Berita Wisata

8 Tempat Estetis di Jakarta Semua Halaman

KOMPAS.com – Jakarta punya banyak tempat estetis yang bisa mengambil gambar. Biasanya orang mencari spot foto yang bagus dan menarik.

Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Jakarta untuk menambah koleksi foto Anda instagenic. Seperti wisata alam, taman, museum, kafe hingga jembatan penyeberangan orang.

Ada yang harus mengeluarkan uang untuk memesan menu di kafe atau membayar tiket masuk. Namun ada juga yang gratis karena tidak dipungut biaya sama sekali.

Ini beberapa tempat estetis di Jakarta yang bisa dikunjungi.

Kota Tua Jakarta

Setelah direvitalisasi, kawasan Kota Tua di Jakarta Barat semakin menarik perhatian masyarakat.

Setiap hari, terutama di akhir pekan, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk berfoto atau sekedar jalan-jalan. Ada banyak tempat di sana estetis. Banyak tempat bertema Kota Tua.

Tak heran jika tempat wisata ini menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain sejarahnya, tempat ini juga menawarkan banyak ruang foto yang dipasang di bangunan kolonial Belanda. Kawasan ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda.

Tak hanya di luar, tempat-tempat estetik juga bisa ditemukan di dalam gedung museum. Selain belajar ceritanya, pengunjung juga bisa menambah koleksi foto Instagrammable.

Akses ke ruang ini dijamin gratis. Hanya saja untuk menuju museum yang tersedia, Anda akan dikenakan biaya masuk.

Museum MoJa

Arena di Museum MoJaArena Museum Instagram/MoJa di Museum MoJa

Museum Jakarta atau disingkat MoJa Museum kini tengah digemari anak muda. Sejak dibuka pada tahun 2018 lalu, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Mayoritas pengunjung adalah anak muda yang ingin berfoto estetik. Di museum MoJa memang banyak spot foto instagramable yang menarik.

Meski namanya museum, kesan di dalamnya jauh dari sejarah. Lebih banyak kamar dengan latar belakang yang unik dan eksotis.

MoJA memungkinkan pengunjungnya untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang unik melalui foto dan video. Di sini terdapat banyak ruang pameran seni yang dipadukan dengan konsep kekinian yang penuh warna.

Lokasinya berada di kompleks stadion utama Gelora Bung Karno, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 1, Jakarta Pusat. Buka mulai pukul 11.00 hingga 19.30 WIB.

Untuk masuk ke sini, tiket dibandrol dengan harga Rp 115.000.

Ruang Seni Dia.Lo.Gue

Instalasi bersama ruang seni Dia.Lo.Gue di Kemang, Jakarta Selatan, diciptakan oleh tiga pencipta, yaitu pendiri dan desainer grafis LeBoYe Hermawan Tanzil, arsitek pendiri dan asosiasi Gregorius Supie Yolodi, dan fotografer dan pemilik studio The Leonardi Indra Leonardi.  .Pekerjaan Instalasi Bersama Kompas.com/Suhaiela Bahfein di Dia.Lo.Gue artspace di Kemang, Jakarta Selatan, diciptakan oleh tiga pencipta, yaitu pendiri dan desainer grafis LeBoYe Hermawan Tanzil, pendiri dan arsitek asosiasi Gregorius Supie Yolodi, dan fotografer dan pemilik Le Studio Leonardi Indra Leonardi Tempat ini sedang hits di kalangan anak muda. Letaknya di kawasan Kemang Selatan, selatan Jakarta.

Dia.Lo.Gue pertama kali dirancang oleh arsitek Andra Martin. Konsepnya adalah galeri seni yang dapat digunakan sebagai tempat pertemuan.

Pengunjung di sini kebanyakan anak muda. Memang banyak spot foto yang menarik, seperti background hiasan dinding kayu dan warna-warna cerah.

Belum lagi ada juga area foto dengan background tangga gantung, dan masih banyak lagi.

Di sini juga terdapat kafe yang bisa membuat pengunjung betah. Menunya menawarkan berbagai kopi serta menu masakan barat dan tradisional.

Tiket masuk ke Dia.Lo.Gue Art Space gratis alias gratis. Dia.Lo.Gue buka mulai pukul 11.00 hingga 20.00 WIB.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Seorang anak melompat dari kapal yang singgah di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, pada Sabtu (8/8/2020).  Aktivitas di Pelabuhan Sunda Kelapa berangsur normal seperti biasa meski di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Seorang anak melompat dari kapal yang sedang beristirahat di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, pada Sabtu (8/8/2020). Aktivitas di Pelabuhan Sunda Kelapa berangsur normal meski di tengah Pandemi Virus Corona (Covid-19).Untuk mendapatkan foto estetik dengan pemandangan alam, Pelabuhan Sunda Kelapa mungkin bisa menjadi pilihan.

Meski bukan tempat wisata, Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki banyak spot cantik, terutama saat fajar dan senja.

Dasar laut dengan perahu-perahu yang bersandar di dermaga menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Untuk masuk hanya dikenakan biaya sebesar Rp 2.500. Di sana Anda juga bisa melihat berbagai kegiatan mengenai kemaritiman.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata untuk Memperingati Hari Pahlawan 10 November

Riviera PIK2

Riviera PIK2Amantara La Riviera PIK 2

Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 memang selalu memiliki pesona tersendiri. Tempat ini sering dikunjungi oleh banyak pengunjung, terutama pada saat liburan.

Selain pantai, tempat wisata di PIK yang bisa dikunjungi adalah La Riviera. Ada banyak bangunan dengan nuansa Eropa. Tentu sangat estetis mengambil gambar.

Jika foto membawa pengunjung ke sana seolah-olah sedang berada di negara Eropa. Tanpa melupakan pemandangan sungai yang semakin memberikan aspek estetika.

Tidak ada tiket masuk ke La Riviera. Ada juga banyak toko kuliner dan produk UMKM.

Hutan Kota GBK

Fasilitas kolam trembesi di hutan kota GBK dibangun dilengkapi dengan air terjun mini dan bebatuan berukuran kecil dan sedang.  Foto diambil pada Rabu (2/1/2019). KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA Fasilitas kolam trembesi di hutan kota GBK dibangun dilengkapi dengan air terjun mini dan bebatuan berukuran kecil dan sedang. Foto diambil pada Rabu (2/1/2019).

Salah satu kawasan hijau terbuka di Jakarta yang memiliki tempat-tempat menarik dan estetis yaitu Hutan Kota dengan Plataran atau biasa dikenal dengan Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK).

Setelah direvitalisasi, pemandangan hutan Kota GBK sangat indah. Pengunjung bisa duduk menyaksikan deretan gedung bertingkat di Jakarta.

Situs seluas 4 hektar itu kini ditata seperti paru-paru kota. Selain taman berumput, tempat ini juga memiliki area kolam trembesi dengan konsep alas kayu.

Bagi yang kangen suasana stadion GBK, pengunjung juga bisa berolahraga di sini. Jangan khawatir, ada trek joging yang dirancang khusus untuk pelari.

Selain itu juga terdapat pos satpam, bangku taman, toilet dan ruang ganti yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Yang mau piknik juga boleh. Banyak pengunjung yang membawa tikar dan makanan sendiri. Namun Anda tetap harus menjaga kebersihan tentunya.

Tiket masuk dan jam buka Hutan Kota GBK dibuka hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 06:00 hingga 10:00 WIB dan 15:00 hingga 18:00 WIB. Masuk ke sini gratis alias gratis.

Perpustakaan TIM Jakarta

Perpustakaan Jakarta, TIMDermaga. KOMPAS.com/ANDIA Jakarta Library, TIM

Setelah direvitalisasi, Taman Ismail Marzuki (TIM) memiliki Perpustakaan Jakarta. Perpustakaan ini sangat besar, modern, dan tegas estetis mengambil foto.

Sejak dibuka pada 8 Juli 2022 lalu, Perpustakaan Jakarta di Cikini tak pernah sepi pengunjung. Banyak yang datang untuk mengambil buku, mengerjakan pekerjaan rumah, atau sekadar nongkrong dan berfoto di perpustakaan.

Menurut informasi yang diberikan akun Instagram resminya, perpustakaan Jakarta memiliki 38.000 judul buku dan terdiri dari kurang lebih 190.000 eksemplar.

Perpustakaan Jakarta buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 17:00 WIB. Namun untuk menuju ke sana, Anda tidak bisa langsung datang. Pengunjung harus Pemesanan online sebelum.

halte Bundaran HI

Pemandangan tugu selamat datang dan bundaran HI dari atas halte bus bundaran HIDermaga. Ngabila Salama Pemandangan tugu selamat datang dan bundaran HI dari atas halte bundaran HI

Halte Transjakarta Bundaran HI semakin diincar pengunjung setelah dibangun dan dibuka untuk umum.

Banyak pengunjung yang datang hanya untuk mengambil foto estetik di tugu patung selamat datang sebagai latar belakang.

Meski proyek revitalisasi halte Transjakarta Tosari-Bundaran HI belum sepenuhnya rampung, namun tempat ini menarik perhatian publik. Apalagi bagi orang yang ingin mengkoleksi foto dengan nuansa Jakarta.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button