Tempat Wisata

9 Daftar Wisata Tawangmangu Karanganyar Terbaru 2023

Dowes29.com – Karanganyar adalah sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kawasan yang terletak di Gunung Lawu ini memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Kabupaten ini juga memiliki potensi penunjang industri, pertanian dan pariwisata, sehingga tidak heran jika Karanganyar menjadi salah satu kawasan wisata alam terindah di Jawa Tengah.

Bagi Anda yang berencana untuk pergi berlibur atau masih bingung tempat wisata mana yang akan dikunjungi bersama keluarga? Tak perlu khawatir atau bingung, berikut beberapa tempat wisata terbaru dan terpopuler di kawasan Tawangmangu Karanganyar.

Daftar Wisata Karanganyar Terbaru :

1. Taman Air Agrowisata Telaga Kusuma

wisata hits di tawangmangu terbaru, wisata keluarga di tawangmangu, daftar wisata di karanganyar 2023
Taman Air Telaga Kusuma Agrowisata

Salah satu destinasi wisata yang masih hot alias masih sangat baru ini diresmikan pada 18 November 2022 bertepatan dengan peringatan 105 tahun pemerintahan Karanganyar. Agrowisata Telaga Kusuma dibangun di atas lahan kas desa seluas 1,4 hektar, dimana pengunjung disuguhi taman-taman indah dengan aneka bunga dan udara sejuk khas Gunung Lawu.

Lalu ada kafe dan restoran, serta paviliun di berbagai tempat. Selain itu, akan dibangun empat kolam renang untuk anak-anak dan dewasa lengkap dengan perosotan. Asyiknya lagi, pengunjung bisa berswafoto cantik dengan latar belakang Gunung Lawu dan bunga-bunga cantik yang tentunya sangat Instagrammable. Agrowisata Telaga Kusuma terletak di wilayah desa Tunggulrejo, Kec. Jumantono, Kabupaten Karanganyar

2. Bukit Sekipan

wisata hits di tawangmangu terbaru, wisata keluarga di tawangmangu, daftar wisata di karanganyar 2023
Bukit Sekipan

Wisata ini cocok untuk keluarga dan anak muda. Selain spot foto yang keren, tempat wisata di Perbukitan Tawangmangu Karanganyar ini menawarkan berbagai macam permainan atau wahana. Mulai dari wahana yang cocok untuk anak-anak. Untuk wahana yang bisa dimainkan oleh orang dewasa. Oleh karena itu, tempat ini juga cocok untuk anak-anak dan keluarga. Dunia Miniatur di Bukit Sekipan merupakan salah satu tempat yang paling diminati pengunjung.

Selain beberapa miniatur dunia, ada juga miniatur Titanic, jembatan ayun, tempat hantu, spot foto rumah adat dan masih banyak hal seru lainnya. Bukit Sekipan terletak di kawasan Jl. Sekipan, Kramat, Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar,

3. Taman Tenggir

wisata hits di tawangmangu terbaru, wisata keluarga di tawangmangu, daftar wisata di karanganyar 2023
Taman Tenggir

Perpaduan alam dan keindahan noda artifisial menciptakan karya yang tak ternilai harganya. Kawasan wisata Karanganyar di kaki Gunung Lawu menawarkan pemandangan yang indah. Alamnya yang masih asri hijau dan sejuknya udara menjadi daya tarik tersendiri.

Pengelola juga sudah menyiapkan tempat-tempat indah yang siap dijelajahi. Ada taman, hutan pinus, rumah honai, game drive dan masih banyak lagi. Taman Tenggir terletak di kawasan Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

4. Taman Ajaib Tawangmangu

wisata hits di tawangmangu terbaru, wisata keluarga di tawangmangu, daftar wisata di karanganyar 2023
Taman Ajaib Tawangmangu

Tawangmangu Wonder Park merupakan destinasi liburan keluarga. Wisata yang satu ini juga menawarkan berbagai aktivitas seru dan menantang. Beberapa di antaranya adalah berkemah, outbond, menunggang kuda, ATV, dan petualangan jip. Selain itu, berbagai jenis akomodasi tersedia. Jenis penginapan yang tersedia antara lain villa, glamping dan camping.

Selama berlibur, wisatawan disuguhkan panorama indah Gunung Lawu di sisi timur. Di sisi barat, wisatawan bisa melihat keindahan kota Solo dari jauh. Tawangmangu Wonder Park terletak di kawasan desa Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga : Daftar Wisata Magetan Terbaru

5. Bukit Sakura

wisata hits di tawangmangu terbaru, wisata keluarga di tawangmangu, daftar wisata di karanganyar 2023
Bukit Sakura

Merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang menampilkan keindahan bunga sakura. Tak hanya itu, di kawasan wisata ini pengunjung bisa melihat Gunung Lawu. Ada beragam bangunan unik yang sengaja dibuat sebagai wahana fotografi. Ini termasuk Gerbang Kastil Takeshi, Lengkungan Merah, Taman Samurai dan banyak lagi.

Jika ingin berkendara ke atas dan mengitari bukit, pengunjung bisa menyewa jeep untuk 4 sampai 5 orang. Selain itu, di puncak bukit juga terdapat fasilitas Supercamp yang terdiri dari penginapan dan outbond. Sakura Hills terletak di kawasan Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

6. Taman Wisata Baru Balekambang Tawangmangu

wisata hits di tawangmangu terbaru, wisata keluarga di tawangmangu, daftar wisata di karanganyar 2023
Taman Wisata Baru Balekambang

Penyajian objek wisata berupa landmark dunia, cocok sebagai background foto. Berada di sini terasa seperti mengalami seluruh dunia di satu tempat. Saat memasuki objek wisata, pengunjung melihat patung dinosaurus raksasa. Ada juga patung naga dan juga sandal raksasa. Di Waterboom, anak-anak tidak hanya bisa berfoto, tapi juga menikmati serunya bermain air.

Ada kolam dangkal yang penuh dengan permainan. Ini termasuk slide dan air mancur. Air di kolam cukup dingin mengingat taman ini berada di kaki gunung. Balekambang Baru memiliki beberapa wahana downhill yang asyik. Pengunjung dapat merasakan adrenalin di Flying Fox, jalur tali tinggi, ATV atau paintball. Taman Wisata Balekambang Baru terletak di Jl. Balaikambang, Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

7. Groyogan Sevu

wisata hits di tawangmangu terbaru, wisata keluarga di tawangmangu, daftar wisata di karanganyar 2023
Grojogan Sevu

Ini adalah salah satu air terjun di Karanganyar yang tidak boleh anda lewatkan karena letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu inilah yang membuat kawasan ini begitu sejuk. Hutan yang mengelilingi kawasan ini membuat pemandangan begitu indah. Suasana seperti ini tentu mendukung relaksasi dari kehidupan sehari-hari. Dalam bahasa Jawa, grojogan artinya air terjun sedangkan sewu artinya seribu.

Disebut Grojongan Sewu karena banyak air yang jatuh sehingga tidak bisa dihitung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan terlihat mempesona dari bawah. Meski musim kemarau tiba, air terjun ini tetap mengalir. Untuk menuju air terjun ini, pengunjung harus menaiki 1250 anak tangga. Grojogan Sewu terletak di wilayah desa Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar,

8. Taman Lawu

wisata hits di tawangmangu terbaru, wisata keluarga di tawangmangu, daftar wisata di karanganyar 2023
Taman Lawu

Wisata yang satu ini menyajikan perpaduan antara wisata alam dan wisata kuliner. Tempat wisata ini berada di lereng Gunung Lawu dengan konsep resort hutan. Sangat cocok sebagai destinasi liburan ramah anak untuk keluarga. Taman Lawu merupakan tempat rekreasi keluarga yang menawarkan berbagai wahana seru.

Konsepnya sendiri mengusung tema outdoor, berlatar di tengah hutan pinus. Secara keseluruhan, kawasan ini dipenuhi perbukitan hijau yang asri. Taman Lawu terletak di kawasan desa Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

9. Air Terjun Jumog

wisata hits di tawangmangu terbaru, wisata keluarga di tawangmangu, daftar wisata di karanganyar 2023
Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di sini wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun yang dikelilingi perbukitan dengan pepohonan yang asri. Selain itu, terdapat pula arena permainan dan kolam renang anak, restoran, dan panggung hiburan.

Obyek wisata alam di lereng Gunung Lawu ini dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Lokasinya strategis karena hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Karanganyar. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun tetap memancarkan keindahan wisata alam yang unik. Air Terjun Jumog terletak di kawasan Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

Mungkin cukup membahas tentang daftar wisata Karanganyar di Jawa Tengah di sini. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai pusat informasi dan referensi Anda untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat. Semoga liburan anda semakin menyenangkan dan tak terlupakan. Cukup sekian dan terima kasih.
Menikmati..! Selamat berlibur.!!!

Source: www.dowes29.com

Related Articles

Back to top button