Tempat Wisata

Pantai Wedi Putih Malang – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Balearjo, Purwodadi, Kec. Tirto Yudo, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Wedi Putih merupakan pantai yang relatif jarang dikunjungi wisatawan karena jalur yang ditempuh dianggap menantang dan sulit untuk dijamah. Terlepas dari rute yang ditempuh, pantai ini memiliki keindahan seperti surga di bumi dengan pasir putih yang tersebar di sepanjang pantai. Hal inilah yang membuat sebagian wisatawan rela menempuh jalan yang cukup sulit untuk merasakan keelokan pantai ini.

Keindahan pemandangan Jalur Pantai Wedi Putih di Malang memiliki ombak yang relatif tenang karena terletak di sisi teluk, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang mendambakan untuk menikmati matahari terbenam dengan angin semilir dan ombak yang tenang. Tidak hanya itu, pantai ini juga dikelilingi oleh alam hijau yang sangat indah dengan tambahan pasir putih.

Karena keindahannya dan julukannya sebagai surga tersembunyi, fasilitas yang ada di sana dianggap tidak terlalu lengkap, sehingga wisatawan disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri jika ingin berkunjung ke pantai ini. Kalaupun wisatawan sedikit khawatir dengan perlengkapan yang dibawanya, semuanya akan langsung terbayar saat merasakan keelokan alam ciptaan Tuhan yang satu ini.

Atraksi Pantai Wedi Putih

Tempat Wisata di Pantai Wedi PutihSumber gambar: Twitter.com @infopantai_mlg

1. Kemegahan pemandangan alam yang indah

Pantai Wedi Putih bagaikan jendela surga yang menawarkan pemandangan perairan yang tenang dan perbukitan hijau yang sejuk dan asri. Terletak di sisi teluk, wisatawan yang berkunjung dapat menikmati luasnya lautan dengan perbukitan hijau seperti Raja Ampat. Dengan gradasi yang pas dan sejuta keindahannya, banyak wisatawan mengabadikannya.

Pemandangan yang ditampilkan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk menikmati atau sekedar berfoto selfie. Tampil instagenic tak lepas dari tangan para penikmat fotografi, baik fotografer satwa liar maupun selebriti.

2. Kehidupan bawah laut seperti tenggelamnya Atlantis

Daya tarik lainnya adalah keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Dengan air yang tenang karena berada di sisi teluk dan keindahan biota lautnya, para perenang snorkel tidak bisa meremehkan pantai ini. Wisatawan bisa membawa peralatan snorkeling sendiri dan menikmati kebersihan pantai yang sangat terjaga dengan hiasan terumbu karang dan berbagai biota laut yang eksotis.

3. Pasir putih seperti berlian

Wedi Putih berasal dari bahasa Jawa, Wedi berarti pasir dan Putih berarti putih. Pasir putih ini umumnya disebabkan oleh kadar kuarsa yang sangat tinggi. Hamparan pasir putih berpadu dengan pemandangan yang indah menjadi salah satu daya tarik wisata.

Tekstur pasirnya yang lembut, lembut dan penambahan udara yang hangat menambah nilai pantai ini. Bagi wisatawan yang ingin membawa keluarga juga sangat cocok untuk memasukkan pantai yang satu ini dalam daftar destinasi, karena pasirnya yang lembut cocok untuk bayi agar terhindar dari iritasi dari pasir pantai yang kasar pada umumnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Wedi Putih

Alamat Pantai Wedi PutihKredit foto: Instagram.com @tourguidejava

Pantai indah ini terletak di kabupaten Malang, tepatnya di desa Purwodadi, Tirtoyudo, Jawa Timur. Lokasi surga tersembunyi ini berjarak sekitar 70 km dari Kabupaten Malang. Wisatawan dapat mengunjungi pantai ini dengan terlebih dahulu melewati Pantai Wedi Awu. Akses menuju pantai tidak menjadi masalah, namun wisatawan harus menempuh jalur yang tergolong sulit dan berbahaya setelah Pantai Wedi Awu.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi pantai ini kurang lebih 2,5 jam dari Kabupaten Malang mengingat jarak dan sulitnya medan. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berwisata ke sini adalah wisatawan yang sangat menyukai petualangan. Biasanya wisatawan datang saat liburan atau libur kerja sudah tiba untuk bersantai.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk sampai ke Pantai Wedi Awu terlebih dahulu. Wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi dapat langsung menuju Bululawang, kemudian ke kecamatan Turen, Dampit, Tirtoyudo, dan kemudian dengan bantuan papan penunjuk arah, ke Pantai Wedi Awu. Wisatawan dapat memarkir kendaraan pribadinya di pantai ini dan kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

Sedangkan untuk wisatawan rombongan atau menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik Bus Malang – Lumajang yang terletak di Terminal Gadang. Kemudian turun di Tirtoyudo, lalu naik ojek ke Wedi Awu dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik perahu.

Tiket Masuk Pantai Wedi Putih

Biaya masuk Pantai Wedi PutihKredit foto: Instagram.com @rezaalmzml

Wisatawan yang membawa rombongan atau menggunakan angkutan umum seperti bus dapat menyediakan dana sebesar Rp 75.000 untuk menuju Tirtoyudo, kemudian dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek untuk menuju Wedi Awu dengan menyediakan dana sebesar Rp Sediakan Rp 50.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dan memarkir kendaraannya di Pantai Wedi Awu dapat melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan dengan berjalan kaki atau menggunakan perahu. Wisatawan yang ingin naik perahu bisa menyiapkan dana untuk sewa perahu mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 60.000.

Aktivitas Seru di Pantai Wedi Putih

Aktivitas di Pantai Wedi PutihKredit foto: Instagram.com @khakim_sr

1. Snorkeling

Anda bisa berenang dan menyelam yang sangat populer di Pantai Wedi Putih. Biasanya snorkeling berlangsung di perairan dengan ombak yang tenang seperti pantai ini. Di sini, wisatawan tidak hanya mendapatkan pengalaman snorkeling yang berkualitas, tetapi juga mencuci mata dengan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

2. Nikmati pemandangan yang indah

Jika biasanya pantai hanya memiliki satu garis biru laut, berbeda dengan pantai yang satu ini. Di sini Anda tidak hanya dapat melihat warna biru, tetapi juga warna hijau perbukitan di sekitar pantai dan warna putih pasir pantai yang terlihat sangat indah. Wisatawan dijamin akan tidur nyenyak di lanskap yang indah.

3. Selfie dengan background instagic

Tidak heran jika pantai ini menawarkan pemandangan seperti surga dunia, banyak wisatawan yang mengunjunginya untuk berfoto bersama keluarga, rombongan atau sendiri dengan latar belakang pantai yang indah.

4. Abadikan keindahan ciptaannya

Semua ciptaan-Nya adalah ciptaan yang sempurna termasuk pantai ini. Gradasi warna yang terlihat indah dan eksotis serta penambahan perbukitan hijau yang tertata sepertinya menjadi hal yang mudah bagi para fotografer untuk memotret pantai ini dari segala sudut.

Aktivitas di Pantai Wedi PutihKredit foto: Instagram.com @chesa.shan

5. Rasakan pantai pribadi dengan tas minimal

Pantai ini termasuk pantai yang tergolong sulit untuk dilewati karena jauh dari kehidupan kota sehingga sedikit wisatawan yang mengunjunginya. Ombak yang dimilikinya juga terbilang tenang karena pantai ini berada di sisi teluk. Karena keheningan ini, wisatawan merasa seperti sedang menikmati pantai pribadi ala artis Hollywood, namun dengan kantong yang minim.

6. Berkemah ditemani angin sepoi-sepoi

Berkemah merupakan kegiatan yang sangat cocok di pantai ini karena ombaknya tidak besar sehingga kegiatan berkemah tidak berbahaya dan semilir angin yang bertiup dari perairan pantai membuat udara menjadi sejuk.

7. Jalan-jalan di sepanjang pantai

Berjalan di pinggir pantai merupakan hal yang biasa dilakukan oleh wisatawan pantai pada umumnya, namun pernahkah Anda berjalan-jalan di pinggir pantai sambil ditemani pasir putih, alam yang hijau dan air yang biru? Semuanya bisa anda dapatkan di pantai ini, suara deburan ombak yang lembut ditemani pasir yang indah sangat cocok untuk anda para wisatawan yang ingin datang kesini.

Akomodasi murah terdekat ke pantai

Akomodasi murah terdekatKredit foto: Pegipegi.com

1. Homestay Palm Asri

Penginapan ini merupakan akomodasi terdekat dari Pantai Wedi Putih dengan kamar yang luas, biaya yang tidak terlalu mahal dan sangat direkomendasikan untuk anda yang membawa keluarga. Penginapan ini mengusung tema minimalis di setiap halamannya, didukung dengan Wi-Fi, sehingga Anda tidak akan ketinggalan informasi apapun meski berkunjung ke pantai ini.

2. Keluarga angkat Octaviani

Homestay ini mempertahankan akomodasi bertema pedesaan tradisional. Kita juga bisa merasakan suasana di sekitar pantai yang asri dengan pepohonan yang rimbun dan udara yang sejuk di Oktaviani Homestay yang sederhana dan asri.

3. Keluarga angkat Nanat

Dengan lingkungan pantai yang asri dan hijau, Nanat’s Homestay juga menyajikannya di lingkungan penginapan ini. Tampilan penginapan minimalis yang mewah sangat membantu para wisatawan untuk beristirahat di sini.

Fasilitas di Pantai Wedi Putih Malang

Fasilitas Pantai Wedi PutihKredit foto: Instagram.com @mariamagda1402

Secara umum fasilitas wisata pantai ini belum lengkap karena letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk, terutama di lingkungan perkotaan. Oleh karena itu, wajar jika tidak ada fasilitas umum yang disediakan. Wisatawan yang ingin buang air besar atau makan dan berdoa dapat menemukannya di kawasan Pantai Awu sebelum menuju ke tempat tujuan.

Itulah beberapa hal tentang Pantai Wedi Putih mulai dari atraksi, alamat, rute, tiket masuk, aktivitas menarik dan akomodasi terdekat. Pantai ini jauh dari hiruk pikuk kota dan sulit dijangkau, sehingga sedikit wisatawan yang mengunjunginya. Namun, karena letaknya yang tersembunyi, pantai ini seolah menjadi surga tersembunyi di bumi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button