Tempat Wisata

Pantai Paal, pantai yang indah dengan berbagai wahana menantang di Minahasa

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 06.00-17.00 WITA, Alamat: Daerah. Likupang Timur, Kab.Minahasa Utara, Sulawesi Utara; map: Cek lokasi

Mungkin nama Pantai Paal terdengar agak asing di telinga Anda, karena pantai ini agak jauh dari pusat kota Manado. Meski letaknya tersembunyi, pantai ini sepertinya tidak mau kalah bersaing dengan pantai lainnya. Dari segi keindahan yang ditawarkan, pantai di Minahasa Utara ini setara dengan Pantai Kuta. Bahkan Pantai Paal disebut-sebut sebagai Bali-nya Sulawesi Utara.

Lokasinya yang tersembunyi bukan berarti pantai ini sepi. Di sisi lain, Pantai Paal dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Sebagian besar kunjungan ini dilakukan pada siang hari, terutama pada hari libur. Oleh karena itu, wisatawan yang berniat datang ke sini disarankan untuk datang pada pagi hari sebelum menikmati momen indah pemandangan di sekitar pantai.

Pantai yang panjangnya sekitar 100 meter ini dipagari dengan pasir putih yang terlihat seperti kepingan batu mulia yang terlihat sangat indah. Belum lagi jika dipadukan dengan luasnya laut yang memiliki warna-warna indah. Laut ini memiliki ombak yang cukup besar yang membawa angin sejuk dari bibir pantai. Kesejukan akan bertambah dengan adanya rimbunnya pepohonan. Apakah Anda ingin datang ke sini?

Atraksi Paal Strand

Atraksi Pantai PaalSumber gambar: Google Maps Marchel Kindangen

Manfaat Pantai Paal tidak berhenti sampai di situ. Berbagai atraksi ini dijamin akan menarik lebih banyak wisatawan yang ragu untuk datang ke sini atau tidak. Berlibur di pantai menjadi pilihan yang sangat cocok. Dengan berbagai atraksi, wisatawan dimanjakan.

1. Drive game yang menantang

Bagi Anda para wisatawan yang mendambakan liburan dikelilingi keindahan pantai dan ingin memacu adrenalin sekaligus, pantai ini adalah destinasi yang tepat. Pantai Paal dilengkapi dengan beberapa seluncuran air yang pastinya akan menghadirkan tantangan tersendiri. Seperti halnya olahraga air, UFO boat hingga banana boat merupakan salah satu wahana yang paling diminati wisatawan. Bukankah menyenangkan jika kita berlibur di sini?

2. Pesona keindahan pantai

Wisatawan yang datang berkunjung akan disambut dengan pantai pasir putih yang membentang hingga 100 meter, lengkap dengan laut lepas yang luas dengan gradasi warna yang menarik. Dengan sapaan indah ini, wisatawan mendapatkan pengalaman liburan yang tidak akan pernah mereka lupakan. Berkat keindahan panoramanya, pantai ini bahkan disebut-sebut sebagai Bali-nya Sulawesi Utara.

3. Dinaungi oleh pepohonan yang rimbun

Bukan masalah besar jika turis datang pada siang hari. Hal ini dikarenakan Pantai Paal memiliki rerimbunan pohon yang menjulang tinggi, sehingga sinar matahari yang masuk mudah terhalang. Matahari sore yang terik menyengat menembus rindangnya pepohonan yang rimbun di sini. Sehingga wisatawan tidak akan merasakan panasnya kawasan pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PaalKredit foto: Instagram Johan Suji

Pantai Paal terletak di Provinsi Sulawesi Utara tepatnya di Kabupaten Minahasa Utara, Kecamatan Likupang Timur dan terletak di Desa Marinsow. Jarak pantai ini dari pusat Kota Manado sekitar 55 km. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi pantai ini dari Manado sekitar 2 jam. Itulah mengapa pantai indah ini disebut surga tersembunyi karena lokasinya.

Jika sebelumnya jarak Pantai Paal dari Manado, sekarang menjadi jarak Pantai Kota Bitung. Jarak ini sedikit lebih pendek dibandingkan dengan Manado yang sekitar 32 km. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi pantai ini dari kota Bitung hanya sekitar 40 menit berkendara. Jarak dan waktu ini relatif dekat dengan lokasi pantai.

Wisatawan yang berencana berkunjung ke sini dapat memulai perjalanan dari Kota Bitung, arah barat laut di Jalan Likupang-Bitung. Kemudian lanjutkan perjalanan hingga sampai di Jalan Likupang-Girian. Setelah itu, belok kanan dua kali hingga sampai di tujuan. Rute yang sangat mudah bukan? Jadi tidak ada alasan untuk melewatkan wisata bahari di negara Minahasa ini.

Wisatawan yang datang dari luar daerah dapat memulai perjalanan dari Jalan AA Maramis hingga Jalan Manado-Dimembe. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan mengikuti Jalan Sukur-Likupang. Kemudian, sebelum wisatawan bertemu dengan kecamatan Likupang Timus, mereka bisa berbelok ke kanan menuju Jalan Likupang-Girian. Lanjutkan ke Desa Marinsow dan mencapai tujuan Anda.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk ke Pantai PaalSumber gambar: Google Maps Mico lxander

Memang, keindahan yang disuguhkan Pantai Paal bisa memikat siapa saja untuk menghabiskan waktu liburannya di sini. Apalagi bagi yang ingin merasakan aura alam jauh dari hiruk pikuk kota. Lokasinya yang berada di desa dan jauh dari pusat kota menjadi pilihan yang harus diterima wisatawan untuk datang ke sini. Hal ini juga mempengaruhi transportasi menuju kawasan pantai yang cukup mahal.

Wisatawan dapat menyewa mobil di Manado dengan harga sekitar 200.000 rupee untuk pergi ke pantai. Harga ini memang terdengar sedikit mahal, namun ketika wisatawan disambut dengan pesona pantainya, wisatawan akan merasa bahwa harga tersebut tidak ada artinya. Kekaguman yang akan dirasakan wisatawan pada pandangan pertama. Jadi harganya tidak sebanding dengan pesona pantai ini.

Kegiatan menarik di Pantai Paal

Aktivitas di Pantai PaalSumber Gambar: Google Maps Olivia A

1. Menjawab tantangan game drive

Adanya wahana permainan di sini menjadi angin segar bagi wisatawan yang menyukai wahana yang memacu adrenalin. Wisatawan bisa menambah keseruan liburan dengan mencoba wahana di sini. Salah satu yang menjadi favorit adalah banana boat, wisatawan bisa naik banana boat bersama keluarga. Deburan ombaknya yang kuat benar-benar menambah seru suasana.

2. Nikmati hangatnya matahari terbit

Pantai Paal memiliki tempat yang sangat diapresiasi oleh para penikmat sunrise. Bagaimana tidak, pantai ini berada di sebelah timur tempat matahari terbit. Pesona matahari terbit yang disajikan dengan indah oleh pantai ini sangat memikat. Wisatawan bisa mampir setelah subuh untuk menikmati fase terbit matahari dari pantai ini.

3. Bersantai di bawah pepohonan yang rimbun

Bagaikan hutan yang menyuguhkan udara sejuk, pantai ini seakan tak mau ketinggalan. Wisatawan bisa merasakan momen santai yang mungkin jarang Anda dapatkan dengan duduk di sini di bawah rimbunnya pepohonan. Pemandangan laut dengan gradasi biru muda dan tua serta pasir putih melengkapi relaksasi. Benar-benar santai.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Pantai PaalKredit foto: Google Maps Tanozisochi Lase

1.Paradise Hotel Golf & Resort

Mewah adalah kata terbaik untuk menggambarkan hotel ini. Desain bangunan yang mewah dengan sentuhan minimalis akan menciptakan aura memikat dari Paradise Hotel Golf & Resort. Kamar-kamar di hotel ini juga cukup luas dengan tambahan balkon dan pemandangan pantai yang menakjubkan. Fasilitas berupa kolam renang, spa dan gym juga tersedia. Apakah Anda ingin tinggal di sini?

2. Casabaio Likupang Paradise Resort

Embel-embel firdaus yang menyandang nama hotel ini memang bukan sekadar umpan. Casabaio Likupang Paradise Resort merupakan tempat menginap yang cocok bagi wisatawan Pantai Paal. Dilihat dari atas hotel ini terlihat sangat fantastis. Terdapat berbagai fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung seperti kolam renang dan spa.

3. Homestay Tarsius

Bagi Anda wisatawan yang ingin merasakan aura di rumah sendiri, menginap di sini adalah pilihan yang tepat. Desain bangunan hingga interior sangat mencerminkan suasana rumah itu sendiri. Jadi Anda mungkin lupa bahwa Anda berlibur di pantai yang indah ini. Fasilitas mulai dari Wi-Fi gratis hingga sarapan gratis disediakan khusus untuk pengunjung.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di area Pantai PaalSumber gambar: Twitter Garuda Indonesia

Seperti disebutkan, Pantai Paal terletak di desa Marinsow yang jauh dari pusat Kota Manado. Tempat tersembunyi ini sedikit mengkhawatirkan bagi calon pengunjung. Namun, wisatawan tidak perlu khawatir atau ragu untuk datang ke sini. Hal ini dikarenakan fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai sudah memadai.

Wisatawan bisa merasa santai duduk di bawah rerimbunan pepohonan dengan fasilitas paviliunnya. Paviliun ini bisa disewa oleh wisatawan untuk bersantai atau makan bersama keluarga. Wisatawan yang tidak sempat membawa sembako tidak perlu khawatir karena berbagai warung makan dan minum tersedia di sini. Dengan demikian, wisatawan bisa bersantap ditemani panorama alam pantai yang mempesona.

Banana boat yang merupakan game drive populer pasti tersedia di sini juga. Wisatawan juga dapat merasakan permainan lain seperti olahraga air dan perahu UFO. Ada juga seluncuran air lainnya yaitu hoops yang bikin kamu terapung, so have fun! Wisatawan yang ingin selesai bermain air di sini dapat membilas diri di area cuci tangan yang telah disediakan sambil berganti pakaian.

Demikian berbagai hal menarik yang bisa dilakukan dengan Pantai Manado Paal. Seolah diskusi tentang suguhan keindahan yang ditawarkan pantai ini tidak pernah ada habisnya. Sehingga disebut Bali Sulut memang tepat jika menyebut pantai ini. Berbagai sisi positif yang terpancar dari pantai ini tentunya akan menarik pengunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button