Berita Wisata

8 tempat di dunia untuk melihat Cahaya Utara

TEMPO.CO, Jakarta – Cahaya Utara atau Aurora Borealis, juga dikenal sebagai Aurora Borealis, merupakan salah satu fenomena alam luar biasa yang tidak mudah ditemukan. Memang, fenomena bercahaya yang indah ini hanya bisa diamati di daerah dingin Arktik.

Di Indonesia, fenomena alam ini tidak mungkin terjadi. Namun, jika penasaran ingin melihatnya, ada beberapa tempat di dunia yang memungkinkan terjadinya fenomena alam yang luar biasa ini.

Kabar baiknya, musim dingin ini adalah waktu yang tepat untuk mengejar Cahaya Utara yang mempesona. Berikut beberapa lokasinya:

Svalbard, Norwegia

Dekat dengan Kutub Utara, tempat ini mengalami apa yang dikenal sebagai malam kutub dari November hingga Februari. Ini adalah saat malam berlangsung lebih dari 24 jam. Yang berarti lebih banyak kesempatan untuk melihat Cahaya Utara.

Tromsø, Norwegia

Mereka menyebut kota ini jantung zona aurora. Di sini Anda dapat melihat Cahaya Utara dari bulan September.

Fairbanks, Alaska

Kabar baiknya adalah Fairbanks terletak di tempat yang banyak terdapat aktivitas aurora. Ini berarti penduduk dapat secara teratur melihat Cahaya Utara di musim dingin.

Lapland, Swedia

Karena tidak adanya polusi cahaya, ada kemungkinan besar untuk melihat cahaya ini. Mereka yang mengunjungi Lapland Swedia melakukannya dengan berkemah.

Finlandia

Saat berada di Finlandia, menginaplah di salah satu iglo kaca untuk pengalaman yang tak terlupakan. Finlandia memiliki Cahaya Utara yang dapat dilihat hampir 200 malam dalam setahun.

Reykjavik, Islandia

Ibukota Islandia adalah tempat bagus lainnya untuk melihat Cahaya Utara. Di sana, Cahaya Utara mulai muncul dari bulan September hingga Maret. Di Reykjavik bisa terjadi polusi cahaya meski cahaya masih terlihat.

Rovaniemi, Lapland Finlandia

Ini adalah Lingkaran Arktik dan rumah Sinterklas. Rovaniemi adalah negeri ajaib musim dingin terbaik dengan Cahaya Utara dan kesempatan untuk melihat Sinterklas. Terbaik untuk pergi antara September dan April.

Yukon, Kanada

Wilayah Yukon Kanada sempurna tidak hanya untuk Cahaya Utara, tetapi juga untuk cerita rakyat Cahaya Utara yang menarik yang diceritakan oleh pendongeng lokal. Tentu saja, itu adalah tempat yang menarik untuk berlibur.

Baca juga: Libur musim dingin, ini barang yang harus dibawa

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button