Berita Wisata

Lampung mengembangkan potensi wisata alam untuk meningkatkan sektor pariwisata

Bandarlampung (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov) mengembangkan potensi wisata alam berupa air terjun untuk memaksimalkan sektor pariwisata daerah.

“Di Kabupaten Waykanan memang banyak potensi wisata alam, termasuk air terjun, karena potensi ini perlu dikembangkan lebih baik lagi,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, mengembangkan berbagai potensi wisata di kabupaten tersebut juga diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat di desa-desa sekitar.

“Akhir tahun akan dibangun salah satu potensi wisata kita di Waykanan yaitu air terjun, dan nantinya pengelolaannya dilakukan oleh kabupaten,” ujarnya.

Dijelaskannya, dengan membekali potensi daerah, juga akan dilakukan pembangunan infrastruktur secara berkala di sekitar destinasi wisata alam tersebut.

“Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 50 meter dan tidak semuanya seperti itu. Kemudian hutannya selalu dijaga agar bisa dimanfaatkan untuk pengembangan wisata alam, namun dengan catatan hutan harus lestari, itu tidak boleh rusak,” tambahnya.

Ia menjelaskan, pengembangan potensi wisata alam diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah di kabupaten tersebut.

“Ini bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah jika dikelola dengan baik. Sehingga dengan ketidakpastian perekonomian global dapat diatasi dengan memanfaatkan berbagai potensi wisata yang ada di daerah tersebut,” ujarnya.

Hal senada juga ditanggapi Bupati Waykanan Raden Adipati Surya.

“Pengembangan air terjun Putri Malu tidak bisa dilakukan sepenuhnya karena ada kawasan hutan lindung yang tidak bisa dijamah. Jadi pembangunannya akan dilakukan sedikit demi sedikit terlebih dahulu dari akses pertama,” kata Bupati Waykanan Raden Adipati Surya.

Dia mengatakan pemanfaatan potensi wisata alam juga harus memiliki efek ganda dimana UKM, IKM dan masyarakat dari desa-desa terdekat dapat tumbuh.

“Pengunjung banyak, akses oke. Nanti akan dikembangkan kerajinan dan gastronomi sehingga pariwisata bukan hanya tempat tapi bisa banyak dampak bagi UMKM dan masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga: ASDP Janji Dukung Pariwisata di Wilayah Lampung
Baca Juga: Festival Krakatau Pindah Ke Acara Karisma Nusantara 2022
Baca juga: Menparekraf: Lampung Potensi Jadi Destinasi Wisata Utama

Reporter: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Penerbit: Biqwanto Situmorang
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button