Berita Wisata

8 tempat wisata sejarah di kota Medan yang menarik untuk dikunjungi

Tempat Wisata Sejarah Istana Maimun/Medan, Foto: berita.99.co

PARBOABOA, Medan – Saat merencanakan liburan, Anda tentu sudah membuat daftar tempat wisata yang akan dikunjungi bukan? Mulai dari tempat wisata yang sedang populer hingga tempat wisata sejarah di kota atau negara tersebut.

Tempat wisata saat ini benar-benar bermunculan bak jamur. Namun, situs sejarah tetap memiliki daya tarik kuat yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi!

Bagi anda yang ingin pergi ke Medan dan menjelajahi kota ini. Jangan lewatkan wisata sejarah kota Medan yang pastinya akan membuat liburan anda di kota ini semakin berkesan.

Ingin tahu referensi tempat wisata sejarah di Medan? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Istana Maimun

Terletak di Jalan Brigjen Katamso, Kota Medan, Istana Maimun merupakan salah satu situs peninggalan sejarah Kesultanan Deli yang dibangun pada tahun 1988.

Istana Maimun merupakan icon kota Medan dan menjadi tempat wisata favorit bagi warga Medan maupun luar kota Medan.

Istana Maimun buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB setiap hari dengan biaya masuk Rp 5.000 per orang. Wisatawan bisa masuk dan berkeliling untuk melihat interior dan eksterior Istana Maimun.

Melihat langsung desain bangunan dari interior dan eksteriornya, Anda juga bisa melihat peninggalan Kesultanan Deli mulai dari kursi raja, hingga benda-benda lainnya.

Ada beberapa barang seperti kursi raja untuk diduduki pengunjung. Tak hanya itu, di dalam Istana Maimun terdapat sebuah toko suvenir yang menyewakan pakaian khas melayu yang dikenakan pengunjung secara terpisah.

1. Masjid Agung Medan

Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun juga menjadi icon kota Medan yang sangat populer.

Masjid kebanggaan masyarakat Medan ini juga merupakan peninggalan Kesultanan Deli dan terletak di pusat kota Medan, Jalan Sisingamangaraja Medan.

Masjid Raya Medan dibangun oleh seorang arsitek Belanda pada tahun 1906 dan memiliki konsep arsitektur yang memadukan tiga negara. Sampai saat ini Masjid Raya Medan masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam.

Setiap harinya juga banyak wisatawan yang sengaja datang untuk melihat keindahan Masjid Raya Medan.

Jika ingin berkunjung ke Masjid Raya Medan, pengunjung diwajibkan menggunakan pakaian tertutup seperti memakai hijab atau kerudung bagi wanita dan tidak boleh menggunakan pakaian terbuka.

2. Rumah Tjong A Fie atau Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie adalah seorang saudagar kaya keturunan Tionghoa yang dikenal sebagai seorang dermawan di kota Medan.

Bagi yang ingin mengetahui kisah hidup Tjong A Fie bisa mengunjungi rumah Tjong A Fie yang berada di kawasan Jalan Kesawan Medan.

Rumah Tjong A Fie atau Tjong A Fie Mansion masih dipertahankan sampai sekarang karena dirawat secara turun-temurun oleh keluarga Tjong A Fie.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang, pengunjung bisa melihat seperti apa kehidupan para saudagar kaya raya di Medan tempo dulu.

Bagi yang ingin mengetahui kisah dan perjalanan hidup Tjong A Fie selengkapnya, ada juga Tjong A Fie Mansion memandu yang benar-benar bisa menjelaskan secara detail.

Rumah Tjong A Fie dibangun pada tahun 1900 dengan luas sekitar 6.000 meter persegi dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2009.

Tjong A Fie Mansion dibangun dengan gaya arsitektur khas Tionghoa dengan memadukan budaya Eropa dan Melayu.

3. Gedung London Sumatera

Tempat bersejarah di Medan selanjutnya adalah Gedung London Sumatera. Hingga kini bangunan yang merupakan peninggalan zaman kolonial ini masih kokoh berdiri.

Dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan perkebunan milik Harrisons & Crossfield Plc. Perusahaan membangunnya pada tahun 1906 dan memiliki gaya arsitektur transisi yang indah.

4. Kuil Shri Mariamman

Anda juga bisa membuktikan percampuran berbagai budaya dengan mengunjungi tempat bersejarah ini.

Shri Mariamman merupakan candi Hindu tertua di Medan yang dibangun pada tahun 1884 untuk memuja dewa Kali.

Tak hanya sebagai tempat ibadah, Anda juga bisa menjumpai arsitektur yang indah. Ada banyak sejarah yang tersimpan di gedung megah ini.

5. Maha Vihara Maitreya

Arsitektur bangunannya akan langsung menarik perhatian. Memiliki gaya oriental klasik dengan sentuhan oriental dan juga gaya modern yang cantik.

Termasuk Vihara terbesar di Medan yang wajib Anda kunjungi. Anda yang datang ke Maha Vihara Maitreya pun bisa mencari spot foto yang bagus instagrammable.

6. Graha Maria Annai Velangkanni

Saat melihat Graha Maria Annai Velangkanni, Sobat Pesona mungkin mengira bangunan ini adalah pura tempat umat Hindu beribadah.

Tapi ternyata Graha Maria Annai Velangkanni itu gereja lho. Ya, gedung ini menjadi saksi sejarah panjang umat Katolik India Tamil di Medan pada akhir abad ke-19.

Bangunan ini memiliki arsitektur yang unik dan sangat megah. Jika diabadikan dari kejauhan, gedung Graha Maria Annai Velangkanni akan terlihat sangat indah instagrammable. Pada malam hari, Graha Maria Annai Velangkanni dihias dengan lampu warna-warni instagenic untuk mengakhiri.

7. Gedung Bank Indonesia Medan

Bangunan bercat putih dengan arsitektur khas Eropa ini terletak di seberang Lapangan Merdeka. Gedung ini didirikan pada tahun 1906 dan dikelola oleh firma arsitektur Belanda yang berbasis di Batavia dengan arsitek Hulswit, Fermost and Cuypers.

Gedung ini mulai beroperasi pada tahun 1907 untuk dijadikan sebagai pusat bank Belanda bernama De Javasche Bank.

Saat itu, De Javasche Bank dikelola oleh L. Vonhemert. Pada tahun 2000, perbaikan besar dilakukan dengan memasang kembali kubah yang telah dilepas pada tahun 1956. Namun, Jam Belanda Besar asli yang ada di gedung tersebut hilang entah ke mana.

8. Kantor Pos Besar Medan

Kantor pos ini terletak di Jalan Balai Kota Medan berhadapan dengan Lapangan Medan Merdeka. Di sinilah kegiatan korespondensi mulai terjadi sejak dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda oleh seorang arsitek bernama Snuyf.

Sampai saat ini kantor Grande Poste ini masih berfungsi dengan baik meskipun gedung ini sudah beroperasi sejak tahun 1911.

Nah, itulah tempat-tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi di Medan. Bisa bermanfaat!

Tags: #kawasanwisata #medan #wisata #tempat wisata #wisata sejarah #sumatra utara

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button