Berita Wisata

8 Tempat Wisata Terbaik di Jambi

Pulau Sumatera memiliki segudang tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Jika Anda seorang wisatawancobalah berwisata ke daerah yang menawarkan wisata yang beragam, seperti Jambi misalnya.

Provinsi Jambi menawarkan wisata yang menarik dan menyenangkan. Mulai dari wisata alam hingga situs sejarah, semuanya ada di Jambi. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di jambi yang paling indah yang dapat Anda pilih untuk liburan Anda berikutnya.

1. Takhta Gentala

8 Tempat Wisata di Jambi Terindah, Pesonanya Membuat Anda TakjubJembatan Takhta Gentala (instagram.com/matiisuri)

Rekomendasi tempat wisata di Jambi pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Singgasana Gentala. Gentala Arasy adalah museum budaya yang memamerkan sejarah Islam di Jambi. Ratusan koleksi artefak sejarah dapat ditemukan di sini. Benda-benda ini diperoleh dari para ulama yang memberikannya secara sukarela.

Dari sini Anda bisa melihat Gentala Throne Bridge yang megah. Jembatan itu dibangun melingkar dengan beberapa monumen yang mengesankan. Di malam hari, Anda bisa melihat jembatan berubah warna-warni.

Lokasi: Melayu Arab Hamba Jambi

Jam operasional: setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB

Harga: Rp5.000

2. Air Terjun Sigering

8 Tempat Wisata di Jambi Terindah, Pesonanya Membuat Anda TakjubAir Terjun Sigerincing (instagram.com/mymyarmy)

Jika rindu dengan suasana asri dan sejuk, pergilah ke salah satu air terjun terbaik di Jambi bernama Air Terjun Sigerincing. Aliran airnya memang kencang, tapi suaranya begitu menyejukkan. Lokasinya juga dikelilingi pepohonan dengan tebing yang dipenuhi rerumputan.

Anda bisa mandi, berenang atau sekedar bermain air di sini. Air Terjun Sigerincing merupakan salah satu wisata alam yang ada secara alami lho.

Lokasi: Lembah Masuari, Kabupaten Merangin, Jambi

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp 10.000

3. Gunung Kerinci

8 Tempat Wisata di Jambi Terindah, Pesonanya Membuat Anda TakjubGunung Kerinci (instagram.com/joan_girsang)

Rekomendasi tempat wisata di Jambi berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Kerinci. Mendaki Gunung Kerinci merupakan kegiatan seru yang wajib dicoba. Gunung berapi yang terkenal dengan puncaknya yang megah ini selalu ramai dikunjungi, terutama di akhir pekan. Meski lelah, pemandangan gunung dan udara segar akan terbayar untuk perjuanganmu.

Jangan lupa lakukan serangan puncak, Ya. Aktivitas mendaki jalan setapak ke puncak akan membuat Anda tercengang. Matahari terbititu membuat merinding!

Lokasi: Perbatasan Provinsi Jambi dengan Sumatera Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp5.000-20.000

4. Tujuh danau gunung

8 Tempat Wisata di Jambi Terindah, Pesonanya Membuat Anda TakjubDanau Tujuh Gunung (instagram.com/syafrizaldi)

Jika Anda pernah mendaki Gunung Kerinci, pastikan untuk berhenti di Danau Gunung Tujuh. Danau ini merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara lho. Ketinggiannya mencapai 1.950 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Anda dapat menjelajahi danau dengan menyewa perahu dari penduduk setempat. Kalau mau lebih puas, habiskan malam dengan mendirikan tenda bersama teman-teman. Dijamin sangat menyenangkan!

Lokasi: Pesisir Bukit, Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi

Jam operasional: setiap hari mulai pukul 07:30 hingga 17:00 WIB

Harga: Gratis

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

5. Danau Biru

8 Tempat Wisata di Jambi Terindah, Pesonanya Membuat Anda TakjubTelaga Biru (instagram.com/aini_zainudinn)

Rekomendasi tempat wisata di Jambi berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Telaga Biru. Dari namanya, danau ini memang memiliki air yang jernih. Meski kecil, suasana di sini benar-benar magis, seperti negeri dongeng. Telaga Biru dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, sehingga udaranya segar dan suasananya menyenangkan.

Lokasi: Tanjung Alam, Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Jambi

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp 10.000

Baca juga : [QUIZ] Anggota BTS Idola Anda Menentukan Tur Yogyakarta Favorit Anda!

6. Candi Muaro Jambi

8 Tempat Wisata di Jambi Terindah, Pesonanya Membuat Anda TakjubCandi Muaro Jambi (instagram.com/donarizkisyah)

Jambi juga memiliki situs sejarah berupa candi yang megah. Namanya Candi Muaro Jambi. Dikenal sebagai yang utama, candi ini bersebelahan dengan Candi Tinggi yang masih dalam satu kompleks yang sama.

Candi Muaro Jambi terkenal karena merupakan candi Hindu-Budha terbesar di Asia Tenggara. Luasnya mencapai 3.981 hektar, lho. Anda bisa mengelilingi kompleks candi ini dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda.

Lokasi: Desa Muara Jambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi

Jam operasional: setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB

Harga: Rp 10.000

7. Telaga Biru Muara Tembesi

8 Tempat Wisata di Jambi Terindah, Pesonanya Membuat Anda TakjubTelaga Biru (instagram.com/ilhamattewakang)

Kunjungan lainnya berupa sebuah danau cantik di Jambi yaitu Telaga Biru Muara Tembesi. Danau unik ini terbentuk akibat aktivitas menggali tanah untuk menghasilkan batu bata. Seperti namanya, air di danau ini berwarna biru dengan sedikit kehijauan.

Tidak terlalu dalam, Anda bisa berenang atau berendam di sini. Datanglah saat masih pagi agar tidak terlalu banyak turis. Jangan lupa bawa baju ganti ya.

Lokasi: Desa Kebun Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Gratis

8. Air Terjun Telun Berasap

8 Tempat Wisata di Jambi Terindah, Pesonanya Membuat Anda TakjubAir Terjun Telun Berasap (instagram.com/kiddrock85)

Dengan ketinggian hampir 50 meter, air terjun Telun Berasap terlihat sangat menawan. Air terjun ini merupakan salah satu yang paling populer di Jambi.

Aliran air yang tinggi menyebabkan air yang jatuh ke tanah menghasilkan percikan air seperti kabut halus. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, sebaiknya datang pada pagi hari untuk menikmati suasana yang paling menyenangkan. Udaranya sangat segar!

Lokasi: Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi

Jam operasional: setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB

Harga: Rp 10.000

Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Jambi yang bisa Anda masuki Daftar Keinginan liburan Anda. Ada banyak tempat wisata alam yang indah untuk dijelajahi. Berapa banyak tujuan yang paling menarik perhatian Anda? Cek juga berbagai informasi tempat wisata menarik lainnya hanya di Jam IDN Ya.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Batang 2021, Banyak Alam Hijau Indah

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button