Berita Wisata

9 Wisata Jepara Selain hits dan pantai yang populer, ada baiknya untuk dikunjungi

Merdeka.com – Indonesia memang gudangnya berbagai wisata menarik dan menyenangkan. Mulai dari panorama alam yang megah hingga berbagai budaya yang begitu unik menjadi daya tarik tersendiri.

Tak heran jika banyak turis mancanegara yang langsung jatuh cinta saat berwisata ke Indonesia. Nah, salah satu daerah di Indonesia yang memiliki sejuta pesona adalah Jepara.

taboola di tengah artikel

Jepara merupakan salah satu wilayah pesisir utara provinsi Jawa Tengah dengan pesona alam yang luar biasa. Jepara juga terkenal dengan pantainya yang eksotis, pasir putih dan air lautnya yang biru.

Di balik banyaknya pantai yang terkenal dan indah, Jepara juga menawarkan beragam wisata yang layak untuk dikunjungi. Diantaranya adalah wisata berbasis budaya ke alam.

Penasaran dengan rangkaian wisata Jepara selain pantai populer dan wajib dikunjungi? Dilansir dari berbagai sumber, merdeka.com berikut merangkum 9 wisata Jepara selain pantai-pantai istimewa untuk Anda.

2 dari 6 halaman

1. Gunung Muria

Wisata Jepara selain pantai yang pertama adalah Gunung Muria. Gunung Muria merupakan salah satu tujuan wisata di Jepara yang juga terkenal dengan sejarahnya.

Gunung ini dikenal memiliki ketinggian hingga 1602 mdpl dan jalur pendakiannya sangat sulit bagi wisatawan karena cukup terjal. Untuk mencapai puncak, wisatawan harus melewati jalur naga dengan jurang di kanan dan kirinya.

Selain itu, Anda juga bisa berziarah ke makam salah satu tokoh Islam Wali Songo, yaitu Sunan Muria dan muridnya, Syekh Syadzali. Untuk dapat menikmati wisata ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp2.500,00.

ilustrasi gunung papandayan

©Creative Commons/Kerildoank

2. Benteng Portugis

Selain Gunung Muria, Jepara masih memiliki banyak destinasi wisata berbasis sejarah lainnya. Salah satunya adalah Benteng Portugis yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung pada tahun 1632.

Sebelum memasuki kawasan, Anda akan disuguhkan dengan Kemegahan Pintu Kuning. Di sana Anda bisa melihat coretan yang bertuliskan Benteng Portugis.

Untuk bisa menikmatinya, anda bisa mengunjungi tempat yang ada di Donorejo.

3 dari 6 halaman

3. Gua Manik

Tak jauh dari lokasi benteng Portugis, Anda bisa menikmati destinasi wisata bernama Gua Manik. Gua Manik menawarkan keindahan perbukitan dan pantai yang bisa diamati secara bersamaan.

Sesampainya disana, wisatawan dapat menikmati pemandangan dan berbagai spot foto yang tersedia. Anda kemudian dapat mengunggahnya ke media sosial.

Untuk bisa masuk ke tempat tersebut, Anda hanya perlu membayar tiket mulai dari Rp5 hingga Rp10.000 untuk satu orang. Lokasinya terletak di Banyumanis, Donorejo.

ilustrasi gua

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/andreiuc88

4. Air Terjun Songgo Langit

Wisata Jepara selain pantai, selanjutnya adalah air terjun Songgo Langit. Lokasinya terletak di Bucu, Kembang.

Anda bisa menikmati pemandangan alam yang selalu asri dan air yang selalu jernih. Anda juga bisa mendapatkan banyak kenangan dengan mengabadikan momen dari berbagai sudut.

4 dari 6 halaman

5. Candi Boubrah

Wisata Jepara selain pantai selanjutnya adalah Pura Bubrah. Seperti namanya, candi ini juga memiliki tampilan bangunan yang sedikit runtuh dan tidak berbentuk.

Namun, hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik wisata tersendiri di kawasan Jepara. Untuk berkunjung, Anda bisa menemukannya di sekitar Desa Wisata Tempur, Keling dengan tiket masuk hanya Rp 5 ribu.

candi boubrah

©2020 Merdeka.com

6. Museum RA. kartini

Wisata Jepara selain pantai selanjutnya adalah museum RA. Kartini. Seperti diketahui, Jepara dikenal luas sebagai tempat pahlawan nasional wanita, RA. Kartini telah berkembang.

Di tempat ini Anda bisa melihat berbagai koleksi peninggalan beliau semasa hidup dan hidupnya di Jepara. Banyak sudut yang memiliki kesan tersendiri bagi wisatawan.

Anda bisa mengunjungi tempat ini antara pukul 08:00 WIB hingga 14:00 WIB. Harga tiket masuknya hanya sekitar Rp 1.500,00.

5 dari 6 halaman

7. Kampung Batik Kembangmulyo

Wisata Jepara selain pantai ketujuh adalah Kampung Batik Kembangmulyo. Bagi Anda pecinta fashion dan seni, tempat ini sangat layak untuk dikunjungi.

Desa yang terletak di Desa Mulyoharjo ini menampilkan berbagai karya batik asli daerah. Anda bisa mengamati dari proses pemilihan kain hingga pembuatannya.

batik desa kauman solo

© Sampul YouTube/SCTV

8. Distorsi Puncak

Bagi anda pecinta alam, wisata Jepara selain pantai yang wajib dikunjungi adalah Puncak Distoroto. Lokasinya berada di kawasan Hutan Pinus Perhutani Desa Darmawulan.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati Jepara dari ketinggian di sekitar Gunung Muria. Ada banyak spot foto yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang untuk mengabadikan momen bersama orang tersayang.

6 dari 6 halaman

9. Danau Blingoh

Tempat wisata di Jepara selain pantai yang terakhir adalah Danau Blingoh. Menurut sejarahnya, danau ini awalnya terbentuk akibat penambangan purba hingga muncul genangan air yang besar dan luas.

Danau Shasta menyusut 32% di California

©2022AFP/JOSH EDELSON

Sedikit demi sedikit, kolam tersebut kemudian terisi air hujan hingga membentuk sebuah danau yang indah dan asri. Di tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang begitu eksotis dan menakjubkan.

(mdk/mta)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button