Berita Wisata

Baru! Kampung Wisata Kreatif keenam Bandung ini memiliki pemandangan puncak Kota Kembang yang diresmikan oleh Walikota Yana Mulyana

KANTORJABAR – Walikota Bandung Yana Mulyana baru saja meresmikan Kampung Wisata Kreatif keenam, Kota Bandung, Jawa Barat. Salah satu pilarnya adalah pemandangan puncak kota Bandung dari ketinggian kaki Gunung Manglayang.

Namanya Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci yang terletak di Desa Pasirjati, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dengan diresmikannya Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci, berarti di Kota Bandung telah diaktifkan enam Desa Wisata Kreatif. Lima Desa Wisata Kreatif di Bandung adalah Desa Wisata Sejarah dan Kreatif Braga, Desa Wisata Kreatif Cigadung, Desa Wisata Kreatif Rajut Binong Jati, Desa Wisata Kreatif Literasi Cinambo dan wisata kreatif Cigondewah.

Baca Juga: Wisata Gowa Gardens: Tiada Hari Tanpa Inovasi, Terbaru dari Wisata Gowa Gardens, Ada Kafe di Tengah Kebun Teh

Berdasarkan laman bandung.go.id, Kota Bandung menargetkan memiliki 8 desa wisata pada tahun 2023 dengan tema yang disesuaikan dengan keunggulan masing-masing kecamatan. Dengan cara ini, akan mampu merangsang potensi daerah secara maksimal.

Hal ini sejalan dengan janji Walikota Bandung berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023.

Kecamatan Pasir Kunci merupakan kawasan kreatif dengan konsep pelestarian budaya dan permainan tradisional untuk anak-anak. Salah satu budaya yang masih dilestarikan adalah kesenian Reak. Sedangkan permainan tradisional yang masih dilestarikan oleh masyarakat Pasir Kunci adalah Sapinrong, Cinggarispit, Perepet Jengkol dan permainan angklung untuk anak-anak.

Baca Juga: 4 Wisata Boyolali Terbaru, Punya Spot Foto Instagrammable Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga atau Pacar

Kesenian Reak merupakan perpaduan seni tari Kuda Lumping dengan Singa Barong dengan sampul karung goni.

Semakin banyaknya desa wisata kreatif semakin mengukuhkan Bandung sebagai kota kreatif yang lengkap.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button