Berita Wisata

Ini 8 rest area yang instagramable, ada pabrik gula tua dan panorama 5 gunung

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Pengelola jalan tol telah menyediakan tempat istirahat yang dapat digunakan oleh masyarakat pengguna jalan tol untuk mencapai tujuan yang dituju. Jadi, lebih baik berhenti di rest area dan tidak beristirahat di bahu jalan.

Selain sebagai tempat istirahat, rest area juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari SPBU, tempat ibadah, toilet, minimarket hingga tempat kuliner.

Tidak hanya untuk beristirahat, beberapa rest area juga memberikan pengalaman berwisata bagi pengendara karena menawarkan pemandangan yang indah dan bentuk bangunan yang unik.

Daftar rest area yang Instagramable

Seperti dikutip Kompas.com, Kamis (27/10/2022), berikut delapan tempat peristirahatan yang Instagramable. Penunggang dapat beristirahat selama perjalanan mereka:

  1. Rest area Km 260B, Tol Pejagan-Pemalang

Rest Area 260B terletak di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes. Rest area ini juga dikenal sebagai rest area 260B Heritage-Banjaratma. Bangunan rest area ini merupakan bekas pabrik gula di Banjaratma yang didirikan oleh perusahaan Belanda. Tak heran, bangunan ini mengusung tema kolonial. Beberapa tempat foto populer termasuk panci gula tua, penghancur pabrik gula, dek slide, masjid dan rumput liar. Pengunjung yang mengabadikan momen tersebut bebas alias gratis.

Area tungku tua di rest area KM 260B Heritage-Banjaratma. (Foto: Dok. PT PP Sinergi Banjaratma)

Selain spot foto, rest area ini juga memiliki seluncuran panjang atau disebut Srodotan Donat. Warna pelangi pada slide ini pasti akan menarik bagi anak-anak. Ada juga sekitar 110 tenant UMKM yang menjual aneka masakan dan cinderamata. Rest area ini memiliki luas 10,6 hektar.

  1. Rest Area Km 19, Tol Jakarta-Cikampek

Rest area yang sudah beroperasi sejak 2005 ini memiliki desain modern. Bahkan, kanopi SPBU di rest area ini berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai kanopi terunik di Indonesia. Tak heran jika pengendara yang berhenti di rest area jalan tol Jakarta-Cikampek sepanjang 19 km kerap memanfaatkannya sebagai background foto.

Rest area KM19 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek terletak di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. (Foto: TribunJakarta)

Ada fasilitas lengkap mulai dari SPBU, restoran, kafe, minimarket, ATM, kamar mandi eksekutif, masjid dan bengkel. Baru-baru ini rest area Tol Jakarta Cikampek Km 19 membangun hotel yang merupakan hotel pertama di Tol Trans-Jawa. Hotel bintang 3 ini menawarkan 12 kamar dan dua ruang pertemuan yang bisa disewa oleh pengunjung.

  1. Rest area Km 456, Tol Semarang-Solo

Rest area Km 456 yang terletak di Jalan Tol Semarang-Solo Jawa Tengah ini dikenal juga dengan nama Resta Pendopo 456. Rest area ini mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) sebagai Resting Region Terbaik di Indonesia.

Pemandangan di sana sangat menakjubkan. Dengan luas 3,3 hektar, Resta Pendopo 456 memiliki flyover atau jembatan penghubung yang menghubungkan gedung-gedung di ruas kanan dan kiri jalan tol. Istimewanya pengunjung yang singgah di sana bisa melihat pemandangan hamparan sawah dan pegunungan yang bisa menjadi spot foto Instagrammable. Jika cuaca cerah, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Merbabu.

Resta Pendopo KM 456. (Foto: Astra Infra)

Selain itu, ada lima bangunan utama bergaya joglo dengan atap piramida yang berdiri di Resta Pendopo 456. Bangunan ini memiliki filosofi yang mewakili keberadaan lima gunung di Jawa Tengah, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Ungaran.

  1. Rest area Km 429, Tol Semarang-Solo

Masih di Jalan Tol Semarang-Solo, rest area Instagramable selanjutnya adalah rest area Km 429. Tak jauh berbeda dengan Resta Pendopo 456, rest area ini juga menyuguhkan pemandangan pegunungan dan perbukitan hijau bagi para pengunjungnya. Lokasinya sebelum keluar simpang jalan Kota Ungaran, Semarang.

Kondisi rest area tol KM 429 Semarang-Solo, Jumat (31/5/2019). (Foto: Kompas.com)

Fasilitas rest area di Km 429 Tol Semarang-Solo juga lengkap, mulai dari masjid, toilet, gerai makanan, convenience store, SPBU hingga area parkir.

  1. Rest area Km 22, Tol Semarang-Bawen

Tol ABC Semarang. (Foto: Jasa Marga)

Rest Km 22 terletak di Dusun Ngemplak, Susukan, Ungaran Timur. Salah satu ikon rest area ini adalah masjid berkubah merah. Kubah merah masjid terlihat megah meski dari kejauhan. Fasilitas rest area ini antara lain kantin, supermarket, taman bermain, parkir dan toilet.

  1. Rest area Km 88B, tol Cipularang

Ikon rest area Km 88B di Tol Cipularang (arah Jakarta), Jawa Barat, ini Masjid Al-Safar. Menurut informasi dari situs web pemerintah kota Bandung, masjid ini dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (saat itu masih walikota Bandung) bersama dengan perusahaan Urbane Indonesia.

Masjid ini menarik perhatian setiap pengunjung karena memiliki desain futuristik. Dengan kapasitas 6.000 jamaah, Masjid Al-Safar hadir dalam bentuk permata abu-abu. Selain masjid, rest area ini juga menawarkan wisata foto tiga dimensi (3D), berdasarkan informasi dari situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR. Jadi pengunjung bisa mengabadikan momen keluarga.

Masjid Al Safar. (Foto: Jasa Marga)

Ada karakter superhero, satwa liar, dan lainnya dalam tur 3D. Rest area ini mendapatkan predikat terbaik dalam Sustainable Rest Area and Toll Road Rating 2021, berdasarkan informasi dari akun Twitter resmi kementerian PUPR.

  1. Rest area Km 97, tol Cipularang

Tempat peristirahatan yang terletak di kota Purwakarta Jawa Barat ini memiliki ikon masjid yang indah, yaitu Masjid Al-Miraj. Masjid ini memiliki kubah besar dan dua kubah emas kecil, sehingga terlihat megah.

Rest area ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti area kuliner, souvenir, toilet, area parkir, pom bensin dan lain-lain. Tempat ini merupakan tempat peristirahatan bagi pengemudi dari Jakarta menuju Bandung, dan sebaliknya.

  1. Rest area Km 487, Tol Semarang-Solo

Tempat istirahat ini terletak di Desa Gumukrejo, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Saat memasuki rest area, pengunjung akan melihat patung sapi yang menjadi ikon Kabupaten Boyolali sebagai penghasil susu, seperti dikutip dari situs Trans Marga Jawa Tengah.

Rest area Km 487 Tol Semarang Solo Boyolali. (foto: dok.

Tempat istirahat ini juga dikenal sebagai tempat istirahat Bale Nglaras. Terdapat atap di atas rest area, sehingga pengemudi dapat beristirahat sambil menikmati udara segar dan pemandangan Kabupaten Boyolali. Tempat istirahat ini tidak memiliki stasiun layanan umum (SPBU). Lokasinya berada di sisi selatan dan utara Jalan Tol Semarang-Solo. Setiap rest area memiliki luas 1,3 hektar.

Seperti itu:

Saya suka memuat…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button