Berita Wisata

Kenali 5 Sumber Daya Alam Dataran Tinggi

Bumi dengan permukaannya yang tidak rata memiliki sumber daya alam yang menarik. Sumber daya alam dataran rendah dapat berupa pertambangan, peternakan, dll. Sedangkan sumber daya alam dataran tinggi dapat berupa sumber air, pertanian, dll.

Dataran tinggi menjadi wilayah yang terkenal dengan suhu dinginnya. Dataran tinggi ini terletak 700 meter di atas permukaan laut. Suhu di dataran ini bervariasi dari 14 hingga 18 derajat Celcius.

Dataran ini terbentuk oleh erosi dan sedimentasi. Dataran tinggi terbentuk karena kaldera yang luas dan terkadang terkubur material dari pegunungan di sekitarnya.

Karakteristik Dataran Tinggi

Ada fitur atau fitur dataran tinggi yang mudah ditemukan. Berikut ciri-ciri dataran tinggi selengkapnya.

Ciri atau ciri terpenting dari dataran tinggi adalah suhunya yang dingin. Namun, di bidang pertanian, fitur yang paling penting adalah adanya pertanian dengan metode terasering. Cara ini diterapkan untuk mencegah terjadinya erosi tanah dan memperlancar proses pertanian. Selain itu, metode terasering ini dapat mempermudah proses budidaya.

Ciri lain dari udara dan suhu adalah dingin dan kering. Banyak orang mengunjungi daerah ini untuk jalan-jalan. Semakin tinggi tanah, semakin dingin suhunya.

Dataran tinggi juga termasuk daerah yang jarang hujan. Oleh karena itu, daerah ini terkadang cukup kering dan hanya tumbuhan dan hewan tertentu yang dapat hidup di dataran tinggi.

Sumber Daya Alam Dataran Tinggi

Dataran tinggi dibagi menjadi dua jenis, yaitu dataran tinggi vulkanik dan dataran tinggi terpotong. Dataran tinggi vulkanik adalah dataran yang terdiri dari letusan gunung berapi yang telah terakumulasi dari waktu ke waktu.

Tipe kedua adalah dataran tinggi terpotong. Dataran tinggi ini terbentuk dari gerakan ke atas kerak bumi. Dataran ini adalah contoh Dataran Tinggi Colorado di Amerika Serikat.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kekayaan alam dataran tinggi, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Sumber air

Dataran tinggi yang identik dengan pegunungan ini banyak ditemukan sumber mata air alami. Banyak perusahaan air minum menggunakan sumber daya alam dataran tinggi untuk digunakan sebagai air minum.

Mata air di pegunungan dikenal sejuk dan bersih. Mata air ini aman dari bakteri dan mengandung banyak oksigen.

Selain sebagai air minum, sumber air dataran tinggi terkadang menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dengan adanya tempat wisata tersebut, muncul pula pengelolaan kawasan dan dapat menjadi peluang bisnis bagi masyarakat setempat.

2. Flora dan Fauna

Dataran tinggi adalah rumah bagi jenis flora dan fauna tertentu. Flora dan fauna tahan terhadap kondisi iklim dingin setempat. Banyak dari flora dan fauna ini diklasifikasikan sebagai dilindungi karena endemik di dataran tinggi. Satwa liar dataran tinggi seperti lutung, babi hutan, elang, domba gunung, burung lain, dll.

Sumber daya alam dataran tinggi unik dan istimewa. Beberapa di antaranya digunakan sebagai benda selama perjalanan. Kemudian bersama-sama dengan flora dan fauna terkadang menjadi mata pencaharian penduduk dengan memberikan pelayanan dan jasa di tempat-tempat wisata.

3. Bertani

Sumber daya alam dataran tinggi lainnya, misalnya brokoli, selada, wortel, kol. Sayuran dapat tumbuh di dataran tinggi karena mereka tumbuh subur di suhu dingin. Produk pertanian dari beberapa negara bahkan mampu meningkatkan perekonomian lokal. Budidaya sayuran mudah ditemukan di dataran tinggi.

4. Pertambangan

Sumber daya alam di dataran tinggi selanjutnya adalah hasil tambang. Meski tidak sebanyak produk tambang dataran rendah, harga yang ditawarkan produk tambang dataran tinggi cukup tinggi. Penambangan di dataran tinggi berupa belerang dan kapur. Oleh karena itu, banyak orang di dataran tinggi bekerja di sekitar daerah ini.

5. Penanaman

Tidak hanya dataran rendah saja yang bisa dijadikan sebagai areal tanam. Ada juga banyak tanaman yang bisa ditanam di dataran tinggi.

Sumber daya alam dataran tinggi di sektor perkebunan dapat berupa teh, kopi, stroberi, apel, tembakau, kentang, brokoli, selada, wortel, kubis, kakao, dll. Kekayaan alam yang melimpah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Tidak hanya untuk meningkatkan perekonomian dan menjadi pangan bagi warga sekitar, perkebunan juga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk edukasi sumber daya alam. Wisata alam ini menjadi menarik dan berbeda dengan wisata alam berupa pegunungan dan air terjun.

Itulah 5 sumber daya alam dataran tinggi yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Dapat dilihat bahwa dataran tinggi bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang perkebunan, pertambangan, pertanian, sumber daya air, flora dan fauna.

Sumber daya alam dataran tinggi sangat bermanfaat tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan tetapi juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button