Berita Wisata

8 Daftar Wisata Jogja Favorit 2022

Yogyakarta

Kota Jogja menampilkan destinasi wisata terbaru yang menjadi salah satu favorit para wisatawan. Berikut delapan destinasi wisata favorit Jogja 2022.

Berkunjung ke Jogja bisa menjadi keputusan yang tepat sebagai pilihan destinasi kota untuk berlibur. Ada berbagai jenis destinasi wisata yang ditawarkan di kota pelajar ini.

Mulai dari wisata alam dengan pemandangan laut dan gunung hingga wisata alam buatan yang dirancang untuk membuat pengunjung betah.

Bagi yang sedang merencanakan liburan akhir tahun di Jogja, berikut daftar tempat wisata paling favorit sepanjang tahun 2022 dan wajib dikunjungi. Dirangkum dari review Google, media sosial, dan situs travel TripAdvisor, berikut 8 rekomendasi wisata paling favorit 2022 di Jogja:

1.Bukit Obelix

Dikutip dari website Kapanewon Prambanan, prambanankec.slemankab.go.id, Obelix Hills terletak di Dusun Klumprit I, II, Wukirharjo, Prambanan, Sleman, Jogja.

Obelix Hills terletak di sebuah bukit batu purba dengan luas 8 hektar sebelah tenggara Candi Prambanan. Obelix Hills termasuk dalam kawasan Shiva Plateu yang merupakan dataran tinggi Siwa yang muncul berdasarkan banyaknya temuan peninggalan budaya Hindu di kawasan tersebut.

Obelix Hills merupakan tempat wisata yang tepat bagi anda yang ingin menikmati pemandangan alam yang indah, terutama matahari terbenam yang indah dari tempat wisata ini.

Fasilitas di Obelix Hills: restoran, mushola, parkir luas, toilet, glamping, dll.

Tiket Obelix Hills:
– Rp 15.000 (Senin s/d Jumat)
– Rp 20.000 (Sabtu dan Minggu)

2. Desa Obelix

Tempat wisata ini cocok untuk anda yang ingin merasakan indahnya suasana persawahan jogja. Dikutip dari situs resmi obelixvillage.com, Obelix Village merupakan wisata restoran terbaru di Jogja yang menawarkan konsep pedesaan dengan pemandangan sawah hijau.

Obelix Village terletak di Jalan Kenangan, Krandon, Pandowoharjo, Sleman, Jogja. Ada berbagai restoran di Obelix Village, seperti restoran keluarga Pulen Kopi Ponti, Petit Paris Boulangerie, dan Samui.

Fasilitas Obelix Village:
Spot foto dan wisata lainnya di Obelix Village, seperti Little Zoo, Mini Farm, Flower Garden dan Secret River Deck.

Harga tiket Obelix Village:
– Rp 20.000 (Senin-Jumat 08:00-21:00 WIB)
– Rp 25.000 (Sabtu dan Minggu pukul 08:00 – 22:00 WIB)

Harga tiket adalah harga paket lengkap, termasuk tiket masuk, kebun binatang kecil, peternakan mini, taman bunga dan jembatan sungai rahasia.

3. Bukit Pengilon

Kemudian ada Bukit Pengilon yang terletak di Tepus, Purwodadi, Gunungkidul. Bukit Pengilon menuju jalan pantai Watu Lumbung dan juga pantai Wedi Ombo.

Dikutip dari laman Visiting Jogja, Bukit Pengilon sangat luas bahkan menghubungkan tiga pantai sekaligus. Akses menuju tempat ini bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua.

Dari pusat kota Jogja, tempat wisata ini berjarak 75 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kendaraan bermotor.

Bukit Pengilon merupakan kawasan alam terbuka dan jauh dari pemukiman penduduk, sehingga tidak tersedia fasilitas umum seperti toilet dan tempat makan. Sebaiknya ke Bukit Pengilon membawa perbekalan sendiri seperti camping.

4.Nawang Jagad

Destinasi wisata berikutnya adalah Nawang Jagad. Lokasi wisata ini cocok bagi Anda yang menginginkan pengalaman menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi.

Nawang Jagad terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, tepatnya di sebelah barat Museum Ullen Sentalu. Nawang Jagad bisa dikunjungi mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

Fasilitas Nawang Jagad:
Daya tarik tempat wisata ini adalah adanya hammock atau tempat tidur gantung yang langsung menghadap Gunung Merapi. Selain itu, ada juga beanbag nyaman yang bisa kamu gunakan untuk duduk santai sambil ngopi.

Tersedia juga fasilitas camping bagi yang ingin menikmati keindahan Gunung Merapi lebih lama lagi.

Harga Tiket Nawang Jagad:
– 10.000 IDR sudah diterima voucher gratis minuman yang bisa ditukar di kafetaria yang terletak disana.

5. Taman Alam Tankaman

Mirip dengan Nawang Jagad, Taman Wisata Alam Tankaman terletak di Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Tempat wisata ini biasanya ramai dikunjungi para pesepeda yang ingin menikmati segarnya udara di lereng Gunung Merapi.

Terlihat detikJateng Menurut laman Instagram resmi @tankaman.kaliurang, lokasi Tankaman ini berjarak 7 kilometer dari puncak Merapi. Ada juga warung yang menjual minuman panas dan gorengan bernama Pawon Ngalas Tankaman.

Jam operasional Tankaman adalah pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan buka pada hari Rabu hingga Senin. Saat ini tidak ada biaya untuk memasuki Tankaman. Namun jika wisatawan ingin berkemah di Tankaman dikenakan biaya Rp 25.000.

6. Pemandangan Langit Il Ha

Selain itu ada HeHa Sky View yang berlokasi di Jalan Dlingo-Patuk, Patuk, Bukit, Gunungkidul, Jogja. HeHa Sky View merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang menawarkan pemandangan kota Jogja dan sekitarnya.

HeHa Sky View juga menawarkan restoran berkonsep modern dengan menu yang lezat dan berbagai warung makan yang bisa menjadi alternatif untuk mencicipi berbagai jenis kuliner. Selain itu, ada berbagai spot foto yang kompatibel dengan Instagram.

Instalasi HeHa Sky View:
Beberapa fasilitas yang tersedia disini adalah Garden Area, Sky Glass, Love Box, Sky Swing, HeHa Airplane, Macramé, Bean Bag Area, Live Music, Food Stand, HeHa Garage, Toko Souvenir, Mushola, Toilet dan tempat parkir yang luas.

7. Pemandangan Laut He Ha

Berbeda dengan HeHa Sky View, HeHa Ocean View menawarkan pemandangan laut yang indah. HeHa Ocean View berlokasi di Bolang, Girikarto, Gunungkidul, Jogja.

Akses ke tempat ini hanya bisa dilakukan dengan sepeda motor atau mobil pribadi. Namun, untuk rombongan bus, disediakan juga shuttle menuju ke sana.

Harga Tiket HeHa Ocean View:
– Rp 20.000 saja.

Operasi Pemandangan Laut HeHa:
– 09:00-21:00 WIB Senin sampai Jumat.
– 08h00-21h00 WIB pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional.

8. Tumpeng Menoreh

Dikutip dari website Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif Otorita Borobudur, Tumpeng Menoreh merupakan restoran yang juga dijadikan tujuan wisata untuk menikmati keindahan alam pemandangan lembah dan empat gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi. , Merbabu, Sindoro dan Sumbing.

Untuk itu, Tumpeng Menoreh menjadi tujuan wisata yang tepat untuk menikmati sunset dan sunrise, apalagi tempat wisata ini beroperasi 24 jam sehari.

Tumpeng Menoreh terletak di Jalan Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Samigaluh, Kulon Progo, Jogja.

Harga Tiket Tumpeng Menoreh :

– Sudah termasuk Rp 50.000 voucher makan Rp 25.000 yang bisa ditebus di restoran.

Nah itulah 8 destinasi wisata favorit Jogja 2022. Selamat berlibur, Lur!

Simak Video “Ogah Bayar Utang Rp 80 Juta, Seorang Pria di Yogya Bunuh Kakeknya”
[Gambas:Video 20detik]
(am/rih)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button