Berita Wisata

9 Pantai Lamongan yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan | BANGSAONLINE.com – Berita terbaru


9 Pantai Lamongan yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Pantai Lorena merupakan salah satu pantai di Lamongan yang menawarkan pesona keindahan alam laut.(Foto: lamongantourism.com)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Kabupaten Lamongan merupakan salah satu daerah yang terletak di pesisir utara Jawa Timur. Sebagian besar wilayah pesisir berbukit.

Kabupaten ini memiliki garis pantai sepanjang 47 kilometer, sehingga kawasan ini memiliki perairan laut seluas 902,4 kilometer persegi.

Hal ini membuat kota yang terkenal dengan masakan sotonya yang khas ini memanfaatkan pantainya yang luas menjadi potensi wisata yang menawarkan pesona alam untuk menarik banyak wisatawan.

Lamongan memang merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata termasuk wisata bahari.

Berikut 9 pantai di Lamongan yang wajib anda kunjungi saat berlibur.

1. Pantai Joko Mursodo

Berada di kawasan Pantura atau di pesisir utara, kabupaten ini juga menawarkan sejumlah wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya pantai Joko Mursodo.

Pantai Joko Mursodo sendiri terletak di Desa Lohgung, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Hamparan pasir putih, air laut yang bersih dan jernih serta ombak tenang yang dikelilingi hutan bakau yang rimbun membuat pantai Joko Mursodo masih asri dan alami.

Keberadaan pohon bakau di kawasan pantai Joko Mursodo juga cukup unik.

Meski tumbuh tidak beraturan, namun pepohonan bakau berjajar indah sehingga sangat cocok dijadikan spot foto yang Instagramable.

2. Pantai Putri Klayar

Jika Anda sedang berada di Lamongan dan sedang mencari pantai untuk mengisi aktivitas liburan panjang Anda, tidak ada salahnya mampir ke pantai Putri Klayar.

Berada di Dusun Klayar, Desa Sidokelar, Kecamatan Paciran, Lamongan, destinasi wisata ini merupakan surga tersembunyi yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pemandangan alam pesisir pantai Putri Klayar memang tidak kalah indahnya. Adanya rerimbunan mangrove yang menghiasi pantai ini memberikan kesan teduh. Apalagi air lautnya yang jernih dan bersih menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

3. Pantai Pengkolan Kandang Semangkon

Destinasi wisata unik ini berada di pesisir utara kabupaten yang tidak jauh dari Wisata Bahari Lamongan (WBL),

Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan menyusuri bebatuan mati saat air laut surut.

Berbeda dengan pantai Lamongan pada umumnya, Pantai Pengkolan Kandang Semangkon tidak berpasir, melainkan dipenuhi bebatuan yang hancur dan karang mati. Bahkan ada yang berbentuk seperti pulau mini yang di dalamnya terdapat gazebo untuk wisatawan beristirahat.

Untuk menikmati keindahan Pantai Pengkolan, wisatawan harus melalui jalur kecil menuju pelabuhan pendaratan ikan Desa Kandang Semangkon yang lebarnya sekitar 3-4 meter.

4. Pantai Lorena

Nama pantai ini berasal dari nama desa dan letak pantainya yang merupakan singkatan dari bahasa jawa “LORE NAnjan” yang artinya sebelah utara desa Penanjan.

Letak pantai yang strategis membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan. Daya tarik yang membuat wisatawan berkunjung ke tempat ini adalah untuk menikmati sunset atau sekedar bersantai sambil menikmati panorama pantai.

5. Pantai Maladewa

Tempat wisata Maldives Beach ini terletak di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Pantai yang berada di pesisir Pulau Jawa ini dekat dengan Pantai Tanjung Kodok atau Wisata Bahari Lamongan, Pantai Kutang dan Pantai Delegan Gresik.

Di kawasan pesisir terdapat sejumlah pondok bambu yang beratap daun kering. Ada juga beberapa gubuk yang dibangun di atas laut seakan menambah keindahan pemandangan pantai Maldives.

Temukan semua berita…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button