Berita Wisata

7 wisata di Balikpapan yang wajib dikunjungi wisatawan

Merdeka.com – Wisata di Balikpapan wajib dikunjungi jika datang ke kota ini. Balikpapan sendiri merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, Selat makasardan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Secara geografis tempat ini memiliki daerah perbukitan dan daratan yang hanya dapat dihuni sekitar 12% dari sebagian besar perairan dan sungai yang ada di wilayah ini. Tak hanya wisata alam, Balikpapan juga memiliki tempat wisata lainnya.

taboola tengah artikel

Berikut merdeka.com membagikan beberapa informasi seputar wisata Balikpapan yang bisa dijadikan referensi berlibur, dilansir dari berbagai sumber, (5/12/2022):

2 dari 6 halaman

Pantai Melawai

tempat liburan di balikpapan

©2022 Merdeka.com

Pantai ini sayang untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke Balikpapan. Karena Melawai disebut memiliki pemandangan yang bagus. Di pantai ini terdapat beberapa batu karang yang kemudian menumpuk menjadi daratan mirip pulau kecil yang menambah keindahan alam pantai ini.

Berada tak jauh dari pusat kota, Pantai Melawai terletak di Jalan Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan. Pengunjung bisa menikmati keindahan sunset di sore hari. Pada malam hari, pantai ini dihiasi dengan lampu perahu di atas laut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ke pantai ini.

Pantai ManggarSegarsari

tempat liburan di balikpapan

©2022 Merdeka.com

Pantai berpasir coklat ini memiliki ombak yang kecil, sehingga pengunjung bisa berenang. Tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Pantai Manggar Segarasari berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Balikpapan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. (mdk/khou)

Baca juga :
Irjen Fadil Imran Nostalgia masa lalu, Mobil Patroli Kota yang dibawa menjadi sorotan
Rentetan kata Andai waktu bisa diputar kembali, penuh pelajaran
Jaga Nazar, Reporter Yudo Margono Potong Rambut, Itu Doa Veronica
Hotman Paris Gaji Fantastis, Tarif Jam Pertama Bikin Ngeri

3 dari 6 halaman

Pantai Lamaru

tempat liburan di balikpapan

©2022 Merdeka.com

Salah satu pantai yang juga wajib dikunjungi saat berkunjung ke Balikpapan adalah Pantai Lamaru. Lokasinya di Jalan Mulawarman, Desa Teritip, Desa Lamaru, Balikpapan.

Pantai ini memiliki kondisi ombak yang sedang dan garis pantai yang landai, sehingga menjadi destinasi ideal untuk berwisata keluarga.

Mengelilingi pantai ini identik dengan pepohonan yang rimbun dan hijau. Tempat ini bisa menjadi spot foto yang menarik. Anda juga bisa menikmati suasana pantai hanya dengan duduk di pinggir atau di warung makan sekitar.

4 dari 6 halaman

Danau Cermin Lamaru

Telaga Cermin Lamaru yang terletak di Jalan Rawamangun, Desa Lamaru, menawarkan air telaga jernih yang memantulkan indahnya pepohonan di sekitarnya.

Danau dengan pemandangan menakjubkan ini konon merupakan danau buatan yang terbentuk secara tidak sengaja dari proyek lapangan tembak TNI/Polri dan latihan atlet.

Air di Danau Cermin Lamaru yang semula berupa cekungan sedalam 10 meter ini terisi air tanah. Meski bersih dan jernih, air di danau ini tidak bisa dikonsumsi karena mengandung asam yang tinggi dari tanah liat dan batu bara.

Akses menuju Telaga Cermin Lamaru masih sulit, namun masih bisa diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jaraknya sekitar 22 km dari pusat kota Balikpapan dengan waktu tempuh sekitar 50 menit

tempat liburan di balikpapan

©2022 Merdeka.com

5 dari 6 halaman

Bukit Bangkirai

tempat liburan di balikpapan

©2022 Merdeka.com

Bukit Bangkarai cukup jauh dari pusat kota Balikpapan, sekitar 40 kilometer. Namun, di tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di atas bukit.

Kawasan Wisata Alam Bukit Bangkirai terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara yang telah menjadi kawasan konservasi hutan sejak tahun 1998.

Kawasan ini memiliki luas 1.500 hektar, memiliki sekitar 2.800 spesies flora dan fauna serta didominasi oleh pepohonan. Di tempat ini pengunjung bisa menguji nyali di atas canopy bridge, jembatan yang menghubungkan lima pohon Bangkirai di ketinggian 30 meter.

bukit batu tembok

Bukit Batu Tembok yang terletak di Kilometer 45 Jalan Soekarno-Hatta, Desa Bukit Merdeka Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, merupakan sebuah batu karst dengan panjang 150 meter dan tinggi 125 meter.

Bukit Batudinding menawarkan pemandangan hutan yang indah dan sejuk serta pengalaman mendebarkan di atas bukit yang dikelilingi hutan. Hanya saja untuk menuju tempat ini pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup berat karena medan yang licin dan menanjak.

6 dari 6 halaman

Taman Bekapai

Taman Bekapai merupakan salah satu tempat berkumpul favorit anak muda di Balikpapan. Tempat ini merupakan icon kebanggaan kota Balikpapan yang terletak di tengah kota, memiliki tugu perunggu berbentuk abstrak yang memancarkan air mancur dari dalam.

Taman ini memiliki banyak pepohonan rindang dan banyak bangku untuk bersantai sambil menikmati udara segar. Anda bisa datang ke tempat ini untuk piknik keluarga.

Taman Air Pulau Karibia

tempat liburan di balikpapan

©2022 Merdeka.com

Jika ingin mengajak keluarga bermain air, Anda bisa mengajaknya ke Caribbean Island Waterpark. Lokasinya berada di Perumahan Kol Kabupaten Balikpapan. Syarifuddin Yoes II, di wilayah Sepinggan.

Berbagai wahana air yang ditawarkan di lokasi ini antara lain dump bucket, kastil karibia, race launches, dan berbagai jenis seluncuran. Tak hanya itu, ada juga kolam balita, kolam anak-anak, kolam dewasa, dan berbagai permainan bola air yang memeriahkan wahana ini.

Baca juga :
Cara membuat perkedel kentang yang enak dan mudah di rumah
Lama Tersinggung, Potret Terbaru Rini Soemarno Muncul dengan Kue untuk Susi Pudjiastuti
Perwira kereta api di Belanda fasih berbahasa Jawa, ternyata blasteran dari Solo, Flores
Gempa Garut Guncang Hingga Menumpahkan Air di Kolam Musala, Ini Videonya

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button