Berita Wisata

Gerbang Karang menuju Surga Selancar di Pantai Suluban

Kawasan Uluwatu Bali memiliki banyak tempat wisata pantai yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur. Bagi Anda yang bertanya, dimanakah pantai terbaik di Uluwatu?

Salah satu rekomendasi pantai di Uluwatu yang bagus untuk dikunjungi adalah Pantai Suluban atau Pantai Suluban. Pantai Suluban juga dikenal sebagai Pantai Blue Point Uluwatu oleh banyak orang asing atau turis asing.

Keindahan pantainya bisa dikatakan tersembunyi oleh tebing-tebing karang, dimana hal tersebut menjadi salah satu daya tarik Pantai Suluban. Biar nggak penasaran, yuk cari tahu lebih lanjut tentang objek wisata, tempat dan cara menuju Pantai Suluban berikut ini.

Aktivitas di Pantai Suluban

1. Pantai pasir putih tersembunyi yang indah

Keunikan pantai Suluban adalah letaknya yang tersembunyi, di balik tebing batu yang besar dan tinggi. Ini menjadi ciri khas pesisir Uluwatu.

Selain itu, Pantai Suluban memiliki hamparan pantai pasir putih yang memanjakan mata. Kecantikan semakin lengkap dengan air laut yang jernih. Menikmati pemandangan pantai seperti ini, Anda akan betah berlama-lama disana.

2. Gerbang Batu

Untuk mengakses pantai ini, wisatawan harus menuruni anak tangga. Menariknya, sebelum sampai di pantai, pengunjung juga akan melewati gerbang batu yang tinggi (mirip gua). Dimana, gerbang karang ini sering disebut sebagai gerbang karang menuju surga selancar.

Dikutip dari catatan detikTravel, ambang pintu berbatu mirip gua itu tampak cukup lebar, dengan dasar pasir putih yang lembut. Ada juga jalur pejalan kaki yang ramai dikunjungi wisatawan.

3. Tempat selancar terkenal

Ombak yang pecah di Pantai Suluban cukup besar, membuat Pantai Suluban menjadi tempat berselancar yang populer di kalangan peselancar. Menurut situs biro perjalanan tersebut, banyak peselancar mengunjungi Pantai Suluban sekitar bulan April-Agustus.

Tepatnya saat angin bertiup dari timur ke barat, karena ketinggian ombak bisa mencapai 3 hingga 12 meter. Dimana, momen ombak tinggi menjadi incaran sekaligus tantangan para peselancar profesional.

4. Matahari terbenam di atas Samudera Hindia

Keindahan sunset di atas Samudera Hindia menjadi daya tarik selanjutnya di Pantai Suluban. Nah, bagi Anda yang tidak suka berselancar, Anda bisa menikmati keindahan pantai Suluban saat matahari terbenam.

Lokasi dan Cara Menuju Pantai Suluban

Pantai Suluban terletak di Desa Pecatu, Uluwatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Bisa dibilang lokasi Pantai Suluban cukup jauh dari pusat wisata Bali, contohnya Jimbaran dan Kuta di Bali. Cara menuju pantai Suluban bisa dengan menggunakan mobil atau motor.

Anda juga bisa langsung menyewanya dengan sopir atau jasa wisata untuk menuju pantai Suluban. Sedangkan untuk menuju bibir pantai Suluban Uluwatu kita harus menuruni anak tangga dan berjalan kaki sekitar 200 meter dari tempat parkir terdekat.

Aktivitas Menarik dan Wisata Seru di Pantai Suluban

1. Berselancar

Pantai Suluban dikenal sebagai pantai dengan tebing yang menjulang tinggi dan ombak yang besar. Sangat cocok untuk wisatawan yang suka berselancar atau surfing. Jadi jangan heran, jika ke sana mungkin akan banyak dijumpai bule yang melakukan aktivitas surfing.

2. Nikmati suasana pantai yang menawan

Selain bermain air, Pantai Suluban menawarkan pemandangan yang indah, yaitu pemandangan pasir putih, air laut perpaduan hijau dan biru, serta bebatuan yang luar biasa. Paling khusyuk ditambah dengan suara deburan ombak yang terdengar.

3. Menikmati keindahan matahari terbenam

Jika ingin menikmati sunset, Anda harus standby saat masuk sore hari. Kita akan dapat melihat matahari terbenam (sunset). Kita juga bisa menikmati sunset, baik langsung di pinggir pantai maupun dari lokasi di tebing pantai Suluban.

Menurut pantauan detikTravel, sangat ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari. Dimana, kebanyakan dari mereka datang untuk duduk dan bersantai di kafe tebing sebelum menuju pantai.

4. Makan makanan dengan pemandangan indah di sekitar Pantai Taliban

Sebelum sampai di pantai, di sepanjang jalan, kita juga akan melewati kafe dan restoran yang terletak di atas tebing. Anda bisa berhenti sejenak di sana untuk makan atau minum.

Selain memanjakan perut, Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai ini dari ketinggian. Dari atas tebing, Anda bisa melihat bebatuan jernihnya air laut Pantai Suluban.

5. Perburuan Foto

Pantai Suluban memiliki pemandangan yang unik. Jadi, pengunjung bisa berburu foto untuk mengabadikan keindahan pantai ini. Gerbang Surga yang berbatu merupakan spot foto yang bagus di Pantai Suluban, ditambah dengan pemandangan pasir putihnya.

Wisata seru lainnya di sekitar Pantai Suluban:

Lokasi pantai Suluban tidak jauh dari pantai Uluwatu. Jadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Pantai Taliban adalah Pura Uluwatu. Dari Pantai Taliban ke Pura Uluwatu, jaraknya sekitar 3 kilometer.

Di Pura Uluwatu, Anda juga bisa menikmati matahari terbenam sambil menyaksikan pertunjukan tari Kecak Bali. Selain dekat dengan Pantai Uluwatu, lokasi Pantai Suluban juga tidak jauh dari Pantai Padang-Padang.

Fasilitas umum yang dapat digunakan

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Suluban Uluwatu tidak perlu khawatir. Pasalnya, beberapa fasilitas tersedia di sekitar Pantai Suluban, antara lain:

  • Area parkir kendaraan
  • Tempat penginapan atau hotel
  • Kopi
  • Restoran dan tempat makan
  • Toilet
  • Toko suvenir
  • Belvedere
  • Penyewaan skateboard.

Itulah informasi mengenai Pantai Suluban Blue Point yang menawan. Jadi, Pantai Suluban Uluwatu sudah pasti masuk dalam daftar destinasi wisata jika Anda berkunjung ke Bali.

Saksikan Video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Kuliner Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button