Tempat Wisata

Pantai Marina Dumai, pesona pantai yang indah dan panorama matahari terbenam yang mempesona

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau; map: Cek lokasi

Pantai Marina merupakan salah satu tempat wisata di Dumai yang bisa anda kunjungi bersama teman dan keluarga tercinta. Ada berbagai macam keunikan di pantai yang satu ini yang tidak akan membuat Anda bosan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas menarik selama liburan di sana.

Oleh karena itu, pantai eksotis ini menjadi tempat wisata favorit masyarakat Kota Dumai. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung lokal yang menikmati liburan di pantai. Bahkan, tidak hanya pengunjung lokal saja yang datang, tetapi juga beberapa pengunjung asing yang datang ke sana.

Segera jadikan pantai sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika waktu liburan tiba. Namun, pengunjung harus mengetahui beberapa hal menarik tentang Pantai Marina sebelum berkunjung agar dapat menikmati panorama alamnya.

Atraksi Pantai Marina

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai MarinaSumber gambar: Twitter Tentang Dumai

1. Panorama matahari terbenam yang indah

Keindahan panorama matahari terbenam tidak ada bandingannya, apalagi jika dilihat dari kawasan pantai yang asri dan segar. Tentu saja, wisatawan tidak boleh melewatkan momen yang satu ini. Terdapat siluet matahari yang memberikan kesan estetis di sore hari.

Langit berubah menjadi jingga dan berkontribusi pada angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh. Maka dari itu dengan suasana seperti di negeri dongeng, yang mengundang wisatawan untuk berlama-lama disini.

Keindahan sunset juga menambah romantisme saat bersama orang-orang tersayang. Tidak hanya pasangan, tetapi juga dengan keluarga atau teman bercanda adalah pilihan terbaik untuk menikmati momen.

2. Pemandangan malam yang menakjubkan

Saat malam tiba, panorama di Pantai Marina Dumai tidak hilang dengan terbenamnya matahari. Menariknya, pantai ini berada tepat di seberang negara Singapura. Tentu saja, gemerlap cahaya yang berasal dari daratan juga sangat jernih di pantai ini.

Wisatawan yang sengaja datang pada malam hari atau sore hari sekitar pukul 6 sore biasanya sudah berada di pinggir pantai untuk menikmati nuansa malam hari yang mempesona. Tak heran jika jumlah wisatawan yang berada di sana pada malam hari lebih ramai dibandingkan pada pagi atau sore hari. Anehnya, angin malam yang dingin di sini justru menambah kenyamanan.

3. Diisi dengan Batu Ukuran Besar

Atraksi Pantai MarinaKredit foto: Google Maps Budi C. Dirgantara

Saat pengunjung datang ke pantai ini, pengunjung akan menemukan dataran luas dan berpasir yang bibir pantainya dipenuhi bebatuan besar. Bebatuan tersusun rapi di sepanjang pantai, yang berfungsi untuk menghalau ombak besar. Selain itu, bebatuan juga tahan terhadap ombak, sehingga tidak terjadi abrasi yang sewaktu-waktu bisa menerpa.

4. Penduduk setempat yang ramah

Tentunya pengunjung merasa senang ketika berwisata ke tempat yang penduduknya baik dan ramah. Hal ini juga ditemukan ketika Anda datang ke Pantai Marina ini. Di sana, warga sering menyambut banyak wisatawan, baik domestik maupun asing. Hal-hal kecil seperti ini sangat cocok untuk menarik banyak orang untuk menghabiskan musim liburan mereka di tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai MarinaKredit foto: Instagram Angga Sandry

Lokasi pantai populer ini sendiri berada di Desa Teluk Makmur, Medang Kampai, Kota Dumai, Riau. Lebih spesifiknya, pantai ini terletak di kawasan selatan Kota Dumai. Ada beberapa pantai yang indah dan salah satunya adalah Pantai Marina ini.

Pantai ini berjarak sekitar 15-20 km dari pusat Kota Dumai, namun menuju ke sana sangat mudah. Namun, pengunjung tetap perlu menyiapkan beberapa kebutuhan saat cuaca tiba-tiba berubah tidak bersahabat. Pasalnya di sana kadang bisa cerah, tapi juga tiba-tiba mendung.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Pantai Marina DumaiSumber gambar: Twitter kabar baik

Sebelum memasuki Pantai Marina, semua pengunjung yang datang harus dikenakan tiket masuk. Anda tidak perlu khawatir, karena tiket masuknya sendiri cukup terjangkau. Hanya dengan membayar 10.000 rupiah Anda sudah bisa menikmati pemandangan menarik di kawasan pantai.

Namun, ada opsi lain agar Anda bisa lebih hemat saat membayar tiket masuk ke sana. Mereka melakukan ini dengan mengunjungi dengan kelompok besar sehingga Anda bisa mendapatkan diskon atau diskon. Selain itu, jika menggunakan jasa travel biasanya akan lebih murah lagi.

Uang dari pungutan setiap tiket masuk pengunjung ini nantinya digunakan pengelola sebagai modal untuk membangun kembali dan memelihara pantai. Dengan cara ini, tempat-tempat wisata tersebut dapat terus dilestarikan dan diubah menjadi lebih baik.

Di sisi lain, harga di atas dapat berubah tanpa batas waktu. Oleh karena itu, pengunjung harus selalu menyiapkan meja kas darurat lainnya untuk mengantisipasi kenaikan harga tiket. Jika harga tiket dinaikkan atau diturunkan, tidak akan menyimpang terlalu jauh dari nilai nominalnya.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Marina

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai MarinaSumber gambar: Google Maps Egis Adri

1. Naik banana boat

Pengunjung bisa mengelilingi kawasan laut di sini dengan menyewa banana boat bersama banyak teman. Anda akan merasakan serunya menaiki banana boat yang tentunya berbentuk buah pisang sambil merenungkan indahnya panorama laut. Naik banana boat juga membuat Anda seolah terbang di atas lautan biru yang indah.

2. Memancing

Biota laut berupa ikan berbagai ukuran yang hidup di laut sendiri cukup banyak. Oleh karena itu, memancing adalah salah satu hal yang banyak dilakukan oleh para pengunjung, terutama para pria. Anda bisa membawa alat pancing sendiri dari rumah atau menyewanya. Kegiatan ini bisa membuat Anda lebih rileks.

3. Piknik

Aktivitas di Pantai MarinaKredit foto: Google Maps Sur yadi

Salah satu kegiatan menarik di Pantai Marina adalah piknik. Kegiatan piknik juga cocok untuk segala usia, dari yang tua hingga yang muda. Tentu saja, jangan lupa untuk membawa makanan atau minuman favorit Anda untuk kegiatan ini. Anda dijamin akan merasakan ketenangan yang luar biasa.

4. Bermain pasir

Bermain pasir adalah kegiatan yang selalu dilakukan oleh orang-orang di pantai yang indah. Apalagi bagi pengunjung yang membawa anak kecil. Pasir pantai sangat mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk lucu yang disukai anak kecil. Kegiatan ini juga sangat cocok karena tidak membahayakan.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantai Marina DumaiKredit foto: Google Maps Ity Hotel

1. Hotel Kota

City Hotel sering dipilih sebagai akomodasi karena bangunannya yang relatif baru. Didesain dengan gaya modern minimalis, hotel ini mudah diakses untuk menjangkau destinasi wisata di Dumai, termasuk Pantai Marina. Untuk kamarnya sendiri bagus kamarnya dan ukurannya sesuai dengan harga yang dibayarkan.

2. Benteng Hotel

Cititel Hotel dibangun dengan desain eksterior dan interior yang sangat futuristik. Bagi yang masih belia tentunya tempat ini menjadi spot foto yang sangat menarik. Hebatnya, hotel menyediakan layanan medis sebagai fasilitas penting. Check-out dan check-in juga dapat dilakukan dengan express.

3. Hotel Kristal

Hotel Kristal menarik biaya yang sangat rendah untuk semua pelanggannya. Namun, Anda tidak mendapatkan fasilitas berupa air panas di setiap kamar. Desain hotel ini cukup minimalis dengan sentuhan tradisi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Marina Beach TourKredit Foto: Google Maps Rahmad Praya Putra

Daya tarik utama Pantai Marina adalah alam karena garis pantainya sendiri merupakan urat nadi dunia pelayaran daerah tersebut. Baik untuk bepergian ke luar negeri atau hanya bepergian dari satu pulau ke pulau lain seperti B. Pulau Bengkalis, Pulau Rupat dan Pulau Batam.

Toko-toko dan kios-kios kecil juga ada di sana. Berbagai jenis makanan, minuman dan aksesoris dijual di sana. Sehingga pengunjung tidak perlu bingung saat ingin menikmati kelezatan kuliner atau membeli oleh-oleh.

Ada juga toilet di pantai. Ini dalam kondisi bersih dan terawat. Bagi Anda yang beragama Islam juga terdapat tempat ibadah berupa mushola jika ingin beribadah.

Nah, itu tadi banyak hal terkait Pantai Marina di Dumai yang menakjubkan. Jika Anda semakin penasaran dan tertarik dengan destinasi wisata alam yang satu ini, jangan ragu dan segera datang ke Dumai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button