Berita Wisata

7 Wisata Palangkaraya yang Indah dan Menawan, Wajib Dikunjungi

7 Wisata Palangkaraya yang Indah dan Menawan, Wajib Dikunjungi
pariwisata Palangkaraya. liputan6.com

Merdeka.com – Wisata Palangkaraya bisa menjadi destinasi liburan yang menarik. Kota Palangkaraya merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Tengah dan memiliki wilayah terluas kedua di Indonesia. Kota Palangkaraya berbatasan dengan Kabupaten Gunung Mas di utara dan timur, Kabupaten Pulang Pisau di selatan, dan Kabupaten Katingan di barat.

Jika Anda berencana mengunjungi tempat ini, jangan lewatkan wisata Palangkaraya. Wisata Palangkaraya memang sarat dengan destinasi menarik dengan pemandangan alam yang memukau.

taboola tengah artikel

Wisata Palangkaraya menawarkan banyak tempat wisata indah yang siap untuk dijelajahi. Jika Anda ingin berkunjung ke Palangkaraya, jangan lewatkan wisata Palangkaraya berikut ini yang kami kutip di laman liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Danau Tahai

wisata palangkaraya

liputan6.com

Kunjungan pertama ke Palangkaraya adalah Danau Tahai. Danau Tahai merupakan salah satu wisata yang wajib anda kunjungi di Palangkaraya. Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 28 km. Dengan akses yang cukup mudah, Anda bisa menikmati keindahan danau yang memiliki warna unik yaitu merah kehitaman.

Melansir dari situs resmi Dinas Pariwisata Kota Palangkaraya, hasil kajian menunjukkan bahwa warna merah danau tersebut muncul karena airnya berasal dari air tanah gambut dan akar pohon di rawa. .

Saat berkunjung ke tempat ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan rumah terapung yang oleh masyarakat setempat disebut rumah lanting, serta berbagai pepohonan rindang di sekitar Danau Tahai.

Taman Nasional Tanjung Puting

Kunjungan kedua dari Palangkaraya adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Terletak di Teluk Pulai, Kabupaten Kotawaringin Barat, taman nasional ini menawarkan pengalaman menjelajah hutan yang seru dan menarik.

Paket wisata juga tersedia bagi pengunjung untuk mengunjungi tempat rehabilitasi orangutan di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Pondok Ambung dan Camp Leakey.

Sepanjang jalan, Anda juga dapat melihat banyak pemandangan eksotis, seperti bekantan, monyet coklat kemerahan dan ekor panjang dengan hidung besar yang khas, dan berbagai spesies hewan unik lainnya.

3 dari 4 halaman

Arboretum Nyaru Menteng

Kunjungan ketiga ke Palangkaraya adalah Nyaru Menteng Arboretum. Tempat ini merupakan kawasan hutan yang menjadi rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna. Hutan ini juga merupakan salah satu kawasan konservasi plasma nutfah, dengan ekosistem hutan rawa yang mirip dengan hutan hujan dataran rendah.

Berada di Desa Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangkaraya, Sirkuit Palangkaraya ini memiliki luas sekitar 65,2 hektar, dengan dataran tinggi mencapai 20 MDPL. Kondisi tanahnya yang berawa-rawa memiliki gambut, salah satu daya tariknya adalah pemandangan alam hutan hujan yang menakjubkan.

Danau Hanjalutung

Rangkaian keempat Palangkaraya adalah Danau Hanjalutung. Danau Hanjalutung adalah danau yang wajib dilihat di Palangkaraya. Di tempat ini, keindahan alam dan pemandangan aktivitas masyarakat seperti memancing dan aktivitas lainnya akan ditawarkan kepada Anda.

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Danau Hanjalutung antara lain memancing, menyusuri Danau Hanjalutung, keindahan panorama alam dan danau. Tempat ini juga memiliki lahan seluas 70 hektar dengan berbagai fasilitas yang memadai.

Jembatan Kahayan

wisata palangkaraya

liputan6.com

Menara kelima Palangkaraya adalah Jembatan Kahayan. Berjarak sekitar 14 km dari Bandara Tjilik Riwut, jembatan ini membentang di atas Sungai Kahayan dengan panjang 640 meter dan lebar 9 meter.

Di jembatan ini pengunjung bisa melihat kehidupan masyarakat asli Kalimantan Tengah yang bergantung pada sungai. Wisata Palangkaraya ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menunggu matahari terbenam, dengan pemandangan jembatan yang megah sebagai latar belakangnya.

4 dari 4 halaman

Betang Mandala Wisata

Wisata Palangkaraya selanjutnya adalah Betang Mandala Wisata. Dikenal juga dengan nama Rumah Betang “Eka Tingang Nganderang”, tempat ini merupakan replika dari rumah betang khas Kalimantan Tengah yang berada di tengah kota Palangkaraya. Rumah Betang umumnya digunakan sebagai tempat pertemuan untuk pertemuan, sosialisasi dan kegiatan lainnya.

Salah satu daya tarik berkunjung ke Rumah Betang adalah desain rumah ini yang mendekati bentuk aslinya dari budaya Dayak khas Kalimantan Tengah. Saat berkunjung ke tempat ini, wisatawan bisa melihat dekorasi ruangan dengan ornamen Dayak yang menarik.

Taman Nasional Sebangau

Kunjungan terakhir dari Palangkaraya adalah Taman Nasional Sebangau. Destinasi wisata di Palangkaraya yang wajib dikunjungi wisatawan adalah Taman Nasional Sebangau. Jika Anda adalah seseorang dengan jiwa petualang, tempat ini sangat cocok untuk tujuan Anda.

Lokasinya berada di Desa Bangkirai, Kecamatan Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah Tempat ini menjadi rumah bagi 808 jenis flora, 182 jenis burung, 54 jenis ular dan 35 jenis mamalia beserta satwa seperti orangutan, bekantan, owa , beruang madu, burung enggang dan satwa dilindungi lainnya.

[ank]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button