Berita Wisata

Walikota Pagar Alam mengajak masyarakat mewujudkan desa Tebat Lereh berkelas dunia pada ADWI 2022

TIMESINDONESIA, PAGAR ALAMI – Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni SH mengajak dan mengajak seluruh masyarakat kota Pagar Alam untuk bersatu padu mendukung Desa Wisata Tebat Lereh, sebagai Desa Wisata terfavorit dalam acara Desa 2022 Otorita Pariwisata Indonesia (ADWI).

Desa ini terletak di Desa Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan (Sumatera Selatan).

“Saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Pagar Alam, mari kita dukung desa wisata Tebat Lereh sebagai desa wisata favorit event ADWI 2022,” kata Kak Pian, sapaan akrab Alpian Maskoni, Rabu 26/10/2022.

Cara atau bentuk dukungannya, kata Kak Pian, adalah dengan membuka channel YouTube @kemenparekraf.ri, memilih playlist ADWI 2022, memilih video ‘Desa Wisata Tebat Lereh Meringang’. Kemudian tonton videonya sampai habis, dan jangan lupa like, comment, dan subscribe.

“Karena video dengan like terbanyak berpeluang memenangkan Desa Wisata Terpopuler ADWI 2022. Voting dimulai 24 Oktober hingga 28 Oktober 2022,” jelas Kak Pian.

Dari situ, lanjut Kak Pian, kembali mengajak masyarakat, untuk bisa mewujudkan desa wisata Tebat Lereh, menjadi desa wisata kelas dunia.

“Ayo, wujudkan Desa Wisata Tebat Lereh berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan agar Indonesia bisa berkembang,” kata Kak Pian.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagar Alam, Brilian A, mengatakan pihaknya bersyukur tahun ini Kota Pagar Alam kembali masuk dalam nominasi desa wisata yang digagas Kementerian Pariwisata. Tahun sebelumnya, Desa Wisata Plang Kenidai, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam masuk nominasi. Sementara itu, desa wisata Tebat Lereh yang juga terletak di Kecamatan Dempo Selatan tahun ini masuk nominasi ADWI 2022.

“Alhamdulillah ini adalah tahun kedua desa-desa di kota Pagar Alam masuk nominasi ADWI. Padahal, setahun sebelumnya Plang Kenidai memenangkan ajang ADWI,” kata Brilliant.

Dikatakannya, tahun ini desa wisata Tebat Lereh masuk 20 besar bahkan dikunjungi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno Agustus lalu untuk melakukan penilaian langsung dari desa Tebat Lereh.

Brilian mengatakan, saat ini kota Pagar Alam tidak kekurangan lokasi desa wisata karena kondisi alamnya yang sangat mendukung. Dengan alam pegunungan dan keindahannya, membangkitkan, seperti serpihan surga yang dinyanyikan Iwan Fals beberapa tahun lalu saat konser di Kota Pagar Alam.

Bodok (25), warga Pagar Alam mengaku sangat bangga tinggal di kota Pagar Alam yang memiliki alam yang sangat indah dan ia yakin Desa Wisata Tebat Lereh akan memenangkan ajang ADWI tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pertimbangannya, di desa Tebat Lerah terdapat air terjun yang sangat indah dan makanan khas serta rumah adat Pagar Alam yang selalu asri dan dijaga oleh kerabat desa, terang Brilliant.

**)

Dapatkan update berita pilihan dari TIMES Indonesia setiap hari dengan bergabung di grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan daftar. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button