Tempat Wisata

6 gambar Air Terjun Moprok Baturaden, tiket masuk dan lokasi

Curug Moprok merupakan salah satu destinasi wisata alam yang eksotis di kawasan Baturaden. Tempat ini masih sangat asri, akses jalan tidak mendukung, namun pemandangan dan suasana air terjun ini luar biasa indah.

Jam buka: 08.00-16.00 WIB
harga tiket: 3 sen 5.000/orang
Kontak:
Alamat: Karangsalam, Baturraden, Sawah dan Hutan, Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151
Fasilitas umum: ruang ganti
Akses jalan: tidak begitu baik
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

air terjun moprok

Purwokerto memiliki pemandangan yang indah dan asri. Terdiri dari pegunungan dan perbukitan. Selain itu, kawasan Baturaden yang notabene merupakan kawasan wisata paling terkenal di kota ini memiliki kuliner khas yaitu Tempe Mendoan.

Nah, ada beberapa air terjun yang menarik untuk dilihat dan dikunjungi di Baturaden. Tidak hanya satu, tetapi beberapa dengan keindahan dan pesona mereka. Salah satu air terjun tersebut adalah air terjun moprok.

Sekilas tentang Air Terjun Moprok

Air Terjun Moprok belum terlalu dikenal di kalangan wisatawan dibandingkan dengan berbagai air terjun di Purwokerto. Karena jalan menuju tempat ini cukup sulit dan berliku. Jalan kaki ke tempat ini cukup memacu adrenalin dan keringat.

Jalannya cukup licin, penuh dengan semak belukar, tebing batu hitam dan pakis. Rasa lelah ini pun terbayar lunas setibanya di lokasi objek wisata. Dimana ketinggian air terjun Moprok kurang lebih 80 meter

Aliran air pada titik ini cukup deras. Oleh karena itu wisatawan disarankan untuk tidak terlalu dekat. Suasana dan nuansanya sebenarnya bisa membuat wisatawan enggan pergi ke sini, dan tak hanya itu, mereka bisa lupa waktu karena begitu terhipnotis.

Angin sepoi-sepoi dengan suhu dingin selalu hadir di setiap perjalanan menuju titik lokasi. Di sekitarnya, bebatuan cukup berdekatan dan bermata sedikit tajam. Besar dan kecil juga bervariasi sedemikian rupa sehingga membentuk cekungan.

Warna air di tempat ini sangat jernih dan berwarna biru kebiruan yang anggun. Biasanya, kolam ini bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Lingkungan alam menjadi objek pemandangan yang sempurna untuk membasuh mata.

Hijaunya kawasan ini seolah bisa menyatu dengan air dan atmosfer. Cobalah untuk menghirup udara segar yang dihasilkan, karena semua oksigen pasti meresap jauh ke kedalaman.

Nama lain dari Curug Moprok adalah Curug Pelangi. Namanya lebih keren dari sebelumnya. Disebut pelangi karena seringkali pelangi muncul di depan air yang deras ini.

Waktu terbaik untuk berwisata ke kawasan ini adalah saat musim hujan. Anda bisa menikmati air deras daripada datang di musim kemarau. Tempat itulah yang menjadi rekomendasi utama wisatawan untuk menikmati Purwokerto.

Baca juga: Baturaden Lo Lokawisata

Rute Lokasi Air Terjun Moprok

Air Terjun Moprok terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Poin untuk menuju ke tempat ini adalah buraden. Daerah yang menjadi icon Purwokerto. Waktu tempuh dari pusat kota kurang lebih 30 menit.

Ke tempat ini, wisatawan perlu membawa perbekalan berupa minuman dan makanan. Karena warung di tempat ini tidak ramah. Jadi siapkan perbekalan. Dan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya.

Melihat jalannya cukup sulit, Anda perlu memakai sepatu yang nyaman. Perhatikan juga kondisi fisik Anda. Jangan dipaksakan saat lelah. Karena jalur yang akan dilalui memang sangat menarik dan menawan.

Beristirahatlah sesekali untuk mengatur napas. Tapi jangan tinggal terlalu lama dan cobalah untuk tidak duduk. Kemudian lanjutkan perjalanan secara perlahan hingga sampai di air terjun. Jika Anda memaksakan diri, itu tidak akan pernah tiba.

Baca Juga : Taman Air Dreamland

Titik selanjutnya adalah lingkaran besar yang menyerupai menara. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa melompatinya dari tebing dan jatuh bebas di bawah air. Rasakan kesegaran dan kesejukan air di sini.

Tiket masuk air terjun Moprok

Untuk menikmati keindahan cantik ini, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar 3.000 rupiah. Ada juga biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jalan-jalan di sekitar Air Terjun Moprok

Setelah Anda mencapai hak ini, Anda harus pergi ke berbagai kawasan wisata di daerah tersebut. dimana banyak air terjun yang bisa dinikmati dan dijadikan sebagai tempat menyendiri dan mencari inspirasi. Diantaranya adalah Curug Telu, Sendang Bidadari dan Kedung Pete.

Mungkin Curug Telu adalah tempat terdekat. Karena sebelum mencapai titik objek ini, Anda harus melewati Curug Telu terlebih dahulu. Tidak ada salahnya menikmati objek ini sejenak karena keesokan harinya di luar apa yang bisa dilihat di gambar.

Galeri Foto Air Terjun Moprok

air terjun moprok

Curug Moprok, Alam Baturaden masih tersembunyi 1

air terjun moprok

air terjun moprok

air terjun moprok

Perbarui foto di Instagram

air terjun moprok merupakan kawasan wisata yang indah untuk dilewatkan. Tantangannya memang bisa memacu adrenalin dan paling baik untuk melatih diri sendiri. Jadi jangan lewatkan kesempatan menarik ini untuk mengunjungi tempat ini.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button