Berita Wisata

Eksotik! 9 tempat wisata di banyuwangi yang memanjakan mata

Antv Banyuwangi adalah kabupaten terbesar di provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak tempat indah dan eksotis. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak tempat wisata di Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan.

Kota yang terletak di ujung provinsi Jawa Timur ini merupakan penghubung antara pulau Jawa dan Bali. Maka tidak heran jika kedua kota ini memiliki sedikit kemiripan dalam hal tradisi dan seni.

Tempat wisata di Banyuwangi tidak kalah menarik dari Bali. Destinasi wisata yang ditawarkan pun beragam, mulai dari dataran, dataran tinggi, pegunungan, hingga pantai yang eksotis.

Selain itu, terdapat juga tempat wisata sejarah dan situs peninggalan purbakala lainnya. Dengan keindahan alam dan budayanya yang beragam, tak heran jika Banyuwangi dijuluki sebagai sunrise of Java.

Tertarik mengunjungi kota berjuluk The Sunrise of Java ini? Berikut ini kami rangkum sederet tempat wisata di Banyuwangi yang eksotis dan memanjakan mata.

1. Kawah Ijen

img_title

Kawah Ijen. (Foto: freepik/memoir)

Kawah Ijen adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang paling populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun asing. Objek wisata ini ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO pada tahun 2016.

Tempat wisata seluas 2.560 hektar ini terletak di puncak Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Banyuwangi. Keindahan api biru di tempat ini menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi wisatawan.

Api biru adalah fenomena unik yang dihasilkan dari pembakaran gas belerang yang muncul dari celah-celah gunung berapi Ijen yang suhunya bisa mencapai 600 derajat Celcius. Fenomena ini adalah yang terbesar di dunia, dan satu-satunya tempat lain di dunia yang memiliki fenomena ini adalah di Gunung Dallol di Ethiopia.

Apalagi objek wisata ini juga terkenal dengan ikon kawah hijau dan aktivitas penambangan belerangnya. Oleh karena itu, aktivitas hiking di sini tidak disarankan untuk lansia, ibu hamil, dan berbagai kondisi medis lainnya.

2. Kantor Benculuk

img_title

Kantor Benculuk. (Foto: pegipegi.com)

Kantor Benculuk sebenarnya adalah kawasan hutan lindung milik Kantor Perhutani. Kawasan ini banyak ditumbuhi pohon trembesi berukuran besar dan terlihat sangat unik.

Dulu kawasan ini terlihat sangat menyeramkan karena tidak terawat, namun sejak pemerintah Banyuwangi melakukan penataan ulang, kantor Benculuk menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling estetis.

Kantor Benculuk juga memiliki kemiripan dengan lokasi trilogi Lord of the Rings. Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini, Anda seperti dibawa ke dunia peri atau peri hutan seperti yang dirasakan Frodo Baggins dan kawan-kawan.

Jika Anda menyukai fotografi, maka sangat cocok untuk mengunjungi tempat ini pada sore hari saat matahari bersinar melalui celah-celah pohon trembesi. Sebab, suasana ini akan menciptakan panorama yang eksotis dan misterius

3. Taman Nasional Baluran

img_title

Taman Nasional Baluran. (Foto: Javatravel.net)

Objek wisata Banyuwangi lainnya yang tak kalah populer adalah Taman Nasional Baluran. Lokasi yang pernah dijadikan video musik Raisa bertajuk Falling Heart ini menampilkan pemandangan sabana Afrika.

Selain menikmati sabana Afrika, di tempat ini Anda juga bisa bertemu dengan fauna termasuk rusa lucu, dan berfoto dengan pemandangan magis Savana Bekol, hingga singgah di pantai Barma yang tidak jauh dari sana.

Jika Anda beruntung, Anda mungkin menjumpai hewan liar termasuk rusa yang sangat menarik untuk difoto.

4. Poni bawah air

img_title

Cincin poni bawah air. (Foto: holidayyuk.co.id)

Tempat wisata di Jawa Timur ini menjadi tempat favorit para penyelam. Kawasan konservasi terumbu karang ini memiliki taman bawah laut yang sangat menawan. Tempat wisata ini tercipta berkat kerja keras para nelayan setempat.

Bangsring Underwater atau sering disingkat Bunder sebenarnya adalah wisata alam berbasis konservasi terumbu karang. Ada terumbu karang alami dan ada juga terumbu karang buatan.

Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Wongsoroje, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini menawarkan berbagai fasilitas, mulai dari pengintaian hingga penyediaan peralatan snorkeling, kamera bawah air, dan watertight flushes.

Ada juga tempat untuk menyewa olahraga air seperti kano dan banana boat. Selain itu, ada juga persewaan perahu tradisional bagi wisatawan yang ingin melanjutkan wisata Pulau Tabuhan.

5. Pantai Pulau Merah

img_title

Pantai Pulau Merah. (Foto: wisatainfo.com)

Tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Banyuwangi selanjutnya adalah Pantai Pulau Merah. Tidak jauh dari pantai terdapat pulau kecil dengan bukit tinggi yang tanahnya berwarna merah.

Pulau Merah bisa ditempuh dengan berjalan kaki saat laut surut sehingga wisatawan bisa menjelajahinya.

Selain pulau yang unik ini, pantai Pulau Merah juga terkenal dengan pasirnya yang halus sehingga sangat cocok untuk bermain. Pantai ini juga terkenal bagi para peselancar atau pecinta selancar karena gulungan ombaknya yang indah.

Pantai ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Di pantai ini juga terdapat pura tempat umat Hindu melakukan pemujaan atau upacara Mekiyis.

6. Teluk Hijau

img_title

Green Bay. (Foto: banyuwangi.net)

Green Bay atau Teluk Hijau merupakan teluk yang memiliki air hijau toska yang indah dan pasir putih yang lembut. Teluk ini diapit oleh ruang terbuka hijau yang menambah keindahan panorama yang megah.

Tak hanya itu, teluk ini juga dilengkapi dengan deretan pepohonan hijau yang mengabadikan keindahan pemandangan dan memanjakan mata.

Karena objek wisata ini terletak di Taman Nasional Meru Betiri, kemungkinan besar Anda akan menjumpai monyet-monyet liar di sekitar pantai. Karena itu, pastikan barang-barang Anda aman!

7. Pantai Sukamade

img_title

Pantai Sukamade. (Foto: Pantainesia)

Masih di sekitar kawasan Taman Nasional Meru Betiri, tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Sukamade. Pantai ini dikenal sebagai kawasan konservasi penyu. Hampir setiap malam penyu dewasa mampir ke pantai dan mengubur telurnya.

Sedangkan di pagi hari, bayi penyu biasanya muncul dari telur yang terkubur dan berjuang untuk sampai ke laut. Bagi wisatawan, menyaksikan prosesnya akan memberikan perasaan magis.

8. Pantai Plengkung

img_title

Pantai Plengkung. (Foto: brobali.com)

Pantai Plengkung adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal di kalangan pecinta surfing di seluruh Indonesia. Karena pantai di Jawa Timur ini merupakan salah satu pantai terbaik di dunia untuk spot surfing profesional.

Berkat ombaknya yang besar dan menggulung, tempat ini masuk dalam daftar pantai teratas yang wajib dikunjungi para peselancar. Bahkan, ombak di Pantai Plengkung hampir menyamai Hawaii dalam hal berselancar.

Ombak raksasa di Pantai Plengkung juga memungkinkan peselancar untuk melakukan tube riding, istilah dalam berselancar ketika peselancar naik di lengkungan ombak. Tak heran, kompetisi selancar internasional kerap digelar.

9. Pantai Wedi Ireng

img_title

Pantai Wedi Ireng. (Foto: getlost.id)

Kunjungan selanjutnya dari Banyuwangi adalah Pantai Wedi Ireng. Pantai ini terletak cukup dekat dengan pantai Pulau Merah, sehingga sangat cocok dikunjungi ketika ingin berwisata pantai dan mengunjungi beberapa pantai sekaligus.

Meski tempatnya agak sulit diakses, rasa lelah Anda akan terbayar begitu sampai di sana. Sebab, Anda akan disuguhkan panorama yang mempesona dan memanjakan mata.

Air pantai yang berwarna biru kehijauan yang dikelilingi pepohonan hijau memberikan kesan keindahan tersendiri untuk dinikmati saat Anda membutuhkan tempat untuk menyejukkan diri.

Sisi timur pantai ini juga memiliki ombak yang lebih besar, sehingga sangat cocok untuk berenang atau berselancar.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button