Berita Wisata

981 wisatawan berkunjung ke desa wisata Golo Loni NTT hingga November 2022

GOLO LONI, KOMPAS.com – Sebanyak 981 wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke Desa Wisata Golo Loni di Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga awal November 2022.

Kepala Desa Wisata Golo Loni, Yohanes Okalung, mengatakan dari jumlah tersebut, 743 orang melakukan putaran. tabung sungai160 orang menginap di homestay Golo Loni, dan 78 orang bepergian di tempat mancing ikan air tawar di kolam di tengah sawah.

Baca juga:

“Menurut data ini, wisatawan sangat menyukai pariwisata tabung sungai liar di DAS Wae Cold. Beberapa waktu lalu ditutup sementara untuk pariwisata tabung sungai karena hujan deras, tapi sekarang sudah dibuka kembali,” jelas Okalung melalui telepon kepada Kompas.comRabu (9/11/2022).

Data tersebut, kata dia, menunjukkan perkembangan pariwisata di desa wisata Golo Loni, serta harapan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat dan usaha kecil menengah.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, River Tubing di Desa Golo Loni, NTT Ditutup Sementara

Awal November 2022, siswa-siswi SMK Cinta Damai Manggarai Timur, NTT mengadakan studi banding ke Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Manggarai Timur, NTT.  (DOK/KADES GOLO LONI/YOHANES OKALUNG)DOK/KADES GOLO LONI/YOHANES OKALUNG Siswa SMK Cinta Damai Manggarai Timur, NTT mengadakan studi banding ke Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Manggarai Timur, NTT pada awal November 2022. (DOC/KADES GOLO LONI/YOHANES OKALUNG )

Ia menambahkan, pasca pandemi Covid-19, tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan di Manggarai Timur adalah Desa Wisata Golo Loni.

“Saya dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Golo Loni terus menata objek wisata dan mempromosikan pariwisata. Tugas lainnya yang ada di wilayah desa, antara lain wisata alam, budaya, kuliner, dan budaya,” ujarnya.

Baca juga:

Belum lama ini, SMK Cintai Damai Manggarai Timur menggelar perjalanan studi di beberapa lokasi wisata desa.

“Selama perjalanan studisiswa dan pendidik dipandu oleh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Golo Loni untuk menjelaskan Tugas itu,” jelasnya.

Baca Juga: Wisata Di Kota Ruteng NTT, Banyak Tempat Menarik Untuk Dikunjungi

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Jom join grup telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button