Berita Wisata

7 Wisata Hutan Pinus di Jawa Timur yang Paling Banyak Dikunjungi

Kunjungan yang paling tepat untuk menyegarkan kembali semangat.

Akhir-akhir ini, hutan pinus mulai menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Suasana alam yang asri dan pepohonan pinus yang tertata rapi akan memanjakan mata Anda. Belum lagi, berbagai wahana juga tempat foto yang menarik ditambah dengan panorama alam yang indah akan membuat semangat semakin bertambah Biaya setelah liburan.

Nah, jika Anda sedang mencari destinasi wisata pinus di wilayah Jawa Timur, berikut 7 hutan pinus paling populer di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi minimal sekali seumur hidup!

1. Wisata Pinus Songgon

7 Wisata Hutan Pinus Paling Populer di Jawa Timur, Back to Nature! Pinus Songgon Tour (WPS) Banyuwangi (facebook.com/Banyuwangi Tour)

Wisata alam di Banyuwangi ini menawarkan pemandangan yang indah dengan beberapa spot foto yang Instagramable. Maka tak heran jika banyak pengunjung lokal yang berduyun-duyun ke kawasan wisata tersebut.

Di sekitar kawasan wisata Pinus Songgon juga terdapat Sungai Badeng yang menjadi tempat kegiatan tubing atau arung jeram bagi pecinta alam. Di tempat wisata ini pengunjung juga bisa bersantai menggunakan hammock sambil menikmati suasana alam yang asri.

Lokasi: Kare, Kec. Kari, Kabupaten Madiun.

Jam buka: 07:00-17:00 WIB

Tiket: Rp 5.000

2. Hutan Pinus Loji

7 Wisata Hutan Pinus Paling Populer di Jawa Timur, Back to Nature! Hutan Pinus Loji Blitar (facebook.com/Hutan Pinus Loji)

Hutan Pinus Loji terletak di lereng Gunung Kelud dan berada di atas ketinggian sekitar 680 mdpl. Kondisi ini menyebabkan hutan ini memiliki iklim yang cukup dingin. Selain menikmati udara segar, ada juga beberapa tempat Foto instagrammable yang dapat Anda gunakan untuk mengabadikan liburan Anda.

Selain berfoto, bagi Anda yang hobi mendaki, Anda bisa mencoba mendaki Gunung Kelud via Tulungrejo. Tempat ini juga cocok untuk Anda yang hanya ingin piknik keluarga atau berkemah di ketinggian tanpa harus mendaki.

Lokasi: Celeng, Tulungrejo, Kec. Gandusari, Kabupaten Blitar.

Jam buka: 08:00-17:00 WIB

Tiket: Rp 3.000

3. Hutan Pinus Semeru

7 Wisata Hutan Pinus Paling Populer di Jawa Timur, Back to Nature! Hutan Pinus Semeru (facebook.com/Hutan Pinus Semeru)

Malang yang terletak di dataran tinggi memiliki salah satu wisata hutan pinus dengan suasana alam yang asri. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda tidak hanya disuguhi pemandangan pepohonan, tetapi juga ornamen payung warna-warni yang menggantung dan menghiasi hutan pinus.

Wisata Hutan Pinus Semeru juga dijaga kebersihannya agar pengunjung betah. Pengelola juga menyediakan kursi kayu di kawasan wisata ini sebagai tempat istirahat atau bersantai dengan hammock dan berfoto selfie di berbagai spot foto menarik.

Lokasi: Areal Sawah/Kebun, Sumberputih, Kec. Wajak, Kabupaten Malang.

Jam buka: 24 jam

Tiket: gratis

4. Wisata di Hutan Pinus Gogoniti

7 Wisata Hutan Pinus Paling Populer di Jawa Timur, Back to Nature! Wisata Hutan Pinus Gogoniti, Pasuruan (facebook.com/Wisata Hutan Pinus Gogoniti)

Apalagi di Pasuruan juga ada Wisata Hutan Pinus Gogoniti. Lokasi tepatnya berada di tengah-tengah antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Hutan Pinus Gogoniti memiliki beberapa tempat Foto instagrammablejadi cocok banget buat kalian yang suka selfie.

tempat foto paling favorit dari hutan pinus Gogoniti adalah gembok cinta, rumah pohon, tangan yang disusun dari bambu dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membawa tempat tidur gantung dan bersantai sambil menikmati suasana alam. Untuk bisa naik kuda, kamu cukup membayar Rp 10.000 saja!

Lokasi: Kemirigede Krajan, Kemirigede, Kec. Kesamben, Kabupaten Blitar.

Jam buka: Sabtu-Kamis, 08:00-17:00 WIB

Tiket: gratis

Baca Juga: Informasi Pine Campervan Park, Wisata Camping Hits di Batu

5. Hutan Pinus Nongko Ijo

7 Wisata Hutan Pinus Paling Populer di Jawa Timur, Back to Nature! Hutan Pinus Hijau Nongko (desakare.com)

Hutan pinus di Madiun ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyejukkan diri dan bersantai. Destinasi wisata Hutan Pinus Nongko Ijo menawarkan pemandangan alam yang mempesona dengan udara dan suasana yang asri dilengkapi dengan berbagai pemandangan yang menarik.

Pengelola juga menyediakan area camping, flying fox, ATV, outing, gazebo dan berbagai spot foto Instagramable. Anda juga bisa menggunakan toilet, mushola dan gazebo untuk bersantai di hutan pinus Nongko Ijo.

Lokasi: Sumberagung, Sumberbulu, Kec. Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Jam buka: 07:00-20:00 WIB

Tiket: Rp 5.000

6. Kawasan Wisata Bukit Pinus Wonosalam

7 Wisata Hutan Pinus Paling Populer di Jawa Timur, Back to Nature! Pengunjung berswafoto di Hutan Wisata Bukit Pinus Wonosalam. (Instagram.com/original_jombang)

Salah satu wisata pinus yang menarik untuk dikunjungi di Jombang adalah kawasan wisata Bukit Pinus Wonosalam. Yang menarik dari kunjungan ini adalah berbagai spot foto yang tersebar di seluruh hutan pinus untuk memudahkan pengambilan foto bagi wisatawan.

Pengaturan tempat foto mulai dari yang biasa hingga yang ekstrim telah disediakan seperti sepeda gantung, taman payung, rumah pohon dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat hammock yang bisa Anda gunakan untuk bersantai menikmati indahnya suasana Hutan Wisata Bukit Pinus Wonosalam.

Lokasi: Jl.Bochlorobubuh, Areal Sawah/Perkebunan, Perhutani, Carangwulung, Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Jam buka: 08:00-16:00 WIB

Tiket: Rp 6.000

7. Welut Puthuk Panggang

7 Wisata Hutan Pinus Paling Populer di Jawa Timur, Back to Nature! Putuk Panggang Welut (facebook.com/Puthuk Panggang Welut)

Terakhir ada Puthuk Panggang Welut di Mojokerto. Tempat wisata ini menawarkan panorama alam yang memanjakan mata dengan pemandangan Gunung Penanggungan. Fasilitas yang bisa Anda gunakan di Puthuk Panggang antara lain toilet, mushola, spot foto, bumi perkemahan, dan Wi-Fi gratis.

Di tempat wisata ini juga terdapat berbagai spot foto mulai dari rumah pohon, payung warna warni, batu warna warni, love frame, taman bunga dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, di sekitar kawasan wisata juga terdapat air terjun Curah Watu lho!

Lokasi: Nogosari, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Jam buka: 08:00-17:30 WIB

Tiket: Rp 10.000

Dari 7 wisata kayu pinus Hawa Timur terpopuler, kayu pinus mana yang pernah kamu kunjungi?

Baca Juga: Hutan Pinus Loji Blitar, Piknik Asyik di Lereng Gunung Kelud

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button