Tempat Wisata

Pantai Surumanis Kebumen – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiketPantai Surumani salah satu pantai paling eksotis dan indah di kebum. Pantai khas Laut Selatan dengan spot-spot keren dan menantang.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Beta, Pasir, Kec. ayah, kabupaten. Kebumen, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Panorama pantai selatan terkenal dengan keindahannya yang menakjubkan. Selain itu, pantai selatan juga dikenal memiliki ombak yang besar dengan pasir putih dan bebatuan yang eksotis. Nah, salah satunya adalah Pantai Kebumen Surumanis ini. Lokasi pantai ini cukup tersembunyi di ujung selatan Kebumen dan masih menjadi destinasi wisata baru dengan keindahannya yang masih terjaga.

Seiring berjalannya waktu, objek wisata ini berkembang dan menjadi terkenal di kalangan masyarakat milenial. Karena banyak orang memposting foto dengan latar belakang keindahan pantai yang khas dari bebatuan pantai selatan.

Meski destinasi wisata pantai di Kebumen ini terbilang masih sangat baru, namun eksotisme pantainya mampu memukau setiap orang yang datang berkunjung. Pantai Surumanis memiliki panjang sekitar 600 meter dengan tebing-tebing yang terlihat hijau asri dengan karang-karang yang bertebaran di sepanjang pantai.

Daya Tarik Pantai Surumani

Tempat Wisata di Pantai SurumanisSumber gambar: Google Maps Yulia Angelina

Pantai ini memiliki pantai eksotis yang tersembunyi yang sangat menakjubkan. Di sini Anda bisa merasakan surga tersembunyi dengan segala keindahannya. Semuanya masih terasa sangat bagus dan alami. Karena tidak banyak pengunjung yang datang, pantai ini masih sangat bersih dari sampah.

Keadaan pantai yang masih sepi membuatnya begitu mempesona dengan keindahan dan kealamiannya. Di sinilah letak daya tarik Pantai Surumanis bagi wisatawan.

1. Tempat foto di pojok

Di sini Anda bisa melihat beberapa sudut foto yang sengaja disediakan pengelola untuk wisatawan yang ingin berfoto selfie. Spot foto di pojokan ini pasti akan menyuguhkan foto-foto Instagramable.

Tidak hanya spot foto, bagian lain dari pantai ini juga bisa dijadikan spot foto menarik. Dengan mengambil sudut foto yang tepat dan Latar Belakang yang begitu eksotik pasti akan menghasilkan foto yang sangat keren.

Banyak wisatawan yang datang ke pantai dan berfoto selfie di pojok foto ini kemudian mempostingnya di laman media sosial mereka. Hal inilah yang membuat Pantai Surumani dikenal masyarakat luas karena keindahannya yang masih sangat alami dan asri.

2. Bentuk pantainya seperti teluk

Tahukah kamu kalau pantai ini berbentuk seperti teluk? Ya, itulah mengapa tempat ini memiliki ombak yang kecil dan jinak. Sebab, ombak sudah terpecah dengan adanya bebatuan yang bertebaran di sepanjang pantai.

Inilah salah satu daya tarik yang cukup membuat para wisatawan kembali ke tempat wisata ini.

3. Bukit hijau

Daya Tarik Pantai SurumaniKredit foto: Google Maps Umi N. Triana

Di sekitar pantai terdapat perbukitan yang masih terlihat hijau. Keberadaan bukit-bukit tersebut menambah indahnya suasana pantai. Saat kondisi wisata masih tenang, Anda merasa nyaman dan tenang di sini. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih rileks saat menikmati liburan di pantai Surumanis ini.

Berwisata ke Pantai Serumanis sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Meski butuh usaha lebih untuk mencapai pantai, jika Anda datang terlambat, semua rasa lelah akan terbayar dengan keindahan pantai yang mempesona.

4. Batu karang yang eksotis

Tak hanya itu, di sepanjang pantai Anda akan disuguhi pemandangan eksotisme hamparan tebing karang khas tebing pantai selatan. Anda juga bisa menjadikan batu-batu ini sebagai tambahan untuk foto Anda. Selain itu, pasir pantainya yang berwarna hitam juga sangat indah jika dijadikan sebagai background foto Anda.

5. Pemandangan Pemandangan di atas bukit

Di pantai ini Anda bisa melihat panorama pantai yang indah dengan sudut pandang yang berbeda dari atas. Di sini Anda bisa menikmati panorama alam pantai yang indah tanpa hambatan.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Surumani

Kredit Foto: Google Maps Endah Yuwatiningsih

Tahukah Anda bahwa alamat wisata Pantai Surumani ini memiliki nama kecamatan yang unik? Ya, wisata bahari ini terletak di kecamatan Ayah. Tepatnya di Desa Pasir, Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi wisata pantai ini berdekatan dengan wisata lainnya di bagian timur yaitu Pantai Paddian.

Untuk sampai ke destinasi pantai ini, Anda harus melewati jalan setapak yang cukup terjal dan berbukit. Jika Anda memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, pastikan terlebih dahulu kendaraan dalam kondisi baik agar tidak ada masalah naik turun bukit.

Perjalanan ini akan sangat melelahkan dan menantang karena perbukitan yang sangat curam dan kondisi jalan yang kurang baik. Tidak hanya kondisi kendaraan yang harus diperhatikan, tetapi juga kondisi kesehatan tubuh Anda. Karena perjalanan yang penuh pertempuran seperti ini membutuhkan kondisi fisik yang prima.

Untuk mencapai tempat-tempat menarik, ada beberapa rute yang harus Anda ikuti. Jika Anda datang dari kota Kebumen, maka segera ambil jalan yang mengarah ke Pantai Petahanan, lalu Pantai Suwuk, lalu Pantai Karang Bolong.

Perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Ayah, lalu ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di Pantai Pasir. Nah jika anda menemukan tanjakan yang sangat curam dan tajam disini maka anda akan melihat gerbang Pantai Pacoran.

Dari sini Anda harus berjalan kaki sejauh 1 km untuk mencapai pantai Surumani. Sungguh perjalanan yang melelahkan dan melelahkan bukan?

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis Kebumen

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis KebumenSumber Gambar: Google Maps Allief Fajar Jundan

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan surgawi pantai ini, Anda bisa membeli tiket masuk terlebih dahulu. Untuk tiket masuk pembalasan, Anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah.

Nah, bagi Anda yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir. Untuk sepeda motor, biaya parkirnya hanya 2.000 rupiah. Untuk mobil biaya parkirnya 5.000 rupiah.

Retribusi masuk wisata pantai digunakan oleh pengelola untuk meningkatkan sarana dan prasarana wisata pantai yang ada. Selain itu, uang tersebut juga akan digunakan untuk menutupi biaya pembersihan lokasi wisata.

Aktivitas menarik di pantai Surumani

Aktivitas menarik di pantai SurumaniSumber gambar: Google Maps Masriyanti

Berlibur di pantai Surumani, Anda bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Kegiatan ini hampir sama dengan liburan wisata pantai pada umumnya.

1. Berfoto di Spot Corner

Di sini Anda bisa berfoto dengan berbagai sudut foto yang disediakan. Hal ini bertujuan agar tempat wisata lebih hidup dan dikenal masyarakat luas ketika dipublikasikan di media sosial.

Selain itu, masih banyak area lain dengan spot foto yang tak kalah menarik. Asalkan kamu pintar mencari tempat yang terasa instagramable dan memiliki angle yang pas.

2. Bermain pantai berpasir

Kayak liburan pantai, disini main pasir pantai juga. Mulai dari membangun kastil, menyelam ke pantai dan masih banyak lagi.

3. Nikmati pemandangan bukit

Ada bukit di sekitar pantai yang bisa Anda lewati untuk sampai ke puncak bukit. Di atas bukit, Anda bisa menikmati pesona keindahan Pantai Surumani dari atas. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam wisata pantai dari segala sudut.

4. Berkemah

Aktivitas menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur di pantai adalah berkemah. berkemah di pantai selalu merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama teman atau keluarga.

Berkemah di tepi pantai akan memberikan sensasi tersendiri bagi Anda. Anda dapat menikmati angin laut di malam hari untuk menikmati keindahan matahari terbenam atau matahari terbit di pagi hari. Jangan lupa bahwa Anda juga bisa membakar ikan dengan membuat api unggun di dekat perkemahan.

5. Berenang

Berenang adalah salah satu kegiatan paling menarik yang dapat Anda lakukan di pantai. Anda juga bisa bermain air saja. Namun perlu diingat bahwa tidak semua pantai bisa digunakan untuk berenang, ya. Anda harus melihat dulu apakah air laut dan ombaknya cocok untuk berenang atau tidak.

6. Olahraga pantai

Saat liburan ke pantai, hal yang paling seru dilakukan bersama teman adalah bermain olahraga pantai. Ini bisa berupa voli pantai atau sepak bola pantai. Anda juga bisa bermain bola di pantai.

Akomodasi murah dekat Pantai Surumani

Akomodasi murah dekat Pantai SurumaniSumber Gambar: Google Maps Wawan Triawan

Jika Anda lelah dengan segala aktivitas selama liburan di Pantai Surumani dan tidak ingin pulang atau berkemah di tepi pantai, Anda bisa menginap di hotel atau penginapan yang dekat atau paling dekat dengan tempat wisata.

1. Suwuk Bungalow menghadap ke Sungai Pantai

Akomodasi yang paling dekat dengan kawasan wisata di Kebumen ini adalah Pantai Suwuk pemandangan sungai Bungalo. Terletak di Kabupaten Tambakmulyo, Kebumen. Jarak penginapan dengan bungalow kurang lebih 4,63 km.

2. Pintu Merah sekitarnya Gua Jatijajar

Rekomendasi akomodasi selanjutnya terletak di Kecamatan Ayah, Kebumen. pintu merah sekitarnya Gua Jatijajar berjarak sekitar 11,87 km dari kawasan wisata pantai.

3. Hotel dan Restoran Candisari

Untuk Candisari Hotel and Resto berjarak 21,81 km dari kawasan wisata Pantai Surumanis, Kebumen. Lokasi penginapan ini berada di Karanganyar, Kebumen. Harga untuk satu malam adalah sekitar 380.000.

4. Maleo Kostel Swakarya

Maleo Kostel Swakarya merupakan penginapan dengan lokasi yang jauh dari pantai yaitu sekitar 23,92 km dari bibir pantai. Hotel Maleo terletak di Selman, Yogyakarta. Karena harga untuk menginap per malamnya sekitar 190.000.

5. Hotel Garuda

Rekomendasi akomodasi terakhir adalah Hotel Garuda yang berjarak 26,1 km dari kawasan pantai ini. Hotel ini cukup jauh, yaitu di Purwokerto.

Fasilitas di Pantai Surumanis Kebumen

Fasilitas Pantai Suumanis KebumenKredit foto: Google Maps Katsiron Boement

Pantai Suumanis memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap untuk memanjakan pengunjung yang datang berlibur.

1. Wahana baru

Berlibur di pantai eksotis ini, Anda akan disuguhkan beberapa wahana baru, antara lain rumah pohon, jembatan setengah lingkaran, gua tepi pantai, dan wahana elang.

2. Tempat foto di pojok

Tidak hanya itu, Anda juga bisa berfoto di area pojok foto yang disediakan untuk mendukung foto Anda agar terlihat lebih bagus untuk Instagram.

Inilah keindahan yang ditawarkan Pantai Surumanis di Kebumen. Bagi anda yang ingin berlibur di pantai ini, harap mempersiapkan fisik yang stabil dan kendaraan dalam kondisi baik. Karena kenangan perjalanan itu begitu ekstrim.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button