Tempat Wisata

8 Pantai Indah & Hits di Dekat Solo

Kepadatan penduduk di Kota Solo mencapai 500.000 jiwa, jadi bisa dibayangkan betapa riuhnya kawasan ini. Meskipun demikian, Anda selalu dapat menemukan tempat obat baik di kota atau daerah. Misalnya, pantai mempesona dengan pemandangan luar biasa yang akan membuat Anda lupa waktu.

Mulai dari kesibukan hingga keindahan alam wisata bahari, perhatikan bagaimana pantai-pantai di tempat ini bisa membuat Anda terhibur. Namun, untuk mencapainya, Anda perlu menghabiskan setidaknya setengah hari untuk fokus pada perjalanan. Karena perjalanan menuju keunikan pemandian air laut terkadang memakan waktu lama.

Berikut delapan daftar pantai cantik yang akan mencerahkan hari Anda di Solo dan sekitarnya. Mulai dari birunya air laut hingga luasnya perbukitan tinggi, pilihlah icon terunik yang sesuai dengan selera Anda. Apakah di Pecaron, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Nampu Wonogiri atau apapun yang terkandung dalam keindahan Jawa Tengah pada umumnya.

1. Pantai Nampu

Pantai NampuKredit foto: Google Maps Raja Yogo

Sepanjang jalan menuju Kabupaten Wonogiri Anda akan menemukan Pantai Nampu yang mempesona. Ombaknya kuat dengan perbedaan warna laut yang jelas, berkisar dari hijau hingga biru tua.

Memang butuh waktu lama untuk sampai di pantai cantik ini, tapi percayalah, perjalanannya akan memuaskan. Destinasi bahari yang populer di Wonogiri ini, sehingga cocok bagi Anda yang senang berinteraksi dengan kehidupan sosial.

Terdapat warung makan yang seringkali menjual berbagai menu lokal, dan lansekapnya didesain menghadap langsung ke pantai. Jadi anda bisa menikmati santapan anda sambil menikmati hembusan angin laut yang berhembus setiap detiknya.

Pasir putih yang sangat halus juga merupakan simbol unik yang mendukung pemandangan Pantai Nampu. Bagi yang senang bermain pasir atau menyukai bibir pantai yang luas, menuju ke sini adalah keputusan yang bijak.

Ada tebing di sisi lain pantai yang kuat dan terlihat eksotis tepat di tepi pantai. Keberadaan tebing ini sedikit banyak mengurangi intensitas ombak di pantai sehingga aman untuk berenang.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Cab.Wonogiri, Jawa Tengah.

2. Pantai Banyutowo

Pantai BanyuwangiSumber gambar: Google Maps Joko sulistyo (joko)

Masih di Kabupaten Wonogiri, kini Anda disuguhi pantai-pantai yang terlihat tandus. Bukan karena tidak terawat, tapi karena dikelilingi perbukitan karang dengan tumbuhan yang minim.

Bebatuannya berwarna coklat kehitaman dan memberikan kesan kuno sekaligus menarik. Tebing yang mengapit kedua sisi pantai membuat air laut terlihat seperti kolam di tengahnya. Meski begitu, bagian yang langsung terhubung ke laut lepas sama sekali tidak bebas hambatan, sehingga ombaknya masih kuat.

Keunggulan lain yang tidak dimiliki destinasi lain di kawasan yang sama adalah kualitas air di Pantai Banyutowo. Meski berenang di air laut dalam waktu lama, tidak akan ada rasa lengket seperti air asin pada umumnya.

Lalu, masih di kawasan eksotik ini, Anda bisa menyaksikan fenomena unik. Air laut di destinasi cantik ini bersentuhan langsung dengan air tawar dari sungai.

Singkatnya, Anda bisa berenang sepuasnya di air asin lalu membilasnya di air tawar. Ini pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi Pantai Banyutowo.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Bendungan, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Cab.Wonogiri, Jawa Tengah.

3. Pantai Bandengan

Pantai BandaSumber gambar: Google Maps Virra Ariez

Ternyata, jika kita beralih ke Jepara yang terkenal dengan toko furniturnya, pantai-pantai eksotis bisa ditemukan di sini. Berjalanlah ke tepi desa Bandengan dan temukan bagaimana pemandangan laut siap memanjakan Anda.

Pantai indah ini sangat populer dan memiliki fasilitas yang menyenangkan seperti; langit jet. Ini cocok untuk yang suka keramaian meski di tempat wisata. Memutuskan untuk berjalan-jalan santai di sepanjang tepi pantai Pantai Bandengan sepertinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, jadi jangan diabaikan begitu saja.

Di malam hari Anda dapat menikmati aktivitas santai bersama orang tersayang sambil menyaksikan matahari terbenam di balik lautan. Garis pantai Pantai Bandengan yang luas menawarkan setiap individu kesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Bandeng, Kec. Jepang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

4. Pantai Bopong Puring

Pantai Bopong PuringKredit foto: Google Maps Ady Soemitro

Penasaran bagaimana indahnya laguna terbentuk di dataran rendah? Singgah di Pantai Bopong Puring dan lihat bagaimana air laut mengalir di antara daratan kemudian menggenang dalam waktu yang lama.

Alih-alih pasir putih yang memesona, di sini Anda akan lebih terpesona dengan keindahan lagunanya. Laguna itu terbentuk seperti tikungan dari daratan yang menganga dan kemudian mengalir ke laut.

Laguna dapat digunakan untuk berenang jika diinginkan, tetapi orang sering lebih suka menjelajah ke laut lepas. Penantang yang menyenangi aktivitas laut ekstrem harus serius mempertimbangkan Pantai Bopong Puring.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Suroreyan, Kec. Reining, Cab.Kebumen, Jawa Tengah.

5. Pantai Sembuh

Pantai SembulanKredit foto: Perjalanan Google Maps Bintang

Jika keganasan ombak khas pantai selatan membuat jantung Anda mengendur, sebaiknya jangan ke Pantai Sembuh. Pasalnya, destinasi bahari cantik di Kabupaten Wonogiri ini menawarkan ombak yang bergulung meski Anda hanya menginjakkan kaki di pantai.

Selain itu, ada rumor aura mistis yang tersebar dari mulut ke mulut bahwa tempat ini konon merupakan pintu gerbang kerajaan Nyi Roro Kidul. Meski tentu saja tidak terbukti kebenarannya, namun terkadang orang bisa mempercayainya.

Sesuai dengan latar mistis cerita tentang Pantai Sembuh, keindahan alam kawasan ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Entah itu ombak liar, pasir kasar, bebatuan di sisi berbeda atau ikon lain yang mendukung keindahan di sini.

Terkadang ada juga atraksi wayang yang diselenggarakan oleh warga sekitar sebagai budaya lokal. Hanya saja, pertunjukan seni ini terjadi pada waktu-waktu tertentu, sehingga Anda tidak bisa selalu menikmatinya.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Kecamatan Paranggupito, Wonogiri Cab, Jawa Tengah.

6. Pantai Pecaron

Pantai PekaronKredit foto: Google Maps Denny Lastpaste

Suasananya yang belum banyak dijelajahi wisatawan membuat Pantai Pecaron di Jawa Tengah menarik. Anda bisa pergi ke daerah Kebumen dan merasakan sejuknya udara yang berhembus setiap detiknya. Rasanya akan sangat menenangkan, apalagi jika Anda sangat menyukai ketenangan.

Warna pasirnya yang unik dengan dominasi warna abu-abu juga membuatnya layak dinobatkan sebagai tempat wisata terbaik. Meski pengunjungnya sedikit, namun pantai ini bisa mendapatkan predikat hits dalam waktu singkat karena menarik banyak mata.

Mulai dari tebing di luar pantai, pohon kelapa dengan daun hijau hingga laut yang jernih. Semuanya siap menyambut Anda sehingga pesona pantai membuat liburan terasa jauh lebih seru.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Srati, Kec. Ayah, Kab.Kebumen, Jawa Tengah.

7. Pantai Dadapan

Pantai DapanKredit foto: Google Maps Mega Saputra

Pantai Dadapan hadir untuk menambah daftar panjang keindahan alam yang menjadi ciri khas kawasan pesisir Kabupaten Wonogiri. Tempat ini terbilang baru, namun kehadirannya bisa membuat banyak mata tercengang meski baru menginjakkan kaki di sana.

Kebersihan inilah yang menjadikannya primadona dimana pasir pantainya terlihat sangat putih, belum lagi birunya air laut yang juga menghiasinya, membuatnya disebut sebagai surga di Jawa Tengah.

Ombak di sana cukup kencang, jadi tidak disarankan untuk bermain air bagi Anda yang tidak pandai berenang. Namun, jika Anda bisa mengandalkan keterampilan berenang Anda sendiri, menjelajahi tepi pantai mungkin tidak menjadi masalah.

Nikmati bagaimana pesona alam di sana begitu mudah memikat dan membuat Anda puas saat bermain di Pantai Dadapan. Di sepanjang pasir putih halus, Anda bisa beristirahat di bebatuan atau menggelar tikar piknik di bawah pohon.

harga tiket: Rp5.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Pendovo, Yepitu, Kec. Girisubo, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Menganti

Pantai MengantiKredit foto: Google Maps Guntur Hanafi

Jika Anda ke Kabupaten Kebumen, Anda berkesempatan untuk menjelajahi eksotisme Pantai Menganti. Itu bertengger di tebing hijau dengan pemandangan laut sejauh mata memandang. Ombak besar juga terlihat dari jauh hingga menerjang bebatuan di pantai.

Kesejukan alam yang hadir di destinasi estetis ini dilengkapi dengan keberadaan deretan pohon kelapa. Bayangkan berdiri di tepi tebing yang dinaungi oleh pohon kelapa dan memandang ke laut biru yang dalam.

Adanya penginapan menambah kemegahan pantai indah ini, membuat pengunjung betah. Jika Anda menyukai kesendirian di tempat yang eksotis, menjadikan Pantai Menganti sebagai destinasi wisata prioritas adalah suatu keharusan.

harga tiket: Rp10.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Karangduwur, Kec. Ayah, Kab.Kebumen, Jawa Tengah.

Ada berbagai jenis keindahan di pantai-pantai dekat Kota Solo, dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Ingin masuk ke laguna, menantang ombak, mendengarkan cerita mistis khas pantai selatan, semua itu bisa dilakukan asalkan mau meluangkan waktu untuk berpetualang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button