Tempat Wisata

Pantai Batu Bengkung, nikmati panorama alam sambil kulineran di Malang

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Batu Bengkung merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Malang. Karena pesona lautnya sangat menarik bagi wisatawan. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang. Selain itu, bentuk pantainya juga cukup unik karena airnya membentuk kolam di antara bebatuan besar.

Menurut penduduk setempat, pantai ini disebut Batu Bengkung karena memiliki bentuk fisik seperti wanita yang menggeliat. Anda juga bisa berenang dengan aman di pantai ini karena memiliki banyak bebatuan sehingga tidak mudah hanyut oleh ombak. Birunya air laut destinasi ini tentu saja akan memukau semua orang.

Cobalah berlibur di pantai ini dengan membawa bermacam-macam pakaian, makanan dan barang-barang penting lainnya. Berlibur di pantai yang satu itu pasti akan terasa seru dan menyenangkan, apalagi jika Anda membawa keluarga atau teman-teman rombongan. Sebelum Anda pergi berlibur, Anda bisa menyimak informasi berikut ini terlebih dahulu.

Daya Tarik Pantai Batu Bengkung

Objek Wisata yang dimiliki oleh Pantai Batu BengkungKredit foto: Info Instagram Malang Raya

1. Keindahan pesona pantai

Pantai Batu Bengkung sendiri memiliki keindahan alam yang hampir sama dengan berbagai jenis laut lainnya di Indonesia. Namun, pantai ini sangat terkenal dengan keindahan air lautnya yang biru. Warna laut menjadi lebih indah saat Anda berfoto di dalamnya. Air laut yang jernih ini terlihat berkilauan saat terkena sinar matahari.

Apalagi kamu juga bisa menikmati panorama sunset yang cukup bagus dari destinasi wisata yang satu ini. Tentu saja, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam ini dengan menginap di hotel atau melakukan kegiatan berkemah saat berlibur. Anda juga bisa merasakan kesegaran air laut saat mencoba berenang di pantai ini.

2. Bukit untuk difoto

Pantai ini memiliki bukit di sebelah barat dan bisa dilihat saat pagi hari tiba. Untuk menuju puncak bukit, Anda bisa dengan mudah menempuhnya saat kondisi laut sedang surut. Namun saat kondisi normal, Anda harus mendaki bukit melalui jalur yang berbeda dan lebih sulit untuk mencapai puncaknya.

Bukit populer ini merupakan salah satu spot foto terbaik di Pantai Batu Bengkung. Para wisatawan biasanya rela mendaki jalur yang cukup berbahaya untuk mencapai puncak bukit ini. Tentu saja, jika Anda bisa membuatnya dan mengambil foto di atas, Anda akan memiliki pemandangan terbaik dari semua pesona air laut.

3. Tempat yang bagus dan tenang

Atraksi Pantai Batu BengkungKredit foto: Instagram Christianto Poernomo

Pantai ini tidak hanya memiliki pesona yang indah, tetapi juga suasana yang sangat tenang dan asri dari daerah sekitarnya. Akan sangat menyenangkan jika liburan di pantai ini bisa melupakan stres setelah bekerja. Tempat wisata ini juga bisa memanjakan mata dengan pemandangan indah yang disuguhkan setiap hari.

Selain itu, Pantai Batu Bengkung juga sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari keramaian kota. Anda dapat bersantai di bawah pohon dan menikmati deburan ombak dan angin segar di sekitar pantai. Jalan-jalan sore dengan pemandangan panorama matahari terbenam juga akan membuat liburan Anda menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

4. Sistem parkir kendaraan 24 jam

Sistem parkir non stop juga tersedia di tempat wisata ini. Layanan yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri yang menawarkan kemudahan bagi seluruh pengunjung. Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menginap di tempat wisata ini karena kendaraan akan tetap aman. Anda juga bisa menikmati liburan dengan nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Batu BengkungSumber gambar: Google Maps abdun dk

Pantai Batu Bengkung sendiri terletak di kawasan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lebih khusus lagi, pantai ini terletak di jalan yang disebut Jalan Lintas Selatan di desa Gajahrejo. Meski jauh dari pusat kota, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan sehingga menjadikannya sebagai destinasi wisata terbaik Kota Malang.

Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 mil dalam waktu dua jam, yang cukup melelahkan saat berkendara. Namun, itu akan terbayar setelah melihat keindahan pantai yang mempesona.

Sedangkan untuk rutenya sendiri, ada dua cara untuk menuju tempat wisata tersebut. Pertama Anda perlu mengarahkan kendaraan dari pusat kota Malang ke daerah Turen lalu ke Sumbermanjing Wetan. Setelah itu kembali ke tiga pantai yaitu Sendangbiru, Goa China dan Bajulmati dengan jalur yang cukup berbahaya selama perjalanan.

Sementara itu, wisatawan juga memiliki rute yang jauh lebih cepat, yakni melalui Kepanjen, lalu Pagak dan Gondanglegi. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Pantai Bantur dan Balekambang yang dekat dengan tempat wisata. Dengan cara ini Anda akan mencapai tujuan Anda lebih cepat.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai BengkungKredit foto: Info Instagram Malang Raya

Tiket masuk dari Pantai Batu Bengkung sendiri sangat murah dimana anda hanya membayar 10.000 rupiah saja. Sedangkan biaya parkir kendaraan adalah 10.000 bagi yang akan menginap. Jika tidak menginap, cukup membayar biaya parkir sebesar 5.000 saja. Namun, situasinya berbeda dengan total biaya liburan.

Meski harga tiketnya murah, Anda pasti harus membayar pengeluaran lain seperti makan, akomodasi, membawa bekal, dan lain sebagainya. Anda akan menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk biaya liburan, apalagi jika Anda dari luar kota. Namun, harganya masih relatif normal dibandingkan dengan destinasi wisata terkenal lainnya.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Batu

Aktivitas di Pantai BatuKredit foto: Google Maps hadnys setyo

1. Nikmati makanan laut yang lezat

Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berlibur di Pantai Batu Bengkung adalah wisata kuliner. Kawasan pantai ini menawarkan banyak menu seafood yang enak di setiap warungnya. Masakan khas pantai ini wajib kamu coba dengan berbagai rasa yang enak dan membuat semua orang ketagihan.

2. Berkemah

Selain menginap di pantai yang satu ini, kamu juga bisa berlibur dengan berkemah bersama teman-teman. Berkemah sambil menikmati deburan ombak di pantai akan menyenangkan. Dan jika Anda memiliki ikan bakar di malam hari, itu akan membuat liburan lebih seru dan tak terlupakan.

Namun, sebelum melakukan kegiatan camping, sebaiknya Anda dan rombongan terlebih dahulu meminta izin kepada warga sekitar. Hal ini dilakukan agar warga berbagi berbagai aturan dan larangan saat berkemah di pantai ini. Selain itu, pastikan Anda membawa bekal yang cukup dan perlengkapan lengkap selama kegiatan camping.

3. Ambil foto

Ini adalah kegiatan yang banyak dilakukan wisatawan ketika mengunjungi berbagai destinasi wisata. Anda dapat mengambil gambar dengan latar belakang yang lebih menarik, mis. B. Air laut biru dengan ombak yang terlihat sejuk. Kumpulan foto liburan ini pasti akan memuaskan Anda selama berwisata ke Pantai Batu Bengkung.

4. Berenang

Aktivitas menarik di pantai BatuKredit foto: Instagram Discover Malang – Lumajang

Di pantai yang satu ini, Anda dan teman atau keluarga bisa menikmati air laut yang jernih dan segar. Anda juga bisa berenang sambil melihat keindahan alam lanskap yang tersedia. Karena bentuknya yang unik, Anda akan merasa nyaman berenang di pantai dan tidak akan ditemukan di tempat wisata lainnya.

5. Melihat matahari terbenam

Aktivitas menarik selanjutnya adalah panorama sunset, yang biasa dilakukan oleh semua wisatawan saat berkunjung ke sebuah pantai. Cobalah untuk mengambil foto dengan latar belakang matahari terbenam yang menakjubkan. Tentu saja, tampilan ini menghasilkan foto berkualitas lebih tinggi dengan latar belakang terbaik.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di Pantai Batu BengkungKredit Foto: Google Maps Villa Asmara Hills

1. Homestay Ariesta

Penginapan pertama yang cukup dekat dengan Pantai Batu Bengkung adalah Ariesta Homstay dengan fasilitas dasar. Ini adalah jenis akomodasi biasa di mana Anda diberikan kamar tidur, toilet, dan lemari pakaian. Jaraknya sekitar tujuh kilometer dari penginapan ke tujuan sebenarnya, lebih cepat dari pusat kota.

2. Bukit Villa Asmara

Villa ini memiliki jarak yang paling dekat dengan tujuan wisata dan memiliki fasilitas yang sederhana serta desain bangunan kayu yang rustic. Jaraknya sendiri sekitar 5,5 kilometer untuk sampai ke pantai tujuan. Meski cukup dekat, Anda tetap perlu menggunakan kendaraan saat berlibur di pantai indah ini saat menginap di vila yang satu ini.

3. Berkah dari alam

Penginapan ini memiliki tempat parkir dan juga area tidur yang jauh lebih luas. Kamar mandi dalamnya sendiri juga cukup modern dan kontemporer. Bahkan penginapan ini juga menawarkan AC. Untuk menuju lokasi destinasi wisata tersebut, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar tujuh kilometer dengan kendaraan pribadi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Pantai BengkungKredit foto: Google Maps Elfajri Gautama

Destinasi wisata ini memiliki mushola yang dapat digunakan oleh seluruh wisatawan dan masyarakat sekitar untuk beribadah. Anda juga tidak perlu bertanya lagi kepada warga saat ingin beribadah, karena fasilitas itu sudah ada. Anda juga bisa menikmati liburan di tempat wisata ini dengan tenang dan nyaman, tanpa harus menunda pelayanan.

Pantai Batu Bengkung juga memiliki fasilitas lain seperti tempat parkir dan toilet umum. Hal ini tentu membuat pengunjung merasa lebih aman saat meninggalkan kendaraannya saat liburan. Anda juga tidak perlu kesulitan mencari toilet karena pemerintah setempat telah menyediakan fasilitas tersebut sejak dibukanya destinasi wisata ini.

Selain itu, fasilitas lain di destinasi wisata ini adalah Warung Makan. Fasilitas ini memudahkan Anda untuk tidak membawa bekal terlalu banyak saat liburan. Bahkan beberapa warung menawarkan menu seafood yang wajib dicoba saat berkunjung ke pantai ini. Anda juga bisa merasakan kelezatan cita rasa dari setiap selera kulinernya.

Itulah beberapa informasi wisata dari Pantai Batu Bengkung yang bisa anda manfaatkan jika ingin mengunjungi destinasi tersebut. Anda juga bisa mengunjungi pantai ini selama liburan di Malang untuk merasakan keindahan alamnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati liburan dengan harga yang cukup murah, namun nyaman dan menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button