Berita Wisata

9 juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan di Jawa Tengah selama Nataru 2022

semarang

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng memprediksi ada 8-9 juta orang berwisata di Jateng saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Pesta Nataru ini bertepatan dengan libur sekolah.

“Sekitar 8-9 juta (masuk Jateng), kita perkirakan dalam dua minggu ke depan karena anak-anak sudah mulai liburan,” kata Plt Kepala Disporapar Jateng Purwanto saat dihubungi. detikJatengSelasa (20/12/2022).

Menurut Purwanto, periode puncak berwisata di Jawa Tengah akan terjadi pada 29 hingga 31 Desember.

“Tanggal 29, 30, 31, dan 24 (Desember) juga malam Minggu. Saya kira mereka akan mulai berbondong-bondong juga,” ujarnya.

Purwanto mengatakan ramainya kunjungan wisata pada akhir tahun ini diperkirakan terjadi di objek wisata alam pegunungan dan pantai.

“Wilayah Tawangmangu, Baturraden Banyumas, Guci (Tegal), lalu Dieng. Kemudian pantai selatan seperti Menganti, wilayah Purworejo, juga pantai utara,” ujarnya.

“Kota Lama Semarang juga jadi primadona, begitu juga dengan kawasan Bandungan, Gedongsongo. Pasti orang Semarang ada di sini kan? Dusun Semilir, Umbul Sidomukti juga harus membengkak,” tambah Purwanto.

Untuk menyambut wisatawan, Disporapar Jateng berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan pelaku lintas sektor. Koordinasi adalah soal manajemen arus lalu lintas, keamanan pariwisata, dan mitigasi bencana.

“Pertama harus memperhatikan mitigasi bencana, sekarang ini musim hujan. Kedua, cek perlengkapan di objek, jadi perlengkapan harus siap. Kemudian protokol kesehatan akan selalu menjadi prioritas, lalu juga skenario jika ada kelebihan kapasitas sehingga ada pembukaan dan penutupan.” seperti ini,” kata Purwanto.

“Jawa Tengah siap dikunjungi. Obyek wisata sudah menerapkan protokol kesehatan, kami minta pengunjung disiplin. Kalau misalnya harus buka tutup, mohon maklum, mohon bersabar,” tutupnya.

Simak video “Cerita Warga Terdampak Banjir Bandang Semarang, Properti Laku”
[Gambas:Video 20detik]
(di/rih)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button