Berita Wisata

Lokasi, rute, dan atraksi

Pulau Bali memiliki banyak pantai yang sering dijadikan tujuan wisata baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya adalah Pantai Kelan. Pantai ini ramai dikunjungi karena letaknya yang cukup dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Menyaksikan pesawat mendarat adalah salah satu “atraksi” paling menarik di pantai ini.

Berikut ulasan Pantai Kelan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum berlibur ke sana.

Sekilas tentang Pantai Kelan Bali

Menurut catatan detikBali, Pantai Kelan terletak di Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Desa Tuban sendiri merupakan tempat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berada. Pantai Kelan berada tepat di sebelah selatan bandara.

Oleh karena itu tidak heran jika wisatawan dan warga di sekitar pantai ini dapat melihat pesawat mendarat di landasan pacu bandara I Gusti Ngurah Rai. Pantai ini sendiri menghadap ke barat, sehingga sering menjadi tujuan wisata untuk menikmati sunset.

Lokasi dan Arah Menuju Pantai Kelan Bali

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pantai Kelan terletak di sebelah selatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan termasuk dalam wilayah Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Letaknya sejajar dengan pantai Jimbaran dan Kedonganan.

Untuk mencapai Pantai Kelan, Anda bisa melalui Jalan Segara Madu. Jarak dari Pantai Kelan ke pusat kota Denpasar sekitar 14 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 35 menit. Mobil dan kendaraan lain dengan roda 4 atau lebih bisa menggunakan Tol Bali Mandara. Sedangkan dari Bandara Ngurah Rai jarak tempuhnya hanya sekitar 6 kilometer dengan waktu tempuh 15 menit melalui Jalan Bypass Ngurah Rai.

Tempat Wisata di Pantai Kelan Bali

Daya tarik wisata utama Pantai Kelan tentunya adalah pantai pasir putihnya. Karena menghadap ke barat, Pantai Kelan menjadi destinasi ideal untuk menikmati sunset. Matahari terbenam di sini juga istimewa, karena Anda juga dapat menikmati pesawat yang datang ke Bali mendarat dari barat.

Jika Anda datang dengan pesawat ke Pulau Dewata, pantai ini adalah titik terdekat yang bisa Anda lihat. Anda juga bisa menemukan berbagai warung, warung dan kafe di sekitar Pantai Kelan.

Tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah pasar ikan yang letaknya tidak jauh dari pantai. Kamu tinggal pilih mau ke Pasar Ikan Kedonganan atau Pasar Seafood Jimbaran. Jaraknya tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Aktivitas menarik di Pantai Kelan

Banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pantai ini. salah satu yang paling menarik bagi wisatawan adalah menunggang unta! Ya, di pantai ini terdapat wahana unta yang ditawarkan oleh warga sekitar.

Menurut catatan detikTravel, wisatawan biasanya menggunakan wahana ini untuk menikmati pemandangan pantai dengan cara yang unik dan berbeda. Harga sewanya bervariasi mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung durasi yang diinginkan.

Pemandangan pendaratan pesawat juga menjadi daya tarik Pantai Kelan. Jika Anda menyukai fotografi, bawalah kamera Anda dan abadikan momen saat pesawat mendarat. Lebih indah lagi jika pesawat mendarat bersamaan dengan terbenamnya matahari. Atau Anda hanya bisa menikmati keindahan pemandangan tanpa berfoto.

Pantai Kelan juga memiliki ombak yang tenang, sehingga cukup aman bagi wisatawan untuk berenang, termasuk anak-anak. Selama Anda tidak melepaskan mengawasi anak-anak Anda, oke?

Di sepanjang pantai, Anda bisa bersantai bersama keluarga atau teman sambil menikmati jajanan kuliner. Jika Anda suka olahraga, Anda juga bisa bermain bola voli atau sepak bola di sini bersama teman-teman.

Berapa harga tiket masuk ke pantai Kelan?

Wisatawan tidak perlu membayar tiket atau biaya khusus untuk masuk ke Pantai Kelan. Namun, mereka yang datang dengan kendaraan biasanya membayar biaya parkir. Biaya parkir Pantai Kelan sendiri sangat terjangkau. Yakni Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Pantai Kelan buka setiap hari selama 24 jam kecuali hari raya Nyepi.

Apa saja fasilitas di Pantai Kelan? (H2)

Pantai Kelan dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain:

  • Area Melasti dan penawaran
  • Parkir mobil luas
  • Pusat kuliner (kafe dan restoran)
  • Toilet umum
  • Pusat Informasi
  • Tempat sampah yang memadai di sepanjang pantai
  • Akomodasi

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menjadikan Pantai Kelan sebagai salah satu destinasi liburan Anda di Bali? Jangan lupa untuk membawa tabir surya agar tidak gosong saat berkunjung ke Pantai Kelan. Semoga bermanfaat, detikers!

Tonton video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button