Berita Wisata

8 sirkuit lambang Qatar, tuan rumah Piala Dunia 2022

KOMPAS.com – Pesta sepak bola Piala Dunia 2022 dimulai hari ini, Minggu (20/11/2022). Qatar menjadi tuan rumah turnamen sepak bola internasional setiap empat tahun.

Qatar adalah negara maju yang terletak di semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Negara yang berbatasan dengan Arab Saudi dan Teluk Persia ini memiliki kota-kota yang megah.

Baca juga: 4 Menara Dekat Stadion Al Bayt, Venue Pembuka Piala Dunia 2022 Qatar

Qatar telah berubah menjadi megacity berkat pendapatan utama negaranya yaitu gas alam dan minyak. Selain kekayaan alamnya, negara Timur Tengah ini juga memiliki banyak destinasi wisata menarik.

Kompas.com merangkum delapan sirkuit lambang Qatar. Destinasi ini bisa dikunjungi oleh penonton Piala Dunia 2022 yang menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion Qatar.

1. Souk Waqif

Souq Waqif adalah pasar tradisional di ibu kota Qatar, Doha. Menurut Kunjungi Souq Waqif, Pasar ini direnovasi pada tahun 2004 dengan tetap mempertahankan gaya tradisional pasar Qatar.

Wisatawan yang berkunjung bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Qatar, mulai dari kain, rempah-rempah, parfum, dll.

Selain berbelanja oleh-oleh, wisatawan juga bisa mencicipi kuliner khas Qatar di kafe dan restoran yang ada di Souq Waqif.

Baca juga: Simak 5 Kota di Qatar yang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Souq Waqif QatarDermaga. Souq Waqif Qatar

2. Museum Nasional Qatar

Museum kebanggaan Qatar ini memiliki arsitektur bangunan yang unik. Mengutip dari halaman Museum Nasional QatarDesain bangunan museum ini terinspirasi dari fenomena mawar gurun yang ditemukan di Qatar. Bentuknya menyerupai kristal di atas tanah.

Menurut arsitek Jean Nouvel, mawar gurun melambangkan bahwa Qatar memiliki hubungan yang mendalam dengan gurun, flora dan fauna, pengembara, dan tradisi panjang.

Selain arsitekturnya yang unik, pengunjung dapat menemukan berbagai ruang galeri yang memukau, auditorium berkapasitas 220 kursi, dua restoran, kafe, dan forum masakan tradisional.

Baca juga: Jelang Piala Dunia 2022, Penerbangan ke Qatar Melonjak

Museum Nasional QatarDermaga. Museum Nasional Qatar

3. Foto Museum Seni Islam

Museum Seni Islam (MIA) atau Museum Seni Islam menyimpan salah satu koleksi seni Islam terlengkap di dunia.

Luncurkan dari halaman Museum Seni Islammuseum yang terletak di Doha ini menampilkan mahakarya dari seluruh penjuru dunia yang mewakili keragaman warisan Islam.

MIA juga menampilkan koleksi secara online. Lebih dari 400 koleksi yang dipamerkan meliputi logam, keramik, perhiasan, kayu, tekstil, koin, kaca, dan lainnya.

Museum Seni Islam (MIA) QatarDermaga. Museum Seni Islam (MIA) Qatar

4. Khor Al Adaid

Khor Al Adaid adalah sebuah pantai di sebelah tenggara Qatar. Namun, pantai ini cukup unik karena terhubung langsung dengan gurun pasir.

Menurut situs web Kunjungi Qatarada berbagai jenis ikan, burung dan unggas yang bisa ditemukan di Khor Al Adaid.

Baca juga: Qatar Tutup Perbatasan Mulai 1 November, Kecuali Penonton Piala Dunia 2022

Khor Al Adaid QatarDermaga. Khor Al Adaid Qatar

Di pagi hari, air laut mengalir ke gurun membentuk laut pedalaman. Sedangkan pada malam hari, air laut kembali surut.

Jika wisatawan berkunjung saat matahari terbenam, mereka bisa melihat pemandangan indah bukit pasir yang secara ajaib berubah menjadi keemasan di bawah rona matahari terbenam.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button