Berita Wisata

50 Wisata Pantai di Jawa Timur Dari Pacitan Sampai Banyuwangi

KOMPAS.com – Ada berbagai pantai yang terbentang di seluruh provinsi Jawa Timur dengan keunikannya masing-masing.

Misalnya, Pantai Plengkung di Banyuwangi memiliki ombak kelas dunia, sedangkan Pantai Watu Ulo di Jember memiliki bebatuan yang menyerupai tubuh naga.

Baca Juga: 13 Pantai Dengan Sunset Terindah Di Jawa Timur

Berikut adalah 50 rekomendasi pantai teratas di Jawa Timur yaitu: Kompas.com meringkas untuk Anda.

Daftar Pantai Terbaik di Jawa Timur

1. Pantai Klayar di Pacitan

Pantai Pacitan Klayar di sore hari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Klayar, Pacitan pada sore hari.

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak dari Kabupaten Pacitan kurang lebih 33 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Kota Kompas.comRabu (25/05/2022), seruling laut berbentuk celah batu karang yang sesekali menyembur keluar dari air laut.Saat ombak masuk, celah akan mengeluarkan suara mirip seruling disertai suara gemericik air. , maka nama seruling laut.

Tepat di belakangnya berdiri formasi batuan yang terlihat seperti ini sphinxmakhluk mitos dari Mesir yang memiliki tubuh singa dengan kepala manusia, sehingga dijuluki Sphinx of Java.

Baca juga: Pesona Pantai Klayar, dari Seruling Samudera hingga Sphinx Jawa

2. Pantai Banyu Tibo di Pacitan

Pantai Banyu Tibo di Pacitan dengan air terjun yang mengarah langsung ke pantai.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pantai Banyu Tibo di Pacitan dengan air terjun yang mengarah langsung ke pantai.

Pantai Banyu Tibo yang juga dikenal dengan nama Pantai Air Terjun ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Objek wisata ini memiliki dua atraksi, berupa air terjun dan pantai di satu tempat sekaligus.

dilaporkan dari Kompas.comSelasa (18/12/2018), untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni tangga kayu.

Baca Juga: Menjelajahi Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Waterfront di Pacitan

3. Pantai Watu Karung di Pacitan

Peselancar dari sejumlah negara menguji kemampuan selancarnya di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, pada 22 Oktober 2016. Tinggi gelombang di sana bisa mencapai 5 meter.  Peselancar asing biasanya tinggal bersama penduduk lokal setidaknya selama seminggu. KOMPAS/AGNES SWETTA PANDIA Peselancar dari sejumlah negara menguji kemampuan selancarnya di Pantai Watu Karung, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan, 22 Oktober 2016. Ketinggian ombak disana bisa mencapai 5 meter. Peselancar asing biasanya tinggal bersama penduduk lokal setidaknya selama seminggu.

Pantai Watu Karung terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Daya tariknya berupa pasir putih, laut biru kehijauan dan pulau-pulau karang yang mengelilinginya.

Pantai Watu Karung langsung menghadap ke Samudera Hindia, sehingga ombaknya bisa mencapai hingga lima meter. Kumparan dengan tipe istirahat karang dan ukuran menjadi incaran para peselancar, seperti dikutip Kompas.comSelasa (6/12/2016).

Baca Juga: Watu Karung Rolls of Waves Challenge

4. Pantai Buyutan di Pacitan

Ilustrasi Pantai Buyutan di Pacitan, Jawa Timur.Dermaga. Wikimedia Commons/Omedbpj Ilustrasi Pantai Buyutan di Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Buyutan terlihat unik dari ketinggian. Garis pantai pasir putih yang memanjang berpadu dengan warna air laut, serta perbukitan yang hijau. Lokasinya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Dikutip Kompas.com, Kamis (13/12/2018), salah satu kekhasan pantai ini adalah adanya tumpukan bebatuan di lepas pantai. Karang-karang tersebut juga memiliki nama sendiri, yaitu Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong dan Watu Narada.

Baca Juga: 7 Wisata Pacitan Selain Pantai Yang Wajib Dikunjungi

5. Pantai Kasap di Pacitan

Pantai Kasap terletak di Pacitan, Provinsi Jawa Timur  Shutterstock/Pantai Kasap Pantai Kasap terletak di Pacitan, Provinsi Jawa Timur

Pantai Kasap terletak di Desa Watukarung, Dusun Ketro, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai Kasap dijuluki Raja Ampat Pacitan karena pemandangan pantai yang indah dengan bebatuan seperti pulau yang tersebar tidak jauh dari pantai.

Dilaporkan Kompas.comSelasa (24/5/2022), untuk melihat pemandangan ini, pengunjung harus mendaki bukit dekat pantai, tepatnya di pos pengamatan.

Baca Juga: 10 Wisata Alam Malang, Surga Tersembunyi di Jawa Timur

6. Pantai Srau di Pacitan

Pantai Srau, salah satu pantai terbaik di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.KOMPAS.com/NICKY AULIA WIDADIO Pantai Srau, salah satu pantai terbaik di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak dari Kota Pacitan adalah 21 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Ada total tiga pantai pasir putih di Srau. Biasanya pengunjung menyebutnya Pantai Srau 1, 2 dan 3.

Pantai Srau 2 yang terletak di tengah menjadi spot favorit wisatawan untuk bermain air, antara lain karena pasirnya yang lembut dan bebas dari bebatuan yang tersapu ombak, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (15/). 6/2019).

Baca juga: Pantai Srau, Permata Putih Pacitan Selatan

7. Pantai Soge di Pacitan

Pengunjung berfoto di tepian Pantai Soge dengan ombak yang besar.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pengunjung berfoto di tepian Pantai Soge yang ombaknya besar.

Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Pacitan adalah 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Menurut Kompas.comRabu (2/10/2019), meski cuaca bagus, wisatawan tidak diperbolehkan berenang atau bermain air terlalu jauh karena ombak di Pantai Soge cukup besar.

Baca juga: Pantai Soge Pacitan, Pantai Indah di Ujung Salib Selatan

8. Pantai Watu Bale di Pacitan

Pantai Watu Bale, Pacitan.Shutterstock/Utik Margarini Pantai Watu Bale, Pacitan.

Pantai Watu Bale yang terletak di Desa Jetak, Tulakan, Pacitan ini menyuguhkan pemandangan batu karang yang bentuknya seperti bola atau balai dalam bahasa Indonesia. Pantai ini didominasi oleh tebing tinggi dan merupakan salah satu pantai paling berpasir di Indonesia.

Pantai Watu Bale berbatasan langsung dengan Laut Selatan. Selain menikmati deburan ombak, pengunjung juga bisa mencoba wahana ekstrim berupa jembatan gantung di atas laut lepas hingga ke bukit karang, seperti pada gambar. Kompas.comKamis (18/2/2022).

Baca Juga: Pantai Watu Bale Pacitan Punya Uji Nyali, Berani Coba?

9. Pantai Pidakan di Pacitan

Pantai Pidakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dengan ciri khas bebatuannya.Shutterstock/Pantai Sriyana Pidakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dengan ciri khas bebatuannya.

Pantai Pidakan terletak di Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan.

Tidak seperti pantai berpasir lainnya, Pantai Pidakan dipenuhi dengan bebatuan unik dengan ukuran berbeda seperti batu sungai, dikutip Kompas.comMinggu (16/8/2020).

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Pacitan Buka Kembali Tahap Simulasi, Khusus Wisatawan Lokal

10. Pantai Pancer Door di Pacitan

Dua peselancar di Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.shutterstock/Bastian AS Dua peselancar di Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Pancer Door terletak di Desa Sidoharjo, Pacitan, Jawa Timur.

Pantai ini menawarkan ombak khas Laut Selatan yang menjadi incaran para peselancar. Selain itu, wisatawan juga bisa makan seafood dan berolahraga di lintasan. joging tersedia, seperti yang ditunjukkan Kompas.comSelasa (27/4/2021).

Baca Juga: Geliat Wisata Pacitan, Pantai Watu Bale Jadi Tempat Wisata Favorit

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button