Berita Wisata

Bappeda Seluma usulkan penurunan status cagar alam

Silahkan Kepala Bappeda selama Cahy Dari mereka Nanda ST, M Apakah. Foto/Dok: Deni Putra

Interaktif Baru – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Seluma mengusulkan untuk menurunkan status kawasan Cagar Alam (CA) di sepanjang pantai Kabupaten Seluma menjadi Taman Wisata Alam (TWA) pada tahun 2023.

Pj Kepala Bappeda Seluma, Cahyo Dua Nenda, mengatakan usulan penurunan status cagar alam telah disampaikan kepada Gubernur Bengkulu dengan tembusan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Karena menurutnya kawasan cagar alam hanya bisa dipertahankan dan tidak bisa dimanfaatkan, maka statusnya harus diturunkan agar bisa direstorasi.

“Pertama, kalau cagar alam belum diturunkan statusnya tidak bisa direstorasi, lain soal kalau sudah diturunkan statusnya menjadi CA, kemungkinan nanti bisa dijadikan taman wisata alam,” Cahyo katanya, Selasa (25/10).

Ada empat WK, kata Cahyo, yang sejauh ini memiliki nilai wisata yang sangat potensial, namun masih terkendala dalam pembangunannya karena masih masuk dalam kawasan cagar alam.

“Ada beberapa cagar alam yang berpotensi menjadi taman wisata alam, yaitu CA di kawasan pasar Ngalam, pasar Seluma, pasar Talo dan Air Alas,” ujarnya.

Jika keempat WK ini bisa dijadikan taman wisata alam, lanjut Cahyo, pemerintah daerah bisa bekerjasama dengan masyarakat untuk merestorasi kawasan tersebut.

“Kalau status CA masih belum bisa dikembalikan, lain halnya kalau dijadikan taman wisata alam, ada yang rusak bisa direstorasi, nanti bersama masyarakat ada juga, sangat membantu masyarakat, “tambah Cahyo. .

Selain itu, lanjut Cahyo, ia memiliki alasan yang baik untuk mengusulkan cagar alam sebagai taman wisata alam karena akan berdampak baik bagi desa-desa sekitar CA dengan menggunakan taman wisata alam sebagai desa wisata yang dikelola.

“Usulan penurunan status cagar alam adalah membangun wisata yang memiliki potensi namun masih terkendala status CA, jika bisa diubah menjadi wisata otomatis akan berdampak baik bagi desa-desa setempat yang dapat terlibat langsung dalam pengelolaannya. pariwisata, sehingga dapat meningkatkan pendapatan desa,” pungkasnya.

Luas kawasan cagar alam yang diharapkan dapat direduksi menjadi taman wisata alam adalah 910 hektar, terdiri dari pasar Ngalam seluas 230 hektar, pasar Seluma seluas 150 hektar, pasar Talo seluas 480 hektar. dan dari Air Alas. 50 hektar.

Reporter: Deni Aliansyah Putra
Editor: Alfridho Ade Permana

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button