 di hari libur. Taman ini merupakan taman hiburan bagi masyarakat. Pada tahun 90-an hingga awal 2000-an, tempat wisata di Bogor ini sedang booming. Masih eksis sampai sekarang, taman bermain di taman ini terus dikembangkan.

Taman Ade Irma Suryani berpadu dengan Taman Topi atau Plaza Kaptain Muslihat. lokasi taman Ade Irma Suryani ada di belakang. Taman Ade Irma Suryani cocok untuk wisata keluarga. Di tempat ini, Anda bisa menemani anak Anda bermain. Sudah ada sekitar 20 wahana yang bisa dimainkan di taman ini. Untuk setiap perjalanan, dikenakan tarifnya sendiri.

Meski jenis wahananya tidak terlalu besar, namun taman ini cukup asyik sebagai arena bermain, ada wahana baru yang menarik perhatian yaitu wahana virtual reality.

3. Kebun Raya Bogor

Ada sejumlah tempat wisata Bogor di dekat stasiun, termasuk Kebun Raya Bogor. Alamatnya Jl.Ir.Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari stasiun untuk mencapai tempat ini.

Tiket masuk Kebun Raya Bogor di Indonesia adalah 16.000 untuk wisatawan lokal dan 26.000 untuk wisatawan asing. Ada juga kendaraan wisata yang bisa Anda kendarai di sini. Harganya 5 ribu untuk roda dua dan 30 ribu untuk roda empat.

Taman kota ini merupakan ikon kota Bogor yang menjadi kebanggaan masyarakat Bogor. Di tempat wisata Bogor ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis burung dan beberapa hewan. Di kawasan Kebun Raya Bogor juga terdapat Museum Zoologi.

Di museum zoologi ini, Anda akan menemukan spesimen hewan yang diawetkan serta fosil hewan dari jaman dahulu. Di sini, sambil traveling, kamu juga bisa memperluas pengetahuan.

Ruang yang luas memungkinkan Anda untuk melakukan banyak kegiatan, seperti jogging, bersantai di tepi danau atau berjalan-jalan menikmati suasana taman yang indah. Tentu saja, Anda akan menemukan banyak spot foto di sini.

4. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Jika Anda mencari tempat wisata di Bogor yang mudah dijangkau, Anda bisa mengunjungi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia. Museum ini diresmikan pada tahun 2016. Dulunya museum ini bernama Museum Etnobotani yang sudah ada sejak tahun 1982. Karena banyak penambahan koleksi, museum ini berkembang dan berganti nama.

lokasi tempat wisata di bogor cukup mudah di akses karena tidak jauh dari stasiun kereta api dan kebun raya bogor. Tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda No. 22 Bogor. Dengan berjalan kaki sekitar 10 menit Anda sudah bisa mencapainya. Setelah mengunjungi Kebun Raya Bogor, Anda dapat melanjutkan wisata dengan mengunjungi museum ini.

Tiket masuknya cukup murah, hanya 5 ribu dan kamu sudah bisa menikmati koleksi museum yang sangat beragam ini.

Banyak ilmu yang bisa didapatkan dari tempat wisata di Bogor ini. Di lantai satu, Anda akan melihat sejarah rempah-rempah, ada juga beberapa penjelasan tentang sejarah batik, serta teknologi pangan alternatif.

Di lantai bawah Anda akan menemukan banyak diorama. Misalnya diorama alat-alat pertanian, diorama alat-alat dapur tradisional dan berbagai diorama menarik lainnya.

5. Danau Malimping

Bagi Anda yang ingin berwisata murah bersama keluarga, Danau Malimping bisa menjadi alternatif pilihan tempat wisata di Bogor. Harga tiketnya hanya 2.500 rupee per orang. Tiket untuk setiap wahana dijual terpisah, harga bervariasi tergantung wahana.

Terletak di desa Ciades, kecamatan Cigompong, Bogor, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit hingga 1 jam untuk mencapai tempat ini dari stasiun kereta api Bogor. Tempat ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Di tempat ini terdapat berbagai jenis wahana untuk segala usia. Anak-anak dan orang dewasa. Beberapa wahana kiddie termasuk ball pit, kebun binatang, istana balon dan lain-lain. Wahana untuk dewasa antara lain flying fox, arung jeram, arung jeram, paintball dan lain-lain.

Fasilitas penunjang tempat wisata ini juga cukup lengkap. Di kawasan ini juga terdapat area pemancingan, gazebo, pondok kuliner, penginapan dan lain-lain.

Tempat ini cukup eksotis dan pemandangannya juga luar biasa. Bagi anda yang suka berfoto pasti akan dimanjakan dengan pemandangan tempat tersebut. Melihat segala fasilitas dan wahana yang ada, Danau Malipang ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

6. Wisata Agro Gunung Mas

Tidak lengkap rasanya kalau ke Bogor, tapi jangan mengunjungi kawasan puncaknya. Ada sebuah tempat wisata di Bogor di kawasan puncak yang menarik. Agrowisata Gunung Mas, di tempat ini Anda bisa menikmati suasana kebun teh yang luas.

Agrowisata Gunung Mas terletak di kawasan Puncak Bogor, tepatnya di Jalan Raya Puncak, km.87, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor. Jarak tempuh dari Jakarta Pusat kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa melalui jalan tol Ciawi.

Agrowisata Gunung Mas dijalankan oleh perusahaan. Perusahaan ini memiliki perkebunan teh terbesar di daerah puncak Bogor. Untuk memasuki zona ini, tiket yang harus Anda bayar adalah 15 ribu. Biaya tambahan akan dikenakan untuk paket aktivitas atau persewaan.

Setelah membayar tiket masuk, Anda bisa menukarkan tiket ini dengan Teh Walini di resepsionis. Anda dapat menyeduh teh ini bersama dengan pisang goreng yang disediakan untuk Anda, ditemani dengan suasana puncak yang teduh dan damai.

Di sini Anda bisa jalan-jalan teh, jalan-jalan di kebun teh. Tiket mulai dari 20.000 hingga 35.000, tergantung rutenya. Anda juga dapat menyewa kuda dan mengunjungi kebun teh dengan menunggang kuda. Harga tiket mulai dari 30.000 hingga 50.000.

Selain itu, masih banyak aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di sini. Misalnya, menyewa ATV, bepergian dengan mobil off-road, hang-gliding, berenang, dll. Akomodasi juga tersedia di sini.

7. Wisata Citimang

Tidak jauh dari Agrowisata Gunung Mas, terdapat sebuah tempat wisata alam bernama Citamiang. Tempat wisata Bogor ini dikelola oleh Dinas Kehutanan Kota Bogor. Konsepnya adalah bumi perkemahan dengan segala macam fasilitas.

Lokasi wisata Citamiang ini berada di Desa Pondok Rawa, Desa Tugu Utara, Cisarua, Bogor. Jika Anda berjalan kaki dari arah kota Bogor, lokasinya 400 meter sebelum gerbang Agrowisata Gunung Mas.

Wisata Citamiang ini hadir dalam bentuk hutan pinus. Tiket masuknya 3 ribu. Di sini Anda juga bisa berkemah menggunakan tenda pribadi. Ada suplemen untuk camping, 2500 per hari.

Di sini Anda dapat berjalan melalui alam, menelusuri hutan pinus. Kondisi alam di sini masih sangat asri karena dikelola dengan baik. Pemandangannya juga sangat indah, cocok sebagai tempat untuk foto-foto. Garis hutan pinus bisa menjadi latar belakang yang bagus untuk foto.

Anda yang sangat menyukai hal-hal yang berbau alam, bisa pergi ke tempat ini. Anda tidak hanya bisa menikmati suasana nyaman di tengah hutan pinus, tapi di tempat wisata ini Anda juga bisa bermain permainan seru.

Kamu yang punya komunitas juga bisa camping bareng. Perusahaan atau sekolah juga sering mengadakan pelatihan di sini.

Di area ini juga ada kolam, untuk masuk ke kolam ini harus bayar lagi 5.000.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button