Berita Wisata

9 Wisata Menarik dan Populer di Pare Kediri, Jangan Sampai Kelewatan!

9 Wisata Menarik dan Populer di Pare Kediri, Jangan Sampai Ketinggalan!
Monumen Simpang Lima Gumul. ©2015 Merdeka.com/imam mubarok

Merdeka.com – Jawa Timur merupakan daerah yang dikenal memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Sebagai daerah yang memiliki banyak cerita sejarah, Jawa Timur kini seolah tetap menjadi tempat tujuan wisata para wisatawan.

Jika mendengar Jawa Timur, maka sejenak yang terlintas di pikiran tentunya adalah kotanya Surabaya sampai Miskin. Padahal, ada daerah yang memiliki banyak destinasi wisata yang memukau.

taboola tengah artikel

Mana lagi kalau bukan Pare Kediri. Sedikit yang tahu, wisata Pare Kediri menyuguhkan berbagai atraksi bagi wisatawan.

Selain sejarah, Pare Kediri juga mencatat banyak tempat dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Penasaran dengan berbagai rekomendasi wisata Pare Kediri yang layak untuk dilihat? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya untuk Anda simak.

2 dari 6 halaman

1. Kampung Inggris Paré

Wisata pertama Pare Kediri adalah Kampung Inggris Pare. Seperti namanya, desa unik ini cocok bagi Anda yang ingin berwisata edukasi.

Banyak dari mereka menawarkan layanan belajar bahasa Inggris dengan berbagai metode yang menarik. Selain belajar, Anda juga bisa menikmati fasilitas seperti rumah atau vila yang mempesona.

2. Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul kini seolah menjadi ikon utama Pare Kediri. Bangunan unik ini hampir menyerupai Arc de Triomphe de L’Etoile di Prancis.

Saking uniknya, gedung ini kerap menjadi spot foto incaran banyak wisatawan. Selain berfoto, Anda juga bisa mencicipi berbagai masakan khas Kediri yang dijual di sekitaran.

3 dari 6 halaman

3. Air Terjun Dolo

Bagi anda yang ingin berwisata alam, wisata pare kediri ini wajib dikunjungi. Curug Dolo menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

Bagi Anda yang berminat, tiket masuknya hanya seharga Rp 7 ribu. Akses cukup untuk mengunjungi Dusun Besuki, Desa Jugo, Mojo, Blimbing.

Wisata Air Terjun Sentul Bidadari

4. Air Terjun Irenggolo

Selain itu, Anda juga bisa menikmati air terjun Irenggolo selama perjalanan Anda ke Pare Kediri. Salah satu kekhasan yang ditawarkan destinasi ini adalah bentuk bebatuannya yang bertingkat-tingkat dan menyerupai tangga.

Perlu diketahui bahwa Air Terjun Irenggolo merupakan salah satu wisata yang tetap buka 24 jam sehari. Bagi Anda yang ingin berkunjung, siapkan saja sejumlah uang tunai untuk membayar tiket masuk dan parkir kendaraan.

4 dari 6 halaman

5. Gua Maria Pohsarang

Kunjungan selanjutnya dari Pare Kediri adalah Gua Maria Pohsarang. Lokasinya diketahui berada di Puhsarang, Semen, Desa Kediri.

Selain berdoa, pengunjung juga bisa menyempatkan diri untuk berfoto di berbagai sudut yang indah. Harga tiket masuknya Rp 5 ribu.

6. Hutan Pinus Kediri

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata Pare Kediri di Hutan Pinus Kediri. Di tempat ini, Anda bisa menikmati sejuknya hutan pinus sambil minum kopi panas di kafe sekitar hutan.

Selain bersantai, Anda juga bisa berpose dan mengabadikan momen bersama keluarga tercinta. Tiket masuknya pun masih tergolong murah, yakni hanya Rp 5.000 untuk satu orang.

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi Tunggul Sunnah, Selopanggung, Semen, Kediri. Jam bukanya mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB setiap hari.

5 dari 6 halaman

7. Bukit Ongakan

Wisata Pare Kediri yang tak kalah menarik adalah Bukit Ongakan. Bukit ini dikenal sebagai saksi bisu letusan Gunung Kelud yang terjadi beberapa tahun lalu.

Kini Bukit Ongakan tampak hijau dan asri. Anda bisa mengunjungi tempat ini pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan pemandangan bukit secara maksimal.

Menariknya, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Namun, Anda harus menjaga kebersihan saat berkunjung ke tempat ini.

8. Candi Surowono

Bagi penyuka sejarah, destinasi wisata Pare Kediri yang satu ini layak untuk masuk daftar. Candi Surowono merupakan tujuan wisata yang sangat populer di wilayah Kediri.

Bangunan bersejarah ini memiliki bentuk yang agak aneh dengan pondasi berupa batu bata merah. Seperti halnya Bukit Ongakan, pengunjung tidak dipungut biaya. Namun yang perlu diingat adalah menjaga sikap dan kebersihan saat berkunjung ke Candi Surowono.

6 dari 6 halaman

9. Pancar Wonotirto

Bagi Anda yang berwisata ke Pare Kediri bersama keluarga, destinasi yang terakhir ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk dikunjungi. Pancar Wonotirto merupakan tempat wisata yang menggunakan sungai dengan airnya yang jernih.

Beberapa fasilitas pun tampak ditawarkan para pedagang di sekitar lokasi. Dari ayunan, kursi, hidangan yang begitu lezat. Tak heran jika tempat ini kerap dipadati pengunjung dan keluarga tercinta.

[mta]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button