Tempat Wisata

8 Destinasi Solo Travel Terbaik di Indonesia, Aman Dikunjungi

Indonesia dengan kekayaan alam dan budayanya menawarkan beragam destinasi solo traveler terbaik yang aman untuk dikunjungi.

Liburan tidak selalu berarti berkumpul dengan teman atau keluarga. Traveling sendirian atau traveling sendirian menjadi salah satu pilihan menarik saat liburan tiba.

Solo traveller punya berbagai keuntungan; Anda tidak perlu mengkhawatirkan kebutuhan orang lain dan dapat membuat rencana perjalanan sendiri.

Selain itu, bepergian sendirian membantu Anda mengenal diri sendiri lebih baik dan mengembangkan kemandirian. Meski bepergian sendirian, tak perlu khawatir.

Ada banyak destinasi solo travel di Indonesia yang menjadi tempat terbaik dan teraman untuk dikunjungi jika ingin menyendiri.

Destinasi wisata terbaik untuk solo traveler di Indonesia

Destinasi wisata terbaik untuk solo traveler di IndonesiaFoto oleh Reskatirini Yastika Prameswari di Google Maps

1. Menyembuhkan dan menikmati tempat wisata Batu dan Malang

Kota Batu dan Malang yang mempesona dengan kekayaan dan keindahan alamnya yang menakjubkan telah menjadi tujuan wisata penting di Jawa Timur.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Di setiap sudut kota ini, Anda bisa dengan mudah menemukan beragam tempat wisata menyegarkan mulai dari tempat rekreasi, taman kota dan museum hingga kuliner lokal yang sangat cocok untuk solo traveler.

Anda bisa memulai perjalanan ke Batu dan Malang dengan naik bus dari Jakarta dan memilih menginap di hotel yang menawarkan fasilitas terbaik untuk waktu bersantai Anda.

Jangan lewatkan kunjungan ke Jatim Park 2 dimana anda bisa menikmati berbagai permainan dan wahana serta melihat berbagai jenis binatang yang lucu dan unik.

2. Jelajahi wisata budaya dan sejarah di Jogja

Kota Jogja selalu menjadi destinasi wisata yang banyak dirindukan para traveller dengan pesonanya yang beragam.

Terkenal dengan kekayaan budaya yang dilestarikan, keindahan alam yang mempesona dan berbagai situs sejarah yang mempesona, Yogyakarta menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Jika Anda bepergian sendirian di kota ini, Anda bisa menjelajahi kota dengan naik bus menuju destinasi populer seperti Candi Prambanan atau Istana Ratu Boko.

Berjalan kaki atau naik kereta di sepanjang Jalan Malioboro serta menghabiskan waktu di alun-alun kota dan menikmati kemeriahan parade Becak juga menjadi aktivitas menarik bagi solo traveler.

3. Selamat berbelanja di Kota Bandung

Bandung, ibu kota Jawa Barat, dianggap sebagai surganya wisatawan belanja. Setiap pengunjung akan langsung menemukan berbagai factory outlet dan toko distribusi yang menawarkan pakaian dan sepatu.

Bandung juga menawarkan tempat wisata alam yang masih terjaga keindahannya. Jika bosan berjalan-jalan di pusat kota sendirian, ada pilihan mengunjungi kawasan dataran tinggi seperti Tangkuban Perahu dan Tebing Keraton.

Untuk pilihan lebih praktis dengan akomodasi terjamin, Anda bisa melanjutkan aktivitas solo travel ke Lembang yang kaya akan destinasi wisata menakjubkan.

4. Penyembuhan di Tawangmangu Karanganyar

Tawangmangu di Karanganyar, Jawa Tengah terbukti menjadi destinasi solo yang ideal untuk penyembuhan.

Di sana Anda bisa menikmati kedamaian dan ketenangan sambil mengagumi pemandangan sawah yang luas dan sejuknya udara di sekitar Gunung Lawu.

Salah satu cara menikmati waktu Anda di Tawangmangu adalah dengan mengunjungi Rumah Atsiri. Di Rumah Atsiri, Anda dikelilingi oleh berbagai jenis bunga indah berwarna-warni.

Selain menikmati keindahan bunganya, kunjungi Museum Minyak Atsiri untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah minyak atsiri. Ada juga pilihan untuk membuat produk perawatan pribadi alami Anda sendiri!

5. Temukan alam Kintamani di Bali

Jika Ubud sudah terlalu sering dikunjungi, Kintamani bisa menjadi pilihan lain untuk solo trip yang menyegarkan dan menenangkan.

Suasana alam dan pemukiman khas Pulau Dewata Kintamani memberikan rasa liburan yang lebih santai.

Ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di Kintamani. Salah satunya menyambut pagi hari dengan menyaksikan matahari terbit dari puncak Gunung Batur.

Setelahnya Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Danau Batur. Di sana Anda bisa menyewa perahu untuk menikmati keindahan danau dari dekat.

Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Pura Ulun Danu di tepi Danau Batur.

Destinasi wisata menarik lainnya untuk solo traveler

Destinasi wisata menarik lainnya untuk solo travelerFoto oleh Claus Giering di Unsplash

6. Menjelajahi keajaiban bawah laut Bunaken, Manado

Taman Nasional Bunaken di Manado menjadi destinasi yang selalu menarik minat para pecinta keajaiban alam bawah laut.

Lokasi ini menjadi destinasi populer bagi wisatawan domestik dan internasional yang ingin menjelajahi keindahan alam Sulawesi Utara.

Snorkeling dan menyelam adalah salah satu kegiatan paling populer di sini. Terdapat sekitar 20 titik penyelaman dengan kedalaman bervariasi, dengan terdalam mencapai 1.344 meter.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati asyiknya menaiki banana boat di pinggir pantai. Banana boat yang tersedia mampu menampung 5-10 orang dan dilengkapi dengan peralatan keselamatan.

7. Benamkan diri Anda dalam alam dan budaya Labuan Bajo

Terpilih sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP), Labuan Bajo merupakan tempat sempurna bagi solo traveler yang ingin bersantai dan memulihkan diri.

Salah satu cara menikmati keindahan Labuan Bajo adalah dengan mengunjungi desa adat Wae Rebo yang terkenal di dunia.

Meski membutuhkan perjalanan tiga hingga empat jam dari Desa Denge, namun keaslian dan keindahan alam serta budaya di Desa Wae Rebo pasti akan membuat perjalanan Anda tak terlupakan.

Di Desa Wae Rebo Anda berkesempatan untuk hidup berdampingan dengan penduduk setempat dan bahkan bermalam di salah satu dari tujuh rumah tradisional Mbaru Niang.

8. Keindahan Pulau Kolorai, Maluku Utara

Dengan keindahan alamnya yang mempesona, Pulau Kolorai menjadi destinasi sempurna bagi para solo traveler.

Jika pemandangan pegunungan terlalu membosankan bagi Anda, Pulau Kolorai menawarkan pengalaman menyegarkan dengan aktivitas snorkeling menjelajahi keindahan bawah laut Maluku.

Anda berkesempatan untuk melihat beragam terumbu karang, ratusan ikan hias yang menakjubkan, dan menemukan artefak bersejarah dari Perang Dunia II.

Untuk pengalaman yang lebih seru dan menggembirakan, berenanglah bersama kawanan hiu blacktip di Mitita Shark Point.

Itulah beberapa destinasi solo travelling populer di Indonesia yang bisa dijadikan referensi. Sudahkah Anda memutuskan tujuan mana yang akan Anda pilih untuk perjalanan solo Anda berikutnya?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button