Berita Wisata

Kunjungan wisatawan ke Cianjur mencapai 1,6 juta orang

Wisata di Cianjur didominasi oleh wisatawan domestik

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur, Jawa Barat, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke Cianjur hingga Oktober 2022 sekitar 1,6 juta, didominasi wisatawan domestik dengan durasi tinggal lebih dari satu hari.

Kepala Disparbud Cianjur Pratama Nugraha mengatakan jumlah wisatawan yang datang ke Cianjur semakin meningkat setiap akhir pekan setelah adanya program promosi dari tingkat provinsi hingga pusat. Termasuk pengenalan objek wisata baru seperti pengembangan kampung adat dan kawasan pendukung Gunung Padang.

“Untuk mencapai target 1,9 juta wisatawan hingga akhir tahun, kami akan mengadakan dua kegiatan nasional seperti Festival Seni Tradisional dan Bunga Maenpo yang akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dan kami telah menyiapkan berbagai program. untuk menarik wisatawan masa depan,” katanya kepada Cianjur, Selasa (25/10/2022).

Pratama mengatakan, untuk menarik wisatawan datang dan menginap di Cianjur pada akhir tahun, pihaknya melakukan promosi di kalangan pemangku kepentingan pariwisata, termasuk pengelola hotel dan restoran, dengan menawarkan program-program menarik, termasuk penurunan harga, sehingga lama menginap wisatawan. lebih besar dari satu. siang hari.

Sarana dan prasarana penunjang serta atraksi budaya untuk menarik wisatawan akan disuguhkan di sejumlah tempat wisata utama seperti Taman Alun-Alun Cianjur, Situs Pasir Domas-Gunung Padang, Kampung Adat Miduana dan objek wisata bahari di kawasan selatan.

“Kami optimistis jumlah kunjungan akan melebihi target, sehingga target tahun depan ditingkatkan menjadi 2,4 juta dari berbagai daerah, termasuk wisatawan mancanegara. Berbagai atraksi seni dan budaya sebagai daya tarik akan digelar di objek wisata utama,” dia berkata. dikatakan.

Upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cianjur disambut baik oleh para pelaku bisnis perhotelan di kawasan Puncak-Cipanas, apalagi menjelang akhir tahun setelah pandemi mereda, bisa menampung keramaian tanpa dibatasi.

“Berbagai program sudah kami siapkan untuk menarik wisatawan mancanegara maupun domestik, untuk menghabiskan malam pergantian tahun di kawasan Puncak-Cipanas, sejumlah acara, antara lain presentasi seniman dari ibu kota dan pentas seni budaya, akan dihadirkan,” kata dia. manajer umum Lembah Permai. Resor tepi laut, Valen.

sumber: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button