Berita Wisata

9 Wisata Edukasi di Jakarta yang Menarik untuk Dikunjungi Bersama Anak, Bikin Betah

Merdeka.com – Perjalanan adalah kebutuhan penting bagi orang dewasa dan anak-anak. Ada banyak pilihan wisata yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, wisata wahana hiburan, dan wisata edukasi.

Wisata edukasi cocok untuk liburan keluarga, terutama dengan anak-anak. Walaupun namanya wisata edukasi, jangan khawatir karena edukasi yang dimaksud selalu mengutamakan hiburan yang tidak membuat Anda bosan.

taboola tengah artikel

Jika Anda tinggal di Jakarta, ada banyak wisata edukasi di Jakarta yang bisa menjadi pilihan. Merdeka.com berikut merangkum rekomendasi wisata edukasi di Jakarta yang layak dikunjungi bersama anak-anak:

2 dari 3 halaman

Dunia Laut Ancol

berlibur di seaworld ancol

©2021 Merdeka.com/Iqbal Septian Nugroho

Tempat wisata edukasi di Jakarta yang menarik untuk anak-anak maupun dewasa adalah Seaworld Ancol. SeaWorld Ancol alias Sea World Jakarta adalah akuarium laut yang menarik bagi semua jenis wisatawan, baik yang bepergian bersama keluarga maupun pasangan.

Akuarium laut ini bertujuan untuk memberi wisatawan perpaduan sempurna antara konservasi, pendidikan, dan hiburan.

SeaWorld adalah rumah bagi akuarium terbesar di Asia Tenggara yang disebut Main Tank. Selain tangki utama, Anda juga bisa melihat berbagai tangki kecil yang berfungsi sebagai tempat berlindung bagi banyak hewan laut termasuk kepiting, ubur-ubur dan masih banyak lagi, serta tangki ikan hiu.

Kebun Binatang Ragunan

ragu

©AFP PHOTO/ROMEO GACAD

Wisata edukasi di Jakarta selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Kebun Binatang Ragunan. Bagi pecinta satwa liar dan alam, Kebun Binatang Ragunan adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Tersebar di area seluas 185 hektar dan menampung lebih dari 3.600 spesies, pengunjung tidak akan bosan menjelajahi seluruh taman.

Beberapa satwa liar yang bisa Anda lihat di sini antara lain orangutan dan komodo. Kebun binatang ini juga merupakan rumah bagi hewan dari seluruh dunia, serta bunga dan tumbuhan asli yang pasti membuat Anda kagum dengan keindahannya.

Taman Mini Indonesia Indah

suasana indahnya taman mini indonesia di hari kedua pembukaan

©2020 Liputan6.com/Emmanuel Antonius

Wisata edukasi di Jakarta selanjutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) merupakan tempat rekreasi berbasis budaya yang berlokasi di Jakarta Timur.

Taman ini adalah sinopsis budaya Indonesia, dengan hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari di seluruh provinsi Indonesia dikelompokkan bersama dalam paviliun terpisah dengan koleksi rumah tradisional sebagai contoh arsitektur, pakaian, tarian, dan tradisi vernakular Indonesia.

Selain itu, di tengahnya terdapat danau dengan miniatur nusantara, kereta gantung, museum, bioskop Imax Keong Emas, teater bernama Teater Tanah Airku dan fasilitas rekreasi lainnya, termasuk taman burung.

tanah binatang

Wisata edukasi di Jakarta selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Fauna Land. Tempat wisata yang memiliki luas 5 hektar ini terdapat berbagai macam binatang. Saat berkunjung ke Fauna Land, pengunjung akan melihat berbagai satwa yang menjadi daya tarik wisata di Ancol. Tempat wisata ini juga memiliki koleksi hewan langka dan unik, diantaranya singa putih yang berasal dari Afrika Selatan.

Selama di Fauna Land, pengunjung akan menyaksikan pertunjukan burung yang menarik dan menghibur. Di tempat ini juga terdapat hewan-hewan jinak, sehingga pengunjung juga bisa berinteraksi secara langsung.

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata edukasi di dekat Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka juga merupakan salah satu pulau yang terkenal karena upaya konservasi penyu di pulau tersebut. Di sini, wisatawan dapat berpartisipasi dalam upaya konservasi penyu sisik yang terancam punah.

Selain itu, pengunjung juga bisa snorkeling, naik perahu ke pulau, dan mencoba makanan laut dari restoran lokal di sini. Ada juga banyak homestay untuk keluarga dan cocok untuk pengunjung yang ingin menginap.

Museum Nasional

Gratis

©2018 Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

Museum Nasional juga dikenal sebagai Museum Gajah. Museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Barat nomor 12, Gambir, di pusat kota Jakarta. Di sana Anda bisa mengajak anak-anak melihat ratusan ribu koleksi benda bersejarah.

Selain itu, anak-anak juga bisa belajar budaya Indonesia di Kid’s Corner, membuat batik, melukis kendi, dan mencoba bermain angklung. Berikut informasi jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum Nasional:

– Jam buka: Selasa hingga Minggu, 09:00 hingga 16:00 WIB

– HTM: Rp 7.500 – Rp 15.000

3 dari 3 halaman

Museum Layang-layang

Lokasi museum layang-layang tersebut berada di Jalan Haji Kamang nomor 38, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Di Museum Layang-layang, Anda dan keluarga bisa melihat koleksi layang-layang, membuat keramik, dan melukis payung. Berikut informasi jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum Layang-Layang:

– Jam buka: Setiap hari, 09:00-16:00 WIB

– HTM: Rp 25.000

Museum Boneka

Museum Wayang terletak di kompleks wisata Kota Tua, Jakarta Barat. Di museum ini, Anda bisa mengajari anak-anak tentang sejarah Indonesia dengan melihat koleksi boneka wayang dan karakter dari serial film Si Unyil.

Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa berbelanja di toko oleh-oleh. Berikut informasi jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum Wayang:

– Jam buka: Selasa hingga Minggu, 09:00 hingga 15:00 WIB

– HTM: Rp2.000-Rp5.000

Museum MOJA

Museum Jakarta atau yang disingkat MoJa Museum, kini tengah digemari anak muda. Sejak dibuka pada tahun 2018 lalu, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Mayoritas pengunjung adalah anak muda yang ingin berfoto estetik.

Museum MoJa penuh dengan spot foto yang instagramable. Meski namanya museum, kesan di dalamnya jauh dari sejarah. Lebih banyak kamar dengan latar belakang yang unik dan eksotis. Museum ini terletak di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan.

Selain melihat karya seni dan berfoto bersama, Anda juga bisa mengajak anak bermain sepatu roda. Berikut informasi jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum MoJA:

– Jam buka: Setiap hari, 11:00-19:30 WIB

– HTM: Rp 115.000 – Rp 135.000

(mdk/amd)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button