Berita Wisata

8 destinasi wisata ramah lingkungan di Indonesia yang cocok untuk traveler ramah lingkungan : Okezone Travel

JIKA Apakah Anda lelah dengan lingkungan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara, Anda harus pergi ke suatu tempat yang indah dan udaranya segar. Tidak jarang destinasi wisata banyak mengalami kerusakan akibat ulah manusia dan alam.

Jangan salah, ini dia delapan rekomendasi destinasi wisata ramah lingkungan dan yang pasti alamnya sangat terjaga kelestariannya.

piring menjangan

Tidak hanya dikenal sebagai pusat wisata budaya dan pantai, ada juga Plataran Menjangan Resort yang terletak di Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terbaik di Banda Neira, Potongan Surga di Indonesia Timur

Kawasan tersebut terdiri dari hutan lindung dengan luas 382 hektar, dan dihuni oleh 175 flora dan 167 fauna. tempat ini telah dianugerahi sebagai World Top Safari Stay oleh Tripadvisor Travellers Choice Award 2021.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran atau Africa Van Java, karena pada musim panas panoramanya menyerupai daratan Afrika. Taman ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Memiliki luas 25.000 hektar, tidak hanya hutan belantara, ada juga kawasan taman baluran yang dijadikan sebagai tempat pelestarian alam berupa hutan lindung. Dengan area utama berupa hamparan padang rumput yang sangat luas.

BACA JUGA:Gudang Wanita Cantik, 5 Wilayah Indonesia Ini Jadi Destinasi Favorit Para Bule yang Mencari Jodoh

Luas sabana mencapai sepertiga dari total luas taman nasional yaitu 10.000 hektar, menjadikannya sabana terluas di pulau Jawa. Tak hanya hutan tempat ini juga memanjakan pemandangan hamparan pasir putih bernama Pantai Bama yang sangat indah, pantai ini hanya menjadi rumah bagi kawanan kera ekor panjang.

Bukit Peramun, Kepulauan Bangka Belitung

Bukit Peramun terletak di desa Air Selumar di Kepulauan Bangka Belitung. memiliki berbagai jenis tanaman membuat keindahan alamnya semakin terasa, anda bisa menikmatinya dengan berfoto dan menyaksikan sunset yang sangat indah.

lingkungan yang bersih dan terawat dikelola dengan baik oleh warga sekitar, dan aturan berkunjung dibatasi agar keindahan alam tetap terjaga.

Menggambar

Bukit Peramun (Portal MNC)

Pantai Tiga Warna, Malang

Pantai Tiga Warna terletak di kecamatan Sumbermanjing Wetan di pantai selatan Jawa di wilayah Malang. Keindahan pantai yang memiliki tiga warna berbeda ini merupakan bagian dari Clungup Mangrove Conservation (CMC) atau sebagai Kawasan Konservasi Mangrove dan Terumbu Karang.

Tak heran jika pantai ini juga menawarkan beberapa program konservasi seperti penanaman mangrove, pemasangan terumbu karang buatan, transplantasi terumbu karang, dan pendidikan kelautan untuk anak-anak.

Baca juga: 3 cara mudah mengirim uang ke luar negeri

Tanjung Ringgit. Lombok

Tanjung Ringgit terletak di desa Pemongkong, kecamatan Jerowaru, tenggara Lombok. Tempat ini dikenal sebagai keindahan alam yang ramah lingkungan. Ada pantai pasir putih, tebing kapur yang dramatis, air laut yang menenangkan dan Anda bisa snorkeling untuk melihat biota laut yang masih alami.

Beberapa tempat ini digunakan sebagai ekowisata, kehutanan dan lahan pertanian, yang membuat tempat ini ramah lingkungan. Pemerintah dan masyarakat juga bahu-membahu melestarikan Tanjung Ringgit.

Taman Nasional Way Kambas

Terletak di Lampung, Taman Nasional Way Kambas memiliki luas 125.000 hektar. Taman nasional pertama dan tertua ini merupakan kawasan konservasi gajah sumatera.

Taman ini bisa Anda kunjungi bersama anak-anak Anda, selain sebagai tempat liburan, tempat ini juga bisa digunakan untuk edukasi, pemahaman tentang cara menjaga alam dan mencintai binatang.

.Desa

Desa ini populer digunakan untuk ekowisata dan budaya. Lokasinya berada di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng di Bali. Terdapat 51 desa pesisir di sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng, tentunya memiliki banyak sumber daya laut.

Menggambar

Tempat ini juga dijuluki sebagai penyelamat terumbu karang. Keindahan terumbu karangnya membuat tempat ini ramai dikunjungi berbagai jenis ikan cantik yang menghiasinya.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Semenanjung Barat di Kalimantan Tengah. Memiliki luas 415.040 hektar yang berfungsi sebagai habitat alami dengan populasi terbesar orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) yang dilindungi dan dilestarikan.

Apalagi Taman Nasional Tanjung Puting merupakan objek wisata karena merupakan rumah bagi hutan hujan tropis tertua di dunia.

Ribuan keanekaragaman hayati flora dan fauna menghiasi keindahan alamnya, sehingga taman ini berhasil meraih medali perak pada Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2018.

Jadi anda dan wajib datang ke tempat ini karena pesona dan eksotisme alamnya tidak diragukan lagi.


Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button