Tempat Wisata

9 Pantai Hits & Instagramable di Cilegon yang Wajib Kamu Kunjungi

9 Pantai Hits & Instagramable di Cilegon yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai di Cilegon – Kota Cilegon juga dikenal sebagai Kota Baja karena merupakan kota penghasil baja terbesar di Indonesia. Selain itu, kota ini juga dikenal sebagai kota industri karena banyaknya pabrik industri di kawasan ini.

Kota Cilegon merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten atau terletak di ujung barat pulau Jawa dan tepat berada di tepi Selat Sunda. Mengingat lokasinya, tak heran jika Kota Cilegon dikelilingi oleh pantai-pantai indah yang mendongkrak industri pariwisatanya.

Ada cukup banyak pantai di Cilegon, Banten yang menjadi tujuan wisata dunia. Meski destinasi wisata kota ini tidak hanya sebatas pantai, kali ini kita akan berkutat lebih jelas pada jajaran pantai eksotik yang ada di kota ini.

Pantai yang menyuguhkan keindahan menjamin setiap orang akan betah berlama-lama dan selalu rindu untuk mengunjunginya.

Bagi yang sedang mencari informasi tentang beberapa pantai Cilegon untuk dikunjungi saat liburan, bisa langsung saja menyimak ulasan kami sampai akhir. Karena pada artikel ini kami memberikan Anda serangkaian informasi yang Anda butuhkan.

Daftar pantai di Cilegon untuk tempat liburan

Meski dikenal sebagai kota industri yang banyak terdapat pabrik-pabrik besar di kota ini, namun jangan khawatir karena kota ini juga memiliki sejuta pesona, terutama berkaitan dengan pantainya. Penasaran, berikut daftar pantai di Cilegon yang bisa dijadikan tempat liburan diantaranya:

1. Pulau Merak Besar

Pulau Merak BesarPulau Merak Besar

Daftar pantai di Cilegon yang pertama adalah Wisata Pantai Merak Besar yang lokasi tepatnya berada di Tamansari, Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Pulau ini memiliki luas kurang lebih 40 hektar dan merupakan pulau hutan lindung yang berfungsi sebagai tempat singgah pelabuhan penyeberangan dan terminal terpadu Merak.

Padahal, Pulau Merak Besar letaknya cukup strategis sehingga menjadi tempat yang tepat untuk melindungi aset pemerintah pusat dan daerah.

Potensi alam pulau ini memang sangat besar, tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke sini untuk menghabiskan waktu liburannya.

Keindahan hutan lindung yang hijau dikelilingi laut biru jernih menyegarkan tubuh dan pikiran serta membuat mereka lebih bersemangat.

Di bagian barat pulau terbentang pasir putih yang begitu bersih dan lembut sehingga sering dijadikan tempat berjemur. Menikmati hembusan angin dan deburan ombak alam yang ritmis membuat setiap orang ragu untuk bergerak.

Lokasi : Tamansari, Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

2. Pantai Kelapa Tujuh

Pantai tujuh kelapaPantai tujuh kelapa

Pantai Kelapa Tujuh juga masuk dalam daftar pantai di Cilegon yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini terletak di Pantai Kelapa Tujuh, Desa Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Cilegon, Banten, atau tepatnya di sebelah utara Pelabuhan Merak yang menghubungkan pulau Sumatera dan Jawa.

Pantai ini memberikan nuansa yang berbeda, sehingga banyak wisatawan yang terpesona dengan kealamian pantai ini.

Salah satu tujuan yang paling dinantikan saat berkunjung adalah berenang sepuasnya bersama seluruh anggota keluarga karena ombaknya yang cukup tenang menjadikannya tempat yang aman untuk berenang.

Keunikan lain dari pantai ini adalah pemandangan yang tidak biasa dimana lalu lalang kapal besar menjadi pemandangan yang paling ditunggu.

Lokasi : Pantai Kelapa Ketujuh, Desa Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Cilegon, Banten.

3. Pulau Merak Kecil

Pulau Merak KecilPulau Merak Kecil

Jika kita berbicara tentang Pulau Merak Besar sebelumnya, maka hanya Pulau Merak Kecil yang memiliki pesona alam yang luar biasa.

Meski berukuran cukup kecil, namun memiliki keindahan yang serasi dengan kawasan yang memiliki perpaduan karang-karang cantik.

Pulau ini sendiri terletak di sebelah barat daya pulau Merak Besar, atau di kawasan Merak Kecil, desa Mekarsari, kecamatan Pulomerak, kota Cilegon, Banten.

Tahukah Anda bahwa Pulau Merak Kecil memiliki fungsi vital sebagai penahan gelombang laut yang masuk ke Pelabuhan Merak?

Dengan demikian, kondisi pelayaran di pelabuhan Merak akan lebih lancar dan aman. Mengingat peran mereka yang sangat penting, kami pun bangga dan berkomitmen untuk berkontribusi dalam pelestarian pulau ini.

Lokasi : Merak Kecil, Desa Meraksari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

4. Pantai Anyer, Cilegon

Pantai Anyer, CilegonPantai Anyer, Cilegon

Pantai Anyer Cilegon terletak di Jalan Raya Anyer, Kecamatan Sindanglaya, Kabupaten Cilegon, Banten. Siapa yang tidak kenal dengan nama Pantai Anyer di Indonesia?

Pantai ini merupakan salah satu tujuan liburan di dalam dan luar negeri. Pesonanya menjadi magnet yang tak terbendung. Tak heran jika pantai ini selalu ramai pengunjung.

Administrasi juga dilakukan secara profesional. Dengan menampilkan sederet resort mewah yang biasa dijadikan tempat menginap pengunjung.

Selain itu, ada juga restoran mewah yang menyajikan menu spesial. Berbagai fasilitas pendukung juga sengaja dibangun demi kenyamanan para pengunjung.

Selain menikmati pesona alam Pantai Anyer yang sangat populer, ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan, mulai dari snorkeling, banana boat, jet ski, bermain pasir hingga berenang santai sambil menikmati kesegaran menikmati air laut.

Lokasi : Jalan Raya Anyer, Sindanlaya, Cilegon, Banten.

5. Pantai Pulorida

Pantai PuloridaPantai Pulorida

Daftar pantai di Cilegon Banten berikutnya adalah Wisata Pantai Pulorida yang berlokasi di Jalan Raya Pelabuhan, Desa Merak, Kecamatan Tamansari, Cilegon, Banten.

Taman ini masih berada di kawasan Taman Sari Cilegon. Namun sayangnya pantai ini sudah tidak beroperasi lagi karena dimiliki oleh perusahaan swasta. Meski begitu, jumlah pengunjung yang datang selalu ramai.

Anda ingin bersantai di tepi laut dalam suasana damai seperti pantai ini. Keadaan yang sudah tidak berfungsi masih menyisakan keindahan dan berbagai fasilitas penunjang yang masih membuat serasa berada di pesisir pantai.

Tempat ini juga sering menjadi tujuan para pecinta foto karena memiliki spot foto yang instagenic yang tidak dimiliki pantai lain.

Bahkan seringkali juga lokasi tersebut menjadi tempat beberapa calon pengantin mengambil foto prewedding. Beberapa penjual makanan juga masih terlihat menjajakan dagangannya.

Lokasi : Harbour Road, Desa Merak, Kecamatan Tamansari, Cilegon, Banten.

6. Tikungan Pantai Merak

Lekukan pantai Merak via KompasTikungan Pantai Merak via Kompas

Kelokan Pantai Merak adalah tempat paling strategis untuk bersantai dan melihat kapal feri berlalu lalang. Pantai ini juga sering menjadi tujuan para pecinta sunset.

Anda akan siap datang dari jauh untuk menikmati betapa indahnya langit jingga keemasan tepat di atas laut lepas. Bahkan, banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk hunting foto.

Merak Beach Bend terletak di kawasan Merak Harbour Road No. 4, Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Yang unik adalah bebas atau bebas untuk menikmati segala keindahan yang disajikan. Hanya saja nanti ada segerombolan anak muda yang menjaga tempat parkir, jadi mereka hanya meminta biaya parkir yang paling murah.

Lokasi : Jalan Pelabuhan Merak, No. 4 Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

7. Pantai Mabak, Cilegon

Pantai Mabak CilegonPantai Mabak Cilegon

Pantai lain di Cilegon yang direkomendasikan untuk pecinta travelling adalah Wisata Pantai Mabak Cilegon yang terletak di Laut Jawa, Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Pantai ini menjadi alternatif liburan budget yang menawarkan berbagai pengalaman berlibur. Pantai Mabak memiliki pasir pantai putih yang mempesona dengan laut biru yang sangat jernih.

Pengunjung yang datang biasanya akan bermain air sepuasnya. apalagi kondisi alam bawah lautnya juga sangat terjaga. Oleh karena itu, pengunjung sangat disarankan untuk melakukan aktivitas snorkeling.

Jelajahi keindahan alam bawah laut lebih dekat dan lebih nyata. Pengunjung ditemani sekawanan ikan kecil yang berenang bolak-balik.

Namun sayangnya tidak ada penginapan di sekitar pantai. Bagi pengunjung yang ingin bermalam bisa mencoba mencari rumah penduduk setempat yang biasanya disiapkan untuk pengunjung yang ingin merasakan kemeriahan di tempat ini lebih lama.

Lokasi : Laut Jawa, Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

8. Pantai Tanjung Peni

Pantai Tanjung Peni melalui YoutubePantai Tanjung Peni melalui Youtube

Saat anda berkunjung ke kota Cilegon, Banten, jangan lupa untuk mengunjungi Wisata Pantai Tanjung Poni yang terletak di kawasan Pantai Tj. Peni, Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten.

Pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi terutama saat musim liburan. Kondisinya yang indah membuat semua orang ragu untuk pulang.

Salah satu momen yang paling ditunggu saat liburan di pantai Tanjung Poni adalah senja saat melihat betapa romantisnya langit jingga keemasan memantulkan cahayanya ke laut, membuat air laut seolah ikut berubah warna.

Pemandangan matahari terbenam di tempat ini sangat istimewa, sehingga setiap orang akan selalu merindukan berkunjung, terutama para muda-mudi yang sedang memadu kasih.

Untuk fasilitas yang tersedia cukup lengkap mulai dari tempat parkir, mushola, tempat cuci piring, warung makan dan lain sebagainya. Pengelola juga menyediakan lokasi persewaan pelampung, perlengkapan snorkeling, perlengkapan surfing dan lain sebagainya.

Lokasi: Jalan Pantai Tj Peni, Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten.

9. Pantai Tanjung Sari

Pantai Tanjung Sari melalui YoutubePantai Tanjung Sari melalui Youtube

Destinasi pantai di Cilegon terakhir yang akan kita kunjungi adalah wisata pantai Tanjung Sari yang terletak di kawasan Jalan Pantai Tj. Peni, Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten.

Pantai ini memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya. Sejauh mata memandang kita melihat laut biru yang sangat jernih. Di sana Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru mulai dari berenang, surfing, snorkeling, jet ski hingga bermain banana boat.

Kita juga bisa mengajak seluruh keluarga karena ombaknya sangat bersahabat. Meski demikian, kita tentu wajib memastikan keselamatan seluruh anggota keluarga.

Selain laut, kawasan ini juga menawarkan garis pantai yang berhiaskan pasir putih bersih dan halus. Pengunjung bisa mencoba berjemur di pantai pasir putih, seperti yang sering dilakukan bule atau turis mancanegara.

Lokasi : Jalan PantaiTj. Peni, Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Banten.

***

Wisata kami di Kota Cilegon menikmati keindahan pantai menawarkan pengalaman liburan yang berbeda. Selain itu, kita juga diajak menikmati sajian kuliner lezat yang menggugah selera. Semoga informasi tentang deretan pantai Cilegon ini bermanfaat. Terima kasih banyak.

Kunjungi juga: 45 Tempat Wisata di Pandeglang Banten

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button