Berita Wisata

Lokasi, harga tiket dan atraksi

Jakarta

Danau Batur merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan. Sebelum berkunjung, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui sejarah, lokasi dan daya tarik Danau Batur.

Yuk, simak terus artikel ini untuk mengetahui informasi selengkapnya. Ada juga bocoran harga tiket masuknya lho!

Sejarah Terbentuknya Danau Batur Bali

Danau Batur adalah danau tektonik vulkanik di kaki Gunung Batur dan dianggap sebagai salah satu kawah gunung berapi tertua yang masih aktif. Selain indah, Danau Batur memiliki sejarah yang akrab dengan kehidupan masyarakat Bali.

Asal usul Danau Batur dikenal juga dengan nama Kebo Iwa yang biasanya terdapat di buku cerita anak. Konon pada zaman dahulu ada sepasang suami istri yang hidup bahagia. Namun, mereka tidak cukup beruntung untuk memiliki anak setelah lama menikah.

Mereka terus berdoa untuk anak-anak, sampai akhirnya Tuhan mengabulkannya. Mereka berdua dikaruniai seorang bayi laki-laki yang sehat. Namun, seiring bertambahnya usia anak, nafsu makannya semakin tidak terkendali, menyebabkan tubuhnya menjadi sangat besar.

Warga setempat memberi julukan Kebo Iwa atau paman kerbau karena badannya yang besar. Kebo Iwa tumbuh dengan sifat pemarah, apalagi keinginannya tidak dikabulkan. Karena makanannya setara dengan sepuluh orang dewasa, orang tuanya kewalahan.

Kebo Iwa sebenarnya adalah anak yang baik. Ia bersedia membantu warga, namun dengan biaya yang harus ditanggung. Kalau tidak, Kebo Iwa akan marah, bahkan jika kehidupan desa sulit karena kekeringan. Penduduk desa pada waktu itu berjuang untuk mencari makanan dan minuman untuk keluarga mereka.

Namun, warga khawatir Kebo Iwa akan murka dan merusak fasilitas bahkan tempat ibadah. Akhirnya, penduduk desa mencapai kesepakatan dengan Kebo Iwa untuk membangun sumur besar untuk mengairi sawah. Jika tanaman tumbuh dengan baik, orang akan memberi lebih banyak porsi.

Mendengar hal itu, Kebo Iwa setuju untuk membantu. Namun, penduduk desa melemparkan batu kapur ke arahnya saat Kebo Iwa beristirahat sambil menggali sumur. Kebo Iwa datang terlambat untuk menyelamatkan diri dan tenggelam di sumur yang dibangunnya.

Rute dan lokasi ke Danau Batur

Danau Batur terletak di lereng Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Danau ini merupakan kaldera aktif yang berada pada ketinggian 1.031 m dpl. Secara geografis Danau Batur terletak pada koordinat 115 22′ 42.3″ – 115o 25′ 33.0″ BT (bujur timur) dan 8o 13′ 24.0″ – 8o 17′ 13,3″ lintang selatan. .

Jarak tempuh dari kota Denpasar sekitar 63 km dengan waktu tempuh 2,5 jam. Meski sudah banyak wisatawan asing dan lokal yang berwisata ke sana, namun jalan menuju Danau Batur tidak dilalui kendaraan umum.

Wisatawan disarankan untuk memiliki kendaraan sendiri, menyewa mobil, motor atau transportasi online. Jika ingin lebih puas berwisata ke Batur, wisatawan disarankan untuk menginap di kawasan Ubud. Jaraknya hanya sekitar satu jam dari Danau Batur.

Atraksi, Fasilitas dan Atraksi Danau Batur Bali

Tidak hanya digunakan untuk wisata, ada banyak atraksi yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Danau Batur.

Aktivitas di Danau Batur

Selain berfungsi sebagai irigasi, Danau Batur juga memiliki panorama yang luar biasa. Cukup berdiri di pinggir jalan raya Bangli-Singaraja, wisatawan Sudan bisa melihat pemandangan birunya air danau ditemani Gunung Abang dan Gunung Batur yang berdiri kokoh.

Danau Batur juga digunakan sebagai tempat upacara keagamaan. Dalam agama Hindu dikenal istilah Segara (laut) dan nyegara gunung yang artinya laut dan gunung tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, semua upacara yang berhubungan dengan laut cukup untuk dilakukan di Danau Batur.

Selain itu, Danau Batur juga digunakan sebagai keramba air tawar (kandang) untuk penangkaran ikan di danau. Tentunya kegiatan ini juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan bagi masyarakat sekitar.

Fasilitas di Danau Batur

Kawasan wisata Danau Batur juga memiliki fasilitas penunjang untuk meningkatkan kepuasan wisatawan:

  • Spa dan pemandian air panas

Belakangan ini sektor spa dan pemandian air panas memang sedang ngetren. Uniknya, wisatawan bisa merasakan aktivitas termal sambil menikmati pemandangan Gunung Baur yang sangat indah.

  • Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang

Taman wisata ini merupakan kawasan konservasi dan dilindungi oleh UNESCO. Taman wisata ini merupakan satu-satunya taman wisata alam dengan hamparan batuan geologis di Bali.

  • Tempat kuliner di Kintamani

Berkunjung ke Kintamani tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi kafe-kafe estetis modern, seperti Montana del cafe, AKASA, Eco-bike Coffee dan masih banyak lagi. Wisatawan dapat menikmati kopi sambil menikmati matahari terbit dan mengagumi pemandangan Gunung Batur, Gunung Abang dan Danau Batur.

Ada banyak penginapan yang tersedia di Kintamani, mulai dari homestay hingga hotel bintang 5, seperti Oemah Batur, The Cave Hotel atau Kintamani Hotel.

Harga Tiket Masuk Danau Batur Bali

Tiket masuk kawasan wisata Danau Batur sangat terjangkau Rp 15.000/orang, Htm untuk kawasan wisata Danau Batur Rp 15.000/orang. Namun harga tersebut belum termasuk fasilitas lain seperti persewaan perahu atau pemandian air panas.

Kalau liburan ke Bali jangan lupa berkunjung ke Danau Batur ya? Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman kamu juga ya, biar liburan makin seru!

Tonton video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(dadu/garis)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button